Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Kue Kurma Coklat Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Walaupun sebenarnya buah kurma ini di tempat asalnya rasanya agak masam, tetapi buah kurma yang kita temukan di Indonesia rata rata sudah diolah sedemikian rupa sehingga rasanya manis dan enak. Karena rasanya yang manis, buah satu ini yang berasal dari daerah Arab ini dengan mudah bisa kita olah menjadi kue kering yang enak dan lezat untuk sajian hidangan Lebaran nanti. Selain itu, ternyata banyak sekali manfaat buah kurma ini buat kesehatan tubuh kita, seperti mencegah konstipasi, cocok buat penderita anemia, meningkatkan fungsi syaraf dan manfaat lainnya. Selain itu, kandungan mineral yang cukup tinggi di buah kurma juga bisa mencegah penyakit osteoporosis dan lainnya.
Walaupun Kue Kurma kering kurma ini tidak sepopuler kue nastar, putri salju atau resep kue lebaran yang lainnya, tetapi dengan adanya kue coklat kurma ini di toples pasti membuat tamu tamu yang berdatangan akan senang. Selain itu, penjual kue kurma ini memang bisa dibilang jarang ada. Jadi tepat rasanya kalau kita memberikan cara membuat dan bahan bahan Resep Kue Kurma dibawah ini. Apalagi kalau ternyata masih ada sisa persedian kurma yang belum habis, tentu lebih bermanfaat kalau kita buat menjadi sajian kue kering spesial buat lebaran.

Bahan Bahan Resep Kue Kurma Coklat Spesial Lebaran

  1. Sesuai namanya, Kue kering kurma membutuhkan buah kurma kualitas bagus kurang lebih sebanyak 90 gram sampai dengan 110 gram. Potong potong kurma kecil kecil supaya pas saat di baking nanti.
  2. Gula halus atau disebut juga gula tepung kurang lebih sebanyak 100 gram saja supaya rasanya tidak kemanisan.
  3. Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 225 gram saja. Tepung sebaiknya diayak terlebih dahulu supaya terhindar dari kotoroan ataupun tepung yang mengumpal.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar 1 butir.
  5. 1 kuning telurnya saja (bagian putih telurnya dibuang atau tidak dipakai).
  6. Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 25 gram saja. Ayak terlebih dahulu supaya tidak ada gumpalan gumpalan.
  7. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  8. Baking power kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja. Ayak terlebih dahulu supaya tidak ada gumpalan gumpalan.
  9. Rice crispy kurang lebih sebanyak 25 gram sampai 30 gram saja.
  10. Cokelat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 15 gram sampai 20 gram saja. Ayak terlebih dahulu supaya tidak ada gumpalan gumpalan. Bisa juga dihilangkan atau dikurangi kalau tidak terlalu suka dengan aroma coklat ataupun tampilannya.

Cara Membuat Kue Kering Kurma Coklat Renyah

  1. Langkah pertama ambil satu wadah lalu masukkan margarin dan gula bubuk yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kocok kedua bahan tersebut sampai rata selama kurang lebih 2 menit saja.
  2. Masukkan kuning telurnya lalu kocok lagi sebentar kemudia masukkan telur satu butirnya lalu kocok kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu yag sudah diayak sebelumnya kedalam wadah adonan diatas lalu aduk aduk sampai semua bagian tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.
  4. Masukkan cokelat bubuknya, baking powder dan susu bubuknya lalu aduk aduk kembali semua bahan sampai benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Masukkan buah kurma yang sudah dipotong potong sebelumnya dan rice crispinya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  6. Siapkan oven dan panaskan lalu atur suhunya di angka 150 derajat.
  7. Ambil loyang lalu olesi dengan sedikit margarin diatasnya supaya kue tidak lengket saat mau diangkat.
  8. Ambil adonan dengan sendok lalu tuang dan bentuk diatas loyang. Ulangi sampai semua adonan habis.
  9. Masukkan loyang ke dalam oven lalu masak sampai kue coklat kurma nya matang atau kurang lebih sekitar 25 menit saja.
  10. Setelah matang keluarkan loyang dan angkat kuenya.

Post a comment for "Resep Cara Membuat Kue Kurma Coklat Spesial"

Loading...
loading...