Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Yakiniku Beef Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Biasanya, penduduk Jepang sangat teliti sekali mengenai kualitas makanan dan kandungan gizi dari masakan yang mereka santap. Bahan bahan yang digunakan dan kandungan gizi sangat diperhatikan sekali karena memang mereka biasanya sangat teliti dalam berbagai hal. Seperti juga resep yakiniku beef kali ini yang kita coba masak. Menggunakan bahan bahan alami yang masih segar ditambah dengan saus yakiniku dan daging sapi yang berkualitas, resep beef yakiniku tidak hanya cocok untuk santapan orang dewasa, tetapi anak anak dan manula pun pasti akan sangat menyukai citarasa khas masakan Jepang ini.
Seperti resep masakan Jepang yang lain, resep kali ini juga menggunakan bahan khas Jepang yang biasanya mengandung alkohol yang disebut Sake. Untuk penggantinya, teman teman bisa menggunakan minuman 7up yang rasa lemon kok. Jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai kandungan alkohol yang ada di resep Yakiniku yang akan kita buat kali ini. Karena kali ini kita akan membuat yakiniku dengan bahan daging sapi, maka pemilihan daging menjadi perhatian utama. Untuk hasil yang lebih empuk dan legit, sebaiknya teman teman menggunakan daging sirloin atau daging sapi bagian belakang dekat kaki belakang yang masih segar. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan yang digunakan dan cara membuat beef yakiniku di bawah ya.

Bahan Bahan Resep Yakiniku Beef Sederhana

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang kita butuhkan adalah daging sapi yang berkualitas bagus dan masih segar kurang lebih sebanyak 500 gram. Gunakan daging sirloin bagian atas kalau ada, kalau tidak bagian lain dari daging sapi juga masih bisa digunakan.
  2. Bawang bombay ukuran besar kurang lebih sebanyak 100 gram -120 gram. Kupas kulit bawangmya lalu potong/iris tipis tipis supaya mudah meresap dan keluar aroma harumnya.
  3. Bawang putih ukuran besar kuran lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulitnya lalu potong dan iris kecil dan tipis tipis untuk bahan tumisan dagingnya.
  4. Kaldu ayam untuk memperkuat aroma resep beef yakiniku nya kurang lebih sebanyak 100 cc. Teman teman juga bisa menggunakan kaldu ayam instan yang dicampur dengan air supaya lebih praktis.
  5. Buah Paprika (bisa berwarna merah atau hijau) ukuran sedang besar satu buah saja. Cuci bersih lalu potong kecil kecil menyamping / iris sebelum dimasak dengan bahan lain.
  6. Minyak wijen kurang lebih sebanyak satu sendok makan.
  7. Minyak goreng secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan.

Bahan bahan Saus Yakiniku

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah saus kikkoman atau kecap asin jepang kurang lebih sebanyak 100cc. Sebaiknya bahan ini tidak diganti karena pengaruhnya sangat besar terhadap kualitas dan rasanya.
  2. Gula pasir putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50-60 gram.
  3. Sake atau bisa diganti dengan minuman 7up rasa lemon kurang lebih sebanyak 100cc.
  4. Daun bawang segar kualitas bagus sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih dan potong potong agak memanjang untuk campuran bahan sausnya.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar satu siung aja. Kupas kulitnya lalu gepengkan kasar atau geprek supaya aromanya lebih keluar.
  6. Kecap manis kental kurang lebih sebanyak dua setengah sendok makan.
  7. Wijen kurang lebih sebanyak satu sendok makan. Panggang sebentar supaya aroma nya lebih keluar saat dicampur dengan bahan lain.

Cara Membuat Resep Beef Yakiniku Enak

  • Langkah pertama adalah membuat saus yakinikunya.
  • Ambil satu wajan atau panci teflon ukuran sedang. Masukkan saus kikkoman, kecap manis dan sake atau bisa diganti dengan 7up ke dalamnya. Aduk aduk sebentar.
  • Masukkan sisa bahan sausnya, yaitu wijen yang sudah dipanggang, bawang putih yang dikeprek, gula pasir, daun bawang yang sudah dipotong potong lalu aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  • Masak dan sesekali diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih dan matang. Dinginkan sebentar sampai hangat lalu saring kemudian taruh di tempat lain.
  • Sekarang kita memasak daging yakinikunya.
  • Ambil satu wajan lagi lalu masukkan minyak gorengnya. Tunggu sebentar sampai panas.
  • Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris tipis tipis dan aduk aduk sampai layu dan tercium bau harum.
  • Masukkan buah paprika yang sudah diiris dan aduk aduk sebentar lalu angkat dan sisihkan.
  • Masukkan dua sendok minyak goreng dan satu sendok minyak wijen lagi ke dalam penggorengan atau panci teflonnya. Aduk supaya tercampur dan tunggu minyak sampai cukup panas.
  • Masukkan daging sirloin yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Aduk aduk sebentar sampai daging berubah warna.
  • Masukkan saus yakinikunya dan kaldu ayam ke dalam wajan diatas. Aduk aduk supaya tercampur rata dan sampai daging sirloinnya matang.
  • Masukkan wijen yang sudah dipanggang sebelumnya dan campuran bawang bombay, paprika dan bawang putihnya. Aduk aduk sebentar supaya tercampur rata lalu angkat dan taruh ke dalam piring sajian.

Post a Comment