Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Pandan Cake Enak

Kumpulan Resep Makanan - Selain dikukus menggunakan air mendidih, sebenarnya resep kue bolu pandan ini bisa juga kita panggang menjadi atau dibentuk seperti kue bolu gulung pandan panggang. Tetapi kalau masalah tekstur, resep bolu kukus pandan tentu lebih lembut dan empuk saat kita kunyah. Rasanya tidak seret saat melewati tenggorokan dan tentunya anti gosong. Berbeda dengan resep bolu panggang yang kadang kadang bisa gosong di bagian bawah yang terkena api panggangannya.  Kelebihan yang lain tekstur dari bolu pandan yang dikukus juga lebih empuk di semua lapisan. Beda dengan bolu pandang panggang yang biasanya membentuk lapisan coklat tua di luarnya. Tetapi tentu saja mau dikukus atau dipanggang tergantung selera kita sendiri bukan.

Selain rasanya yang enak dan digemari oleh hampir semua orang di segala lapisan usia, resep kue bolu pandan kukus yang akan kita buat ini juga dengan mudah kita bentuk sesuai dengan keinginan. Mau dibentuk dengan cetakan cupcake, mau dibuat di loyang bulat, loyang persegi panjang atau mau dibentuk menjadi bolu gulung juga mudah. Selain itu, bahan bahan untuk membuat resep bolu kukus pandan ini juga bisa dibilang cukup sedikit dan mudah didapat daripada resep kue yang lain. Cukup menggunakan tepung terigu, beberapa butir telur ayam dan beberapa bahan lainnya. Tentu saja yang tidak kalah penting adalah pewarna makanan pandannya. Kalau mau dan ingin membuat kue bolu kukus yang spesial, teman teman bisa menambahkan beberapa tetes pasta coklat, strawbery atau lainnya saat menuang adonannya nanti di loyang. Ini bisa memberikan warna lebih cantik dengan tekstur unik di bagian dalam kuenya.

Bahan bahan Resep Bolu Kukus Pandan

  1. Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 120 gram. Ayak dahulu tepung yang digunakan sampai benar benar halus supaya adonannya nanti mengembang sempurna.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 butir saja.
  3. Gula pasir kualitas bagus kurang lebih sebanyak 120 gram juga.
  4. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 20 gram saja.
  5. Santan kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Bisa diambil dari santan kemasan saja.
  6. Coklat bubuk kurang lebih sebanyak 20 gram saja. Bisa juga menggunakan dark coklat yang dilelehkan.
  7. Pasta pandan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok teh saja. Bisa juga menggunakan air daun suji kalau suka.
  8. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 60 gram saja.

Cara Mudah Membuat Cake Bolu Pandan Kukus

  1. Langkah pertama ambil satu wadah adonan dan masukkan gula pasir dan telur ayamnya. Kocok kedua bahan tersebut sambil mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizenanya yang sudah dipersiapkan sebelumnya kemudian aduk aduk dengan adonan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  3. Tuang santan dan margarin yang sudah dipersiapkan sebelumnya lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  4. Ambil 1/4 bagian adonan diatas untuk dicampur dengan coklat bubuknya lalu aduk aduk kembali sampai semua bagian tercampur rata.
  5. Masukkan pasta pandan ke adonan sisanya lalu aduk aduk kembali sampai semua bagian tercampur rata.
  6. Ambil loyang dan beri alas kertas roti dan lapisi dengan sedikit margarin supaya tidak lengket dan sedikit tepung terigu.
  7. Tuang adonan berwarna hijaunya ke dalam loyangnya kemudia tuang yang berwarna coklat dan dibentuk sedikit dengan cara agak diputar seperti zig zag.
  8. Siapkan panci kukusan dengan api sedang dan masukkan loyang ke dalamnya.
  9. Masak dan kukus sampai matang atau kira kira selama 35 menit-40 menit (tusukkan lidi ke dalamnya untuk mengetahui sudah matang atau belum) kemudian angkat.
  10. Sebagai hiasan dan tambahan, teman teman bisa menaburkan parutan keju diatasnya dengan sebelumnya diolesi dahulu dengan buttercream supaya mudah lengket.

Post a Comment