Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kue Pancong Gurih Manis

Kumpulan Resep Makanan - Buat beberapa diantara kita mungkin masih dengan mudah bisa menemukan penjual kue pancong ini disekitar rumah atau sekolahan anak anak. Ya, dibeberapa tempat masih bisa dengan mudah menemukan penjual kue satu ini, tetapi secara umum sekarang memang sangat jarang sekali bisa dijumpai. Padahal harga kue pancong ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak menguras kantong lho. Resep kue rangin ini juga lebih aman dan sehat buat anak anak daripada jajanan lain yang biasanya ditemukan di sekolah mereka. Rasanya juga cukup enak dan lezat dengan tekstur luarnya yang cukup garing dan lembut didalamnya. Walaupun harganya cukup murah, memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan resep pancong ini sudah mulai punah dan mulai digerus oleh jaman.

Untuk itu, sudah sepantasnya kita ikut melestarikan keberadaan resep kue pancong ini. Apalagi cara membuat kue pancong juga sangat sederhana dan mudah diikuti. Alat alat dan bahan bahannya pun mudah didapat di toko toko sekitar rumah. Kalau masalah rasa tidak kalah kok dibandingkan dengan resep kue tradisional lainnya, seperti kue pukis dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat resep kue pancong sendiri di rumah.

 

Bahan bahan Untuk Membuat Kue Pancong Yang Gurih dan Enak

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Gunakan tepung beras yang masih baru dan tidak apek. Jangan lupa saring dan ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Buah kelapa ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Gunakan kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasanya lebih gurih kemudian parut.
  3. Santan yang diambil dari perasan buah kelapa asli kurang lebih sebanyak 650 ml saja. Bisa juga menggunakan santan instan, tetapi nanti rasanya kurang gurih.
  4. Garam dapur beryodium yang halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  5. Gula pasir kualitas bagus secukupnya sesuai selera untuk bahan taburan diatasnya atau bisa juga menggunakan parutan keju, coklat atau lainnya.

 

Cara Membuat Resep Pancong Yang Mudah, Cepat Dan Praktis

  1. Langkah pertama adalah rebus santan yang akan digunakan sampai benar benar mendidih. Jangan lupa sambil diaduk aduk supaya kualitas santan bagus dan tidak pecah nantinya. Setelah matang diamkan sebentar supaya agak dingin baru dicampur dengan bahan lain.
  2. Ambil satu wadah cukup besar untuk adonannya dan masukkan tepung beras yang sudah diayak beserta garam dapur beryodium dan kelapa parutnya.
  3. Aduk aduk ketiga bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  4. Tuang santan yang sudah direbus terlebih dahulu diatas ke dalam wadah adonan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata. Disarankan untuk mencampurnya dengan menggunakan tangan, tetapi boleh juga menggunakan alat bantu lainnya seperti sendok sayur.
  5. Siapkan cetakan kue pancongnya atau bisa juga menggunakan cetakan pukis atau kue apem diatas api dan tunggu sampai panas. Sebelum diberi adonan, teman teman bisa mengolesi cetakannya dengan sedikit minyak atau margarin supaya tidak lengket.
  6. Tuang adonan pancongnya ke dalam cetakan secukupnya dan tutup sampai matang.
  7. Ulangi sampai semua adonan habis kemudian angkat dan sajikan untuk hidangan cemilan keluarga.

Post a Comment