Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Ayam Suwir Bumbu Kecap Enak Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Dibandingkan dengan ayam suwir bali bumbu pedas, resep ayam suwir kecap ini rasanya lebih tidak pedas dan lebih manis dan legit, tetapi tetap enak kok. Hal ini karena suwir ayam ini menggunakan kecap kental manis yang cukup banyak dan buah cabai yang digunakan juga lebih sedikit atau malah bisa dihilangkan dalam resep di bawah. Tentu saja, apabila teman teman dan anggota keluarga yang lain memang benar benar hobi makan pedas, tetapi juga suka dengan rasa manisnya kecap, penggunaan bahan buah cabai di resep masakan ayam suwir ini bisa diperbanyak sesuai selera.
Sesuai namanya, resep ayam suwir kecap yang akan kita buat nanti menggunakan daging ayam yang segar. Untuk memudahkan saat akan menyuwir ayamnya menjadi potongan potongan kecil, ayam harus direbus dahulu sampai empuk baru kemudian disuwir suwir menjadi kecil kecil. Supaya cepat proses memasaknya, ayam yang kita gunakan sebaiknya bagian dada yang tanpa tulang. Tetapi bisa juga menggunakan bagian ayam yang lain untuk membuat resep masakan suwir ayam ini. Karena menggunakan bumbu ayam suwir kecap, teman teman harus  berhati hati saat memasaknya. Jangan lupa sering diaduk aduk supaya tidak mengeras kecapnya dan tidak kelihatan terlalu gosong nanti. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat tips cara membuat ayam suwir dengan bumbu kecap yang enak dan mudah dibawah ini.

Bahan bahan Resep Ayam Suwir Bumbu Kecap Enak Dan Lezat

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam bagian dada tanpa tulang kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja. Bisa juga menggunakan bagian lain, tapi timbang 500 gram dagingnya saja yang dibutuhkan.
  2. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  3. Gula pasir putih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  4. Merica bubuk atau halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil saja.
  5. Kaldu instan rasa ayam kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil saja. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok – 3/4 sendok kecil saja.
  7. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 300 ml saja.
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.

 

Bumbu Ayam Suwir Tumisan Lengkap

  1. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja (penggunaan bawang merah sedikit karena kita juga menggunakan bawang bombay sebagai bumbunya). Kupas kulit luar lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung saja. Kupas kulit luar bawangnya lalu potong menjadi beberapa bagian.
  3. Bawang bombay ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Kupas kulit luarnya lalu iris iris tipis memanjang supaya aromanya mudah keluar.
  4. Daun salam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 lembar saja.
  5. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 cm saja. Memarkan lengkuasnya terlebih dahulu sebelum ditumis bersama bumbu lain.
  6. Jahe kurang lebih sepanjang 1 cm saja. Memarkan jahe juga sebelum dicampur dengan bumbu lain supaya aromanya keluar sempurna.

 

 Cara Membuat Ayam Suwir Kecap Yang Enak dan Mudah

  1. Langkah pertama rebus dan masak daging ayam yang akan digunakan sampai matang dan empuk lalu tiriskan dan kemudian disuwir suwir kecil kecil (besar kecil tergantung selera, tetapi juga jangan terlalu kecil supaya masih terasa saat dimakan nantinya).
  2. Ambil cobek/layah lalu haluskan bawang merah dan bawang putih sampai benar benar halus.
  3. Siapkan penggorengn dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya.
  4. Masukkan bawang merah dan bawang putih halusnya lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  5. Masukkan irisan bawang bombay, daun salam, lengkuas dan jahe yang sudah dimemarkan lalu masak dan aduk aduk kembali sampai matang dan harum.
  6. Masukkan suwiran daging ayam dan air bersihnya ke penggorengan diatas lalu aduk aduk kembali.
  7. Masukkan kecap manis, garam dapur, merica, garam dapur, gula pasir dan kaldu ayam (kalau suka) lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan bumbu meresap (biasanya mengental).
  8. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur atau kecap manis kalau diperlukan lalu aduk aduk kembali sebentar dan kemudian angkat untuk dihidangkan.

Post a Comment