Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Lengkap Resep Kue Cubit Empuk Dan Tips Cara Membuatnya

Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya saya sendiri juga tidak tahu kenapa kue basah ini dinamakan kue cubit, tetapi mungkin karena bentuknya yang mungil dengan diameter sekitar 4 cm sehingga kita harus mencubitnya kalau mau mengambilnya untuk disantap. Walaupun cara membuat kue cubit ini sangat sederhana, tetapi rasanya yang cukup empuk dan enak membuatnya banyak disukai banyak orang. Bahkan tidak hanya di sekitar rumah, kue ini bahkan sekarang sudah masuk ke  tempat temapt yang lebih elit, seperti mall, pusat perbelanjaan dan lainnya. Sebenarnya, bahan bahan untuk membuat resep kue cubit empuk ini sangat sedikit dan mudah didapat. Tetapi banyak yang belum tahu sehingga mereka enggan untuk mencobanya sendiri di rumah. Cetakan kue cubit ini juga mudah didapat atau diganti dengan cetakan lain yang ada dirumah. Yang paling penting adalah adonan kue cubitnya jangan terlalu encer atau kekentalan sehingga nanti bisa mengembang sempurna saat di buat di cetakannya.

Bahan bahan Adonan Resep Kue Cubit Empuk Sederhana

  1. Seperti resep kue basah lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 250 gram. Gunakan tepung yang bagus merek favorit teman teman supaya hasilnya empuk dan lembut. Jangan lupa tepung yang digunakan harus diayak terlebih dahulu supaya tidak ada gumpalan gumpalan di adonannya nanti.
  2. Baking powder kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  3. Vanila bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 bungkus kecil saja. Bisa diganti dengan rasa lain atau divariasi dengan rasa lain apabila suka.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  5. Soda kue kualitas bagus kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  6. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kue cubitnya nanti menjadi gosong sekali bagian bawahnya.
  7. Mentega cair kualitas bagus kurang lebih sebanyak 250 gram saja. Sebaiknya menggunakan mentega dari merek ternama supaya resep kue nya jadinya sempurna dan rasanya empuk sampai ke dalam.
  8. Coklat butiran atau mesisi secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 200 gram – 250 gram. Bisa juga diganti atau dicampur dengan parutan keju atau bahan taburan lainnya kalau suka.
  9. Margarin atau mentega secukupnya untuk mengolesi cetakan kue cubit yang akan digunakan.

Cara Membuat Kue Cubit Yang Empuk dan Cepat

  1. Langkah pertama siapkan wadah adonan yang bersih lalu pecahkan 4 butir telur diatas dan tuang kedalamnya lalu kocok sebentar telurnya.
  2. Masukkan 200 gram gula pasir yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu kocok lagi menggunakan mixer hingga kedua bahan tersebut tercampur rata dan mengembang. Bisa juga dikocok menggunakan kocokan manual atau dengan sendok kayu besar kalau mixernya tidak ada.
  3. Masukkan tepung terigu protein sedang yang sudah diayak sebelumnya dan mentega cairnya lalu aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Tuang soda kue, vanila bubuk dan baking powder yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu kocok kembali sampai semua adonan tercampur rata.
  5. Diamkan adonan diatas sebentar sampai mengembang atau kurang lebih selama 10-15 menit saja (tergantung banyaknya resep yang akan kita buat).
  6. Panaskan cetakan kue cubitnya lalu masukkan adonan diatas ke dalamnya. Tutup cetakannya lalu masak hingga agak matang.
  7. Setelah agak matang atau kurang lebih 3-4 menit dimasak, taburkan coklat bubuk, coklat parut, keju atau toping lain yang akan digunakan dan kemudian tutup kembali.
  8. Masak sampai kuenya benar benar matang sampai ke dalam lalu angkat. Ulangi sampai semua adonan kue cubitnya habis.

Post a Comment