Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Ayam Bakar Sunda Beserta Bumbu

Kumpulan Resep Makanan - Selain komposisi bahan bumbu ayam bakar sunda yang harus diperhatikan, tentu saja cara membuat ayam bakar Sundanya juga harus diperhatikan. Ada beberapa tips yang harus dilakukan supaya daging ayam bakar nya nanti empuk teksturnya dan citarasanya lezat sampai di dalam daging. Seperti juga resep ayam bakar yang lain, ayam yang digunakan nanti harus direbus dahulu beserta bumbu khas sundanya. Selain membuat bumbunya nanti meresap sampai di lapisan daging paling dalam, waktu yang dibutuhkan untuk membakar ayamnya juga lebih singkat dan praktis. Selain itu, ayam yang sudah direbus bisa disimpan di lemari pendingin dan digunakan di lain waktu kalau masih berlebih stoknya.
Yang paling harus diperhatikan untuk membuat resep ayam bakar sunda yang enak dan lezat adalah daging ayam yang digunakan harus benar benar fresh dan segar. Selain rasanya lebih enak dan lezat, tekstur dagingnya juga lebih empuk dan enak saat dipanggang nantinya. Untuk jenis ayam yang digunakan sesuai selera saja. Bisa menggunakan ayam potong tetapi sangat disarankan untuk menggunakan ayam kampung yang tidak terlalu tua supaya lebih gurih rasanya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan lengkap beserta cara membuat ayam bakarnya dibawah ini.

Bahan bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Resep Ayam Bakar Bumbu Sunda

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam potong atau ayam kampung yang segar kurang lebih sebanyak 1 ekor. Ukuran yang digunakan sedang besar, cuci bersih dengan air mengalir kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera (6 – 8 potong).
  2. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  3. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu memarkan supaya aroma dan rasanya nanti keluar.
  4. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  5. Mentega kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  6. Kecap manis kualitas bagus secukupnya sesuai selera. Bisa diganti dengan kecap pedas manis kalau suka pedas.

 

Bahan Bumbu Ayam Bakar Sunda

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulit luar bawang merahnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas kulit luar bawangnya lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  3. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.
  4. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 4-6 pcs saja. Bisa dihilangkan kalau memang benar benar tidak suka masakan pedas.
  5. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Kunyit ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.

 

Cara Praktis Membuat Ayam Bakar Sunda Yang Enak, Gurih dan Lezat

  1. Langkah pertama adalah uleg atau haluskan berbagai macam bumbu diatas, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, buah cabai dan beri garam secukupnya. Bisa diblender supaya cepat, tetapi sangat disarankan untuk di uleg supaya lebih harum dan keluar aroma bumbunya.
  2. Ambil satu wadah cukup besar, masukkan ayam yang sudah bersih dan dipotong potong beserta bumbu yang sudah dihaluskan diatas. Aduk aduk supaya daging ayamnya tertutupi bumbunya di semua bagian.
  3. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit – 45 menit supaya bumbunya meresap. Lebih baik diletakkan di dalam lemari pendingin supaya terjaga kesegarannya.
  4. Siapkan panci dan masukkan batang serai yang sudah dimemarkan, daun salam dan air secukupnya (kurang lebih sebanyak 0.1 liter).
  5. Masukkan daging ayam beserta bumbunya lalu masak sambil sesekali diaduk aduk sampai matang dan bumbunya meresap dan menyusut.
  6. Jangan lupa sesekali diaduk aduk supaya tercampur rata semua bumbunya kemudian matikan api setelah dagingnya empuk.
  7. Ambil satu wadah kecil dan masukkan 50 gram mentega dan beri kecap manis / kecap pedas secukupnya kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  8. Siapkang panggangan ayam, oven atau tempat bakaran ayamnya.
  9. Ambil daging ayam dan olesi dengan bumbu kecap diatas lalu bakar atau oven sampai matang. Sesekali bisa diolesi lagi dengan campuran kecap dan bumbunya supaya lebih gurih.

Post a Comment