Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Bebek Goreng Empuk

Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya ada cara mudah untuk membuat resep masakan bebek memiliki tekstur yang empuk dan lembut, yaitu dengan dipresto daging yang akan dimasaknya. Tidak hanya daging bebek gorengnya saja, empuknya bahkan bisa sampai ke tulang kalau memang dimasak dalam jangka waktu yang agak lama. Tetapi kali ini kita akan membuat resep bebek goreng yang biasa tanpa presto. Walaupun tidak dipresto, citarasa dan kelembutan resep masakan bebek goreng ala Haji Slamet ini tetap terjaga kualitasnya kok. Bahkan sampai di lapisan daging paling dalamnya pun aroma dan rasa resep bumbu bebek spesial yang kita gunakan tetap terasa saat dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.

Pada umumnya kalau kita membeli bebek goreng Haji Slamet ataupun dari resturant terkenal lainnya kita akan mendapatkan tekstur daging yang empuk dan lembut sampai didalam. Tetapi sebenarnya, pada dasarnya daging bebek ini lebih kenyal dan agak alot lho apabila dibandingkan dengan daging ayam. Hal ini dikarenakan resep bebek goreng ini banyak mengadung lemak di dalam dagingnya. Tetapi teman teman tidak perlu khawatir, dibawah akan kita berikan juga tips cara memasak bebek goreng supaya dagingnya empuk dan lembut sampai didalam walaupun tanpa dipresto sekalipun.

Tidak hanya empuk, resep bumbu bebek goreng yang kita pakai nanti juga akan terasa sampai di dalam dagingnya lho. Dengan menggunakan bumbu asli rempah rempah tradisonal dan cara memasak yang tepat, InsyaAllah resep bebek goreng ala Haji Slamet yang akan kita buat nanti disukai oleh semua anggota keluarga di rumah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya menggunakan daging bebek yang masih agak muda supaya tidak terlalu alot. Daging harus berwarna bersih dan bagian dadanya kelihatan berisi supaya dagingnya banyak. Tentu saja selain resep bebek nya, dibawah juga akan kita berikan resep sambal korek spesial yang paling pas buat dinikmati bersama sepiring nasi putih dan daging bebek goreng. Buat yang sudah tidak sabar, silahkan melihat bahan bumbu beserta cara membuatnya dibawah ini ya.

Bahan-bahan Untuk Membuat Resep Bebek Goreng Yang Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging bebek muda yang masih segar dan tidak terlalu tua sebanyak 1 ekor. Sebaiknya bebek yang baru dipotong supaya dagingnya lebih segar.
  2. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm. Kupas kulitnya lalu memarkan.
  3. Air jeruk nipis secukupnya untuk menghilangkan bau amis khas daging bebeknya (kira kira butuh 1-2 pcs).
  4. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 batang saja. Memarkan bagian bawahnya supaya aromanya keluar.
  5. Daun jeruk purut kurang lebih sebanyak 5-6 lembar saja.
  6. Gula pasir putih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  7. Penyedap rasa serbaguna rasa ayam kurang lebih 1 bungkus ukuran kecil supaya aroma dan rasanya lebih gurih.
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging bebeknya.

Bahan Bumbu Bebek Goreng Spesial Ala Haj Slamet

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs. Kupas kulitnya lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs. Kupas kulit luarnya juga lalu potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  3. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  4. Kunyit kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  5. Lengkuas yang sudah diparut kurang lebih sepanjang 5 cm.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  7. Merica butiran kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  8. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 3 sendok kecil saja.
  9. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih, ambil bagian putihnya saja lalu iris iris halus supaya mudah saat akan dihaluskan.
  10. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 3 cm saja.

Cara Membuat Bebek Goreng Empuk Yang Praktis dan Enak

  1. Langkah pertama potong 1 ekor bebek menjadi 4-6 bagian kemudian cuci daging sampai bersih dengan air mengalir kemudian tiriskan sebentar.
  2. Siapkan satu tempat yang ada tutupnya dan masukkan daging bebek diatas dan lumuri dengan air jeruk nipis sampai rata kesemua bagian dagingnya.
  3. Sambil sedikit diremas remas supaya benar benar merata kemudian tutup dan diamkan dalam lemari pendingin supaya meresap dan hilang bau amisnya (kurang lebih selama 1/2 jam saja).
  4. Keluarkan dari lemari pendingin dan bilas kembali dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan sisa air jeruk yang masih menempel dan tiriskan.
  5. Haluskan dan uleg berbagai macam bumbu bebek goreng yang sudah dipersiapkan diatas sampai benar benar halus dan merata.
  6. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu resep bebek yang sudah dihaluskan diatas.
  7. Masukkan bumbunya dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan bumbu bebeknya.
  8. Masukan daun jeruk purutnya bersama dengan lengkuas yang sudah dimemarkan, batang serai, kaldu ayam dan garam dapur beserta gula pasir putih secukupnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tercium bau harum.
  9. Masukkan daging bebek yang sudah ditiriskan sebelumnya kedalam penggorengan berisi bumbunya dan aduk aduk sampai tercampur rata.
  10. Masukkan air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya kemudian aduk aduk kembali sampai mendidih.
  11. Kecilkan apinya lalu masak daging bebeknya sampai empuk dan bumbunya meresap sambil sesekali dibalik supaya merata (kurang lebih sekitar 60 menit).
  12. Tambahkan garam dan gula kalau diperlukan. Air bisa ditambahkan juga apabila bumbunya sudah menyusut tetapi dagingnya belum empuk.
  13. Setelah empuk matikan apinya dan biarkan daging bebek gorengnya berada didalam bumbu supaya bumbunya lebih meresap sempurna (kurang lebih butuh waktu sekitar 50-60 menit).
  14. Siapkan penggorengan dan beri minyak banyak. Setelah minyaknya panas, masukkan potongan daging bebeknya dan masak sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  15. Setelah matang angkat dan tiriskan sebentar sebelum disajikan.

Bahan Resep Sambal Korek Bebek Goreng Beserta Cara Membuatnya

  1. Bahan utama yang dibutuhkan berupa buah cabai rawit kurang lebih sebanyak 9-12 pcs. Bisa dicampur dengan rawit merah dan hijau kalau suka.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 siung saja. Kupas kulitnya.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  4. Minyak goreng panas sedikit saja.
  5. Cara membuat resep sambal koreknya : Haluskan dan uleg bawang putih bersama dengan cabai dan garam secukupnya.
  6. Tuang minyak goreng panasnya sedikit demi sedikit sambil diuleg bersama sambalnya sampai rata.

Post a Comment