Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Ayam Rica Rica Pedas Manado

Kumpulan Resep Makanan - Seperti resep masakan ayam yang lain, Resep Ayam Rica Rica juga menggunakan beberapa macam rempah rempah dan bumbu asli Indonesia, seperti batang sereh, cabai rawit, jahe dan yang lainnya. Dengan banyaknya bumbu bumbu import yang masuk, seperti bawang merah dan bawang putih, hal ini bisa mempengaruhi cita rasa masakan rica rica yang dihasilkan. Oleh karena itu, supaya hasilnya benar benar nikmat, sebaiknya bumbu bumbu yang digunakan nanti, seperti bawang merah dan bawang putih sebaiknya menggunakan bumbu lokal.
Selain bumbu ayam rica ricanya, tentu saja, ayam sebagai bahan utamanya juga harus diperhatikan. Gunakan ayam yang masih segar yang belum pernah di bekukan supaya serat serat dagingnya tidak berubah dan mempengaruhi rasa resep ayam goreng rica rica nya. Selain itu tentu saja aromanya jauh lebih harum. Bumbu resep ayam rica rica nya juga bisa meresap dengan mudah kedalam daging tanpa butuh waktu lama. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu ayam rica rica dan cara membuatnya di bawah ya.

Bumbu Resep Ayam Rica Rica Manado Goreng

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar. Pilih ayam yang segar. Buang jeroannya dan potong menjadi 12-15 bagian (tergantung selera).
  2. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan. Kalau bisa gunakan bawang putih lokal untuk bumbu tumisannya.
  3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu tumisannya.
  4. Buah cabai meras besar ukuran sedang besar sebanyak 18 pcs. Cuci bersih dan haluskan untuk bumbu tumis. Jumlah bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  5. Buah Cabai Rawit merah kurang lebih sebanyak 6 pcs. Cuci bersih dan haluskan untuk ditumis. Kalau suka pedas, jumlah cabai rawitnya bisa ditambah.
  6. Batang sereh ukurang sedang sebanyak 2 pcs. Memarkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  7. Jahe ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 1 pcs. Tidak perlu dikupas, cukup dimemarkan atau digeprek saja supaya lebih meresep dengan bumbu lainnya.
  8. Daun jeruk ukuran sedang sebanyak 7-8 lembar.
  9. Garam secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.
  10. Gula secukupnya.
  11. Air bersih secukupnya (kurang lebih 200 cc).
  12. Minyak sayur untuk menggoreng dan menumis bumbu secukupnya.

Cara Membuat Resep Masakan Ayam Rica Rica Pedas Asli

  1. Setelah ayam dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, langkan pertama dalah menggoreng ayam tersebut. Gunakan minyak yang baru dan api sedang. Bolak balik ayam sampai setengah matang baru diangkat dan ditiriskan.
  2. Kurangi minyak yang tadi untuk menggoreng ayam dan sisakan minyak secukupnya untuk menumis. Hidupkan dengan api kecil sedang dan masukkan bawah putih halus, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah besarnya.
  3. Aduk aduk bumbu bumbu di atas sebentar sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan potongan ayam setengah matang dan aduk aduk sebentar ke dalam bumbu tumisan sampai benar benar rata.
  5. Masukkan air bersih secukupnya dan aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Masukkan sisa bumbu bumbu diatas (batang sereh, jahe, daun jeruk nipis, garam dan sedikit gula). Aduk aduk kembali sampai semua baha tercampur rata.
  7. Setelah ayam benar benar matang dan empuk, cicipi dulu dan tambahkan garam gula atau penyedap rasa jika diperlukan.
  8. Aduk aduk kembali sampai bumbu bumbu meresap ke dalam daging ayamnya. Angkat dan sajikan ke dalam mangkok atau piring hidangan.

Post a Comment