Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Mendut Ketan Siram Santan

Kumpulan Resep Makanan - Karena kelezatan dan teksturnya yang lembut, kue lembut menjadi primadona banyak orang. Tetapi walaupun banyak yang suka, kue mendut ini sekarang agak susah dicari. Kalaupun ada, biasanya penjualnya sangat susah ditemui dan jarang ada. Untuk itu, peluang bisnis berjualan kue basah tradisional ini sangat terbuka lebar. Bahan bahan dan cara membuat mendut ketan juga cukup sederhana dan gampang diikuti, walaupun buat teman teman yang tidak hobi masak sekalipun.
Sebenarnya, ada beberapa macam jenis Resep Mendut Ketan di pasaran, yaitu mendut hijau, mendut putih dan mendut hitam. Cara membuat beberapa macam resep kue mendut tersebut sama, yang membedakan adalah bahan baku ketan yang digunakan. Kali ini, kita akan mencoba cara membuat kue mendut ketan hitam. Resep Mendut ini menggunakan tepung ketan hitam untuk bahan baku utamnya. Untuk menambah kelezatannya, sebelum dikukus adonannya nanti disiraman dengan santan kental supaya lebih gurih dan legit. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat cara membuatnya di bawah.

Bahan bahan Resep Mendut Ketan Hitam Spesial

  1. Sesuai dengan namanya, resep kue tradisional kali ini menggunakan tepung ketan hitam sebanyak 500 gram.
  2. Gunakan tepung yang bagus dan tidak bau apek supaya hasilnya enak.
  3. Gula pasir kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  4. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh.
  5. Santan kental yang sudah direbus dahulu sampai matang kurang lebih sebanyak 100 ml untuk bahan campuran adonan resep kue mendutnya nanti.
  6. Santan kental dari perasan 1/2 parutan buah kelapa yang cukup tua kurang lebih sebanyak 250 ml. Santan ini nanti digunakan untuk menyiram adonan jadi resep mendut yang mau dikukus dipanci supaya hasilnya lebih gurih dan legit.
  7. Parutan 1 buah kelapa ukuran sedang besar (untuk bahan isian). Sebaiknya diparut dengan tangan dengan ukuran agak memanjang supaya terasa tekstur dan aroma kelapanya saat dimakan nantinya.
  8. Daun pandan segar 4 batang saja (untuk bahan isian mendut). Cuci bersih daun lalu bentuk simpul supaya mudah saat dimasak dengan bahan isian mendut yang lain.
  9. Gula pasir putih yang bagus kurang lebih sebanyak 200 gram supaya isinya nanti terasa manis dan enak (untuk bahan isian).
  10. Garam dapur beryodium secukupnya untuk menambah rasa gurih isi mendutnya kurang lebih sebanyak satu sendok kecil (untuk bahan isian).
  11. Air bersih kurang lebih sebanyak 100 ml untuk merebus dan membuat bahan isiannya (untuk bahan isian).
  12. Daun pisang yang utuh daunnya secukupnya untuk membungkus saat proses pengukusannya nanti. Jangan lupa daun pisangnya harus di bersihkan dulu dengan kain lap supaya tidak ada kotoran yang nanti akan menempel di kue Mendutnya.

Cara Membuat Kue Mendut Siram Santan

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bahan isian kue mendutnya.
  2. Ambil satu panci ukuran sedang dan masukkan air bersih, daun pandan yang sudah disimpul terlebih dahulu dan parutan kelapanya.
  3. Masak dengan api sedang kecil lalu sesekali diaduk aduk hingga semua bahan tercampur rata dan airnya agak menyusut.
  4. Masukkan 200 gram gula pasir dan garam yang sudah di persiapkan sebelumnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata. Masak terus sampai gula benar benar sudah larut semua dan bahan isiannya matang lalu angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke adonannya nanti.
  5. Langkah kedua adalah rebus 250 ml santan kental untuk bahan olesan sambil diaduk aduk sampai matang. Angkat lalu tunggu sampai agak dingin (hangat hangat kuku) sebelum digunakan untuk mengolesi.
  6. Langkah berikutnya adalah membuat adonan resep kue mendutnya.
  7. Ambil satu wadah ukuran sedang besar lalu masukkan 100 gram gula pasir, tepung ketan dan beri garam dapur secukupnya (kurang lebih satu sendok kecil). Aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai semua bagian tercampur rata.
  8. Ambil 100 ml santan kentalnya lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan diatas sambil diaduk aduk menggunakan tangan (diuleni). Ulangi sampai semua santan sudah dituang dan adonan kue nya menjadi kalis. Adonan jangan sampai terlalu lembek atau terlalu keras supaya mudah saat dibentuknya nanti.
  9. Langkah berikutnya adalah membentuk adonannya. Ambil adonan secukupnya (kurang lebih sebanyak satu sendok makan) lalu pipihkan dengan tangan.
  10. Ambil bahan isian secukupnya (sekitar satu sendok kecil) lalu letakkan diatas adonan yang sudah dipipihkan diatas. Tutup, rapikan dan bentuk adonan sesuai selera.
  11. Ambil selembar daun pisang yang sudah dipotong lalu letakkan adonan diatasnya. Siram adonan tersebut dengan satu sendok santan hangat hangat kuku lalu tutup dan bungkus dengan rapi. Ulangi sampai semua adonan terbentuk semua.
  12. Siapkan panci untuk mengukus dengan api sedang lalu masukkan semua dan masak hingga matang (kurang lebih dikukus selama 30 menit). Angkat, dinginkan lalu sajikan.

Post a Comment