Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kastengel Keju Spesial Ekonomis

Kumpulan Resep Makanan - Karena kue ini identik dengan keju, maka keju yang digunakan untuk membuat resep kue kali ini jumlahnya cukup banyak. Sebaiknya teman teman menggunakan bahan baku keju yang berkualitas baik supaya hasil akhirnya nanti benar benar renyah dan gurih. Kali ini kita akan membuat Kue kastengel dalam jumlah yang cukup banyak. Siapa tahu teman teman berencana untuk memulai bisnis kue kering sendiri. Tetapi kalau teman teman hanya ingin membuat dalam porsi kecil, bahan bahan yang digunakan tinggal dibagi rata sesuai resep kastengel keju spesial yang akan dibuat. Selain itu, jangan sampai salah juga dalam memilih tepung yang akan digunakan. Gunakan tepung yang berprotein rendah supaya lebih crispy dan renyah saat dipanggang nantinya. Biasanya sih merek Kunci Biru (bukan iklan lho), tetapi teman teman bisa menyesuaikan dengan yang lain supaya lebih kue kastengel lebih ekonomis kalau mau dijual kembali.

Bahan bahan Resep Kastengel Keju Spesial

  1. Seperti resep kue kering lainnya, kali ini kita juga membutuhkan tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah sebanyak kurang lebih 500 gram. Jangan lupa untuk menyaring atau mengayak tepung terlebih dahulu supaya tepung yang digunakan benar benar tepung yang halus dan tidak ada gumpalan.
  2. Keju Cheedar atau keju yang keras yang sudah diparut kurang lebih sebanyak 250 gram. Gunakan merek yang berkualitas supaya hasilnya lebih bagus, seperti keju Kraft Cheddar. Teman teman juga bisa menggunakan keju edam, cuma biasanya harga lebih mahal.
  3. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Sebaiknya teman menambahkan juga sedikit mentega supaya hasilnya lebih gurih dan lezat (komposisi 220 gram margarin dan 80 gram mentega supaya adonanannya nanti tidak terlalu lembek karena kebanyakan mentega.
  4. Susu Bubuk Full Cream kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40-50 gram saja.
  5. Tepung Maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram. Gunakan tepung yang lembut dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  6. Telur ayam untuk campuran adonan resep kue kastengelnya sebanyak 4 butir.
  7. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1-2 pcs untuk mengolesi bagian atas kue sebelum ditaburi dengan keju cheddar parutnya.
  8. Keju parut untuk ditaburkan diatas kue kastengel yang sudah jadi nantinya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 60-70 gram saja.

Cara Membuat Kue Kastengel Renyah dan Ekonomis

  1. Siapkan tempat cukup besar untuk adonan utamanya lalu masukkan margarin (atau campuran margarin dan mentega) dan kocok hingga teksturnya terasa lembut dan berubah warna menjadi agak kepucatan.
  2. Masukkan satu per satu telur dulu ke dalam adonan diatas lalu mixer kembali sampai benar benar tercampur dengan rata. Ulangi sampai telur habis dan tercampur sempurna. Kalau teman teman langsung memasukkan semua telur sekaligus biasanya adonan akan menjadi tidak lembut dan ada gumpalan gumpalannya.
    Ambil keju parutnya lalu masukkan ke wadah adonan diatas lalu kocok kembali sampai rata dan tercampur sempurna dengan bahan bahan lain.
  3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizenanya kemudian aduk aduk kembali secara perlahan dengan bahan lain supaya tidak over mixing sampai benar benar tercampur dengan rata. Langkah ini tidak memerlukan mixer, cukup dengan spatula atau alat lain.
  4. Ambil adonan secukupnya lalu gelindingkan memanjang supaya mudah untuk dibentuk. Potong adonan tadi menjadi bentuk persegi panjang atau bentuk lain sesuai keinginan teman teman. Ulangi sampai semua adonan habis.
  5. Siapkan oven yang akan digunakan lalu panaskan dengan api sedang kecil sampai mencapai suhu kurang lebih 180 derajat.
  6. Ambil loyang yang akan digunakan lalu olesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung. Untuk praktisnya, teman teman bisa menggunakan kertas baking supaya hasilnya lebih cantik dan tidak gosong di bagian bawahnya.
  7. Letakkan adonan resep kue kastengel yang sudah dibentuk diatasnya dan beri jarak secukupnya supaya tidak menempel satu sama lain.
  8. Setelah oven cukup panas, masukkan loyang yang berisi adonan kue keju diatas. Panggang sampai setengah matang lalu keluarkan dan olesi dengan telur dan beri taburan keju parut diatasnya. Ulangi sampai semua kue diberi keju dan diolesi telur.
  9. Masukkan kembali ke dalam oven dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning agak kecoklatan.
  10. Keluarkan dan tunggu benar benar dingin sebelum kastengel dimasukkan ke dalam toples hidangan.

Post a Comment