Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Alat Musik Melodis, Gambar beserta Penjelasannya Lengkap

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam lantunan lagu. Pada dasarnya alat musik ini tidak dapat memainkan kord dengan sendiri. Kenapa demikian ? artinya alat musik ini dapat menghasilkan nada seperti Do, Re, Mi,…….dan seterusnya.
Sehingga dapat meelengkapi bunyian yang menghasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Alat musik ini dapat diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama dan nada. Pada umumnya fungsi alat musik melodis digunakan untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.
Alat musik melodis sendiri mempunyai banyak jenis mulai dari yang sifatnya tradisional maupun modern. Dengan keberagamn jenis yang dimiliki alat musik melodis, alat musik ini dikelompokkan berdasarkan cara memainkannya.
Berikut beberapa alat musik melodis sesuai dengan cara memainkannya.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Petik

Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik terbagi mejadi 4 macam yaitu gitar, kecapi, mandolin, dan sasando.

Gitar

alat musik melodis

Gitar adalah salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan car dipetik. Alat musik ini berasal dari Spanyol tetapi ada juga yang mengatakan bahwa  sejarah gitar dimulai jauh sebelum masehi ketika zaman babilonia. Pada masa Renaissance, alat musik gitar tidak begitu populer dan masyarakat kurang meminatinya.
Namun setelah Alonso Mudarra mulai memperkenalkan gitar dengan karyanya, maka gitar mulai diminati masyarakat dan sangat populer pada saat itu. Bahkan hingga sekarang, gitar menjadi alat music yang banyak diminati oleh kalangan remaja maupun dewasa.
Karena alat ini bagus dijadikan alat peromantis sehingga sehingga banyak remaja yang menekuni alat musik ini.

Mandolin

alat musik melodis

Alat musik ini termasuk alat musik yang cara melakukannya dengan cara dipetik seperti halnya dengan gitar. Tetapi jumlah senar music ini berbeda dengan jumlah senar gitar, mandolin mempunyai jumlah senar lebih banyak daripda gitar.
Alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Bahkan bisa juga bisa dipadukan dengan alat musik lainnya.Alat musik ini berasal dari Itali yang diwariskan oleh Mandore, seorang soprano kecapi.


Baca Juga:

Contoh Alat Musik Ritmis Modern dan Tradisional Terlengkap


Kecapi

alat musik melodis

Kecapi  merupakan alat music yang berasal dari China yang dikenal dengan nama Ghuzeng. Di Indonesia alat msuik ini digunakan untuk mengiri tembang Sunda. Selain itu juga bisa bisa digunakan untuk mengiri lagu pop maupun dangdu dan lagu lainnya.
Karena alat music ini mayoritas orang digunakan untuk mengiringi lagu Sunda. Sehingga alat musik ini sangat terkenal di daerah Sunda Jawa Barat. Alat musik ini cara memainkannya dengan cara dipetik. Kecapi sendiri terbagi menjadi dua bentuk yaitu kecapi parahu dan kecapi siter.

Sasando


Alat musik sasando ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat Rote menyebutnya dengan nama sasandu yang bermaksu berbunyi atau bergetar. Alat music ini termasuk alat music yang cara memainkannya di petik.
Alat musik digunakan oleh masyarakat Rote semenjak abad ke-7 yang mereka gunak untuk pengiring dan penghibur ketika maupun sebagai aktiovitas masyarakat setempat. Setiap petikan dawai ataupun senar, senda ini mengeluarkan nada yang berbeda.
Sasando dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sasando gong, sasando biola, sasando elektrik. Dengan pembagian jenis itu, cara memainkannya pasti juga berbeda.

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Tiup

Selain dipetik alat musik juga ada yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Dibawah ini contoh alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup yaitu : seruling dan pianika.

Seruling


Suling merupakan alat musi tradisional yang cara memainkannya dengan cara ditiup.  Alat musik ini berasal dari Jawa Barat. Yang terbuat dari bambu yang mempunyai suara lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Sehingga alat musik ini termasuk alat music melodis karena menghasilkan notasi atau nada yang indah.

Pianika


Di kalangan kita mungkin pianika sudah tidak asing lagi. Alat music ini biasanya digunkan anak-anak untuk belajar musik di sekolahan. Dalam suatu pagelaran hadroh, alat musik ini dapat dijadikan penambah instrumen suara.
Bagi orang asing mungkin piano dan pianika dianggap sama. Memang kedua alat music ini memilki kemiripan tetapi berbeda. Sesuai pengelompokan alat musik piano  termasuk alat music harmonis. Sedangkan pianika sendiri termasuk alat musik melodis.

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Tekan

Alat musik yang cara memainkan dengan cara ditekan banyak ditemukan dilingkungan sekolahan. Dibawah ini contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan yaitu akordeon dan piano.

Akordeon


Akordeon merupakan alat musik seperti organ yang cara membunyikannya dengan cara memompa pada bagian badan alat musik. Alat musik ini berasal dari Sumatra Selatan yang sering dimanfaatkan untuk mengiringi music religi, modern dan lainnya.
Alat musik akordeon terbagi menjadi empat jenis yaitu akordeon diantonis, akordeon concertinas, akordeon berwarna, dan akordeon piano.

Piano


Piano adalah alat musik tradional yang mempunyai harga sangat tinggi. Sehingga tidak semua orang memilikinya, hanya orang tertentu saja yang mempunyai alat musik ini. Alat musik ini berasal dari Itali yang diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an.
Piano sendiri dibagi menjadi tiga jenis yaitu upright piano, baby grand piano, dan grand piano.

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Goyang

Alat musik yang cara memainkannya dengan cara digoyang ini mungkin sudah familiar dinegara kita. Bahwan juga sudah terkenal diberbagai negara tetangga. Dibawah ini salah satu alat musik yang cara memainkannya dengan cara digoyang.

Angklung

Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Sunda Jawa Barat. Alat music ini terbuat dari bamboo yang cara memainkannya dengan cara menggoyangkannya. Alat musik ini dapat menghasilkan bunyi melodis dari benturan antara pipa bambu dan kayu yang ada didalamnya.
Angklung sendiri dibagi menjadi 15 jenis yaitu:
  • Angklung Kanekas
  • Angklung Reog
  • Angklung Banyuwangi
  • Angklung Bali
  • Angklung Dogdog Lojor
  • Angklung Gubrag
  • Angklung Badeng
  • Angklung Buncis
  • Angklung Badud
  • Angklung Bungko
  • Angklung Padaeng
  • Angklung Sarinande
  • Angklung Toel
  • Angklung Sri Murni

 

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Gesek

Alat musik selanjutnya yaitu cara memainkannya dengan cara digesek. Mungkin dari anda juga tidak asing dengan alat musik ini. Dibawah ini contoh alat musik yang cara memainkannya dengan cara digesek.

Biola


Biola adalah alat musik dawai yang berasal dari daratan Spanyol-Mauris pada abad 18. Alat music ini cara memainkannya dengan cara digesek. Biola mempunyai empat senar yaitu G-D-A-E yang disetel berbeda.
Biola termasuk salah satu jenis dari kelompok violin, yang terdiri dari biola kecil, biola menengah, biola besar, dan biola bass. Perbedaan biola tersebut terletak pada ukurannya, namun untuk cara berbunyi dan cara resonasinya tetap sama.

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Hisap

Alat musik yang cara memainkannya dengan cara di hisap mungkin banyak orang yang belum tau. Tetapi banyak seniman sering menggunakan alat musik ini untuk diperpadukan dengan musi lainnya. Untuk anda yang belum tau dengan alat musik tersebut anad bisa memeperhatikan dibawah ini.

Harmonika


Harmonika adalah salah satu alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara meniup dan menghisap pada bagian lubang. Alat musik ini berasal dari Cina dengan sebutan nama Sheng yang sudah digunakan sejak 5 abad yang lalu tepatnya sejak kekaisaran Nyu-kwa.
Alat musik harmonika dibagi menjadi 5 jenis yaitu :
  • Diatonik
  • Kromatik
  • Tremolo
  • Chord
  • Bass

Baca Juga:

Lengkap 10 Contoh Alat Musik Harmonis, Beserta Gambarnya


 

Alat Musik yang Dimainkan dengan Cara di Pukul

Untuk yang terakhir yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Dibawah ini contoh alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul.

Bonang


Bonang merupakan alat musik yang berasal dari Jawa dan Bali. Alat music ini tergolong alat music melodis yang digunakan sebagai pertunjukan wayang dan upacara adat lainnya. Alat music music bonag cara memainkannya dengan cara dipukul atau ditabuh pada bagian atas yang menonjol yang biasa disebut dengan pencu. Tongkat pemukul tersebut bernama bindhi.
Dalam gamelan Jawa Tengah, boning terbagi menjadi 3 jenis yaitu :
  • Panerus bonang
  • Barung bonang
  • Panembung bonang
Nah itu tadi penjelasan singkat tentang pengertian alat musik melodis, contoh alat musik melodis dan cara memainkannya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih !

Post a comment for "Contoh Alat Musik Melodis, Gambar beserta Penjelasannya Lengkap"

Loading...
loading...