Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Puding Susu Buah Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Padahal kalau teman teman tahu, resep puding susu ini tidak hanya cocok buat makanan penutup atau cemilan saja, tetapi ternyata banyak manfaatnya juga lho buat kesehatan. Meskipun cara membuat puding cukup mudah, ternyata kue puding juga bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh kita setelah menerima makanan dan juga bisa membersihkan usus kita dari kotoran kotoran sisa makanan yang masuk dikarenakan banyaknya kandung serat dalam agar agar yang dipakai sebagai bahan utama puding.
Seperti juga jelly, puding susu paling enak kalau disantap dalam kondisi dingin. Hal ini dikarenakan sifat dan teksturnya yang agak kenyal sehingga bisa mendinginkan tenggorokan kita, terutama setelah makan makan yang pedas atau banyak mengandung santan. Memang banyak sekali variasi resep puding yang beredar di tengah masyarakat kita, seperti puding sutra, puding puyo, puding susu ureo atau yang lainnya. Tetapi buat teman teman yang tidak terlalu punya banyak waktu, resep puding susu putih lah yang paling sederhana dan mudah cara membuatnya. Bahan bahan untuk membuatnya pun sangat sederhana dan mudah sekali kita cari. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep pudingnya di bawahnya.

Bahan bahan Resep Puding Susu Putih Sederhana

  1. Seperti resep puding yang lain, bahan utama yang dibutuhkan adalah agar agar putih satu bungkus saja. Gunakan merek yang bagus supaya hasilnya enak dan teksturnya juga bagus.
  2. Susu putih cair ultra high temperature atau biasa disebut juga susu UHT putih kurang lebih sebanyak satu pack (ukuran 1 liter).
  3. Bisa juga menggunakan susu UHT plain kalau tidak terlalu suka manis.
  4. Gula pasir putih bersih kurang lebih sebanyak 3 sendok besar atau sendok makan. Bisa dikurangi atau ditambah untuk membuat rasa puding sesuai selera.
  5. Air bersih matang kurang lebih sebanyak 3 gelas ukuran biasa. Gunakan air dengan suhu ruangan atau air biasa, jangan air dingin.
  6. Untuk bahan tambahan untuk mempercantik tampilan dan menambah aroma dan rasa, teman teman bisa menyiapkan satu sendok kecil perasa makanan atau esen dengan rasa almond atau rasa yang lain dan beberapa potongan buah kaleng (koktail) dan nata de coco (bisa yang putih atau yang berwarna).

Cara Membuat Puding Susu Buah

  1. Siapkan satu wadah untuk merebus atau panci ukuran sedang.
  2. Masukkan gula pasir putih dan agar agarnya. Aduk aduk sebentar sampai tercampur rata.
  3. Masukkan susu kental manisnya lalu aduk aduk lagi supaya tidak ada gumpalan.
  4. Tuang susu UHT yang sudah dipersiapkan dan aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Masukkan air bersih matang yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  6. Hidupkan kompor dengan api sedang lalu masak sampai mendidih. Ingat, adonan puding susu tetap diaduk aduk sampai matang supaya semua bahan tercampur rata dan tidak lengket dengan tempatnya.
  7. Setelah mendidih beberapa saat, angkat dan diamkan sebentar (kurang lebih selama 4-5 menit).
  8. Masukkan perasa makanan atau esen yang sudah dipersiapkan ke dalam panci di atas. Aduk aduk kembali supaya esen tercampur rata dengan bahan lain dan diamkan sebentar.
  9. Siapkan cetakan puding yang akan digunakan lalu masukkan larutan puding diatas setelah terasa agak dingin.
  10. Masukkan potongan buah koktail dan nata decoco ke dalamnya. Sebagian bisa terendam dan sebagian lagi diatasnya suntuk topping upaya tampak lebih menarik dan mengundang selera.
  11. Diamkan lagi sampai benar benar dingin dan puding mengeras lalu puding siap untuk dihidangkan. Lebih baik setelah dingin, puding dimasukkan sebentar ke dalam lemari pendingin supaya lebih enak.

Post a Comment