Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Prol Tape Keju Panggang Kukus

Kumpulan Resep Makanan - Resep Cake Tape ini merupakan salah satu resep tradisional dari negara kita lho yang cara membuatnya cukup sederhana dan mudah. Tidak seperti kebanyakan resep kue lainnya yang membutuhkan mixer untuk mencampur adonannya, kali ini kita akan membuat resep prol tape dengan topping keju diatasnya tanpa menggunakan mixer. Untuk proses pencampuran bahan bahan prol tape resep yang digunakan hanya membutuhkan tangan kita sendiri, sama seperti cara membuat Donat yang sudah pernah kita share di sini. Tentu diproses ini harus benar benar diperhatikan supaya adonan kue prol tapenya hasil jadinya benar benar lembut sesuai yang diharapkan.

Tepung yang nanti akan kita gunakan untuk membuat resep prol tape keju juga harus diayak terlebih dahulu supaya adonannya nanti bisa kalis dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung di tengah kue setelah jadi. Tentu saja, sebagai bahan utamanya, tape yang dipersiapkan harus benar benar sudah matang. Jangan menggunakan tape singkomh yang yang masih keras untuk membuat prol tape karena tekstur dan rasanya nanti pasti akan berubah. Kalau yang digunakan tape yang sudah manis, penggunaan gula bisa disesuaikan dengan selera kita. Selain dipanggang, resep dibawah bisa juga untuk membuat prol tape kukus tanpa ada perubahan di bahan atau cara membuatnya. Tinggal saat proses pemasakannya menggunakan panci kukus seperti biasa. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat prol tape dan bahan bahan cake tape apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan Bahan Resep Prol tape Keju Kukus atau Panggang

  • Seperti namanya, resep cake tape kali ini menggunakan bahan utama berupa tape yanag terbuat dari singkong kurang lebih sebanyak 600-620 gram saja. Gunakan tape kualitas bagus yang sudah matang supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  • Tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 140 gram. Ayak tepung terigu sebelum digunakan supaya hasilnya tidak bantat dan lembutnya sempurna.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil (atau sesuai selera).
  • Margarin yang berkualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Panaskan margarin terlebih dahulu sampai meleleh supaya mudah saat dicampur dengan adonan lain.
  • Gula pasir putih untuk menambah rasa manis di resep kue prol tapenya kurang lebih sebanyak 150-160 gram. Bisa dikurangi apabila tape yang digunakan sudah benar benar manis rasanya.
  • Telur ayam sebanyak 8 butir ukuran sedang besar. 6 butir untuk campuran adonan dan 2 butir untuk diambil bagian kuningnya saja untuk bahan olesan bagian atas kue sebelum ditaburi dengan keju parut.
  • Susu cair sapi atau bisa juga memakai susu instant yang sudah jadi kurang lebih sebanyak 200 ml.
  • Keju cheddar kualitas bagus secukupnya (kurang lebih sebanyak 140 gram atau bisa ditambahkan kalau suka) untuk campuran adonannya (kurang lebih 100 gram) dan taburan diatas kue tapenya nanti (kurang lebih sebanyak 40 gram). Parut keju terlebih dahulu supaya mudah saat proses pembuatan prol tapenya nanti.

Cara Membuat prol Tape Keju Tanpa Mixer

  • Langkah pertama ambil wadah untuk adonan yang ukurannya cukup besar. Ambil tape singkong yang sudah dipersiapkan dan remas remas sambil ditaburi dengan gula pasir dan garam dapur yang sudah dipersiapkan diatas (supaya benar benar tercampur sempurna) sampai benar benar hancur, rata dan lembut teksturnya. Jangan lupa untuk membuang sumbu singkong yang biasanya ada di bagian tengah tapenya.
  • Masukkan satu persatu sambil diaduk sampai benar benar rata 6 butir telur di bahan atas.
  • Tuang tepung terigu yang sudah dipersiapkan sambil diaduk aduk dengan bahan lain sampai benar benar rata dan terigu habis.
  • Masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan dan 140 keju parutnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  • Masukkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya lalu aduk aduk lagi dengan bahan adonan diatas sampai benar benar tercampur rata dan adonan kalis.
  • Siapkan loyang yang akan digunakan dan jangan lupa bagian bawahnya diolesi sedikit margarin dan dilapisi kertas roti supaya tidak lengket di loyangnya dan mudah diangkat kalau sudah matang.
  • Tuang adonan prol tape yang sudah kalis diatas diatas loyang dan masukkan ke dalam oven dengan suhu kurang lebih 180-190 derajat dengan waktu pemasakan kurang lebih selama 19-21 menit.
  • Keluarkan cake tape dari dalam oven dan olesi bagain atasnya dengan kuning telur supaya warnanya nanti cantik dan kemudian taburi dengan parutan keju diatasnya.
  • Masukkan kembali loyang prol tapenya lalu panggang lagi sampai benar benar matang (kurang lebih selama 27-30 menit atau bisa ditusuk dengan lidi untuk mengetahui kematangan bagian dalamnya). Keluarkan dan taruh diatas piring hidangan.

Post a Comment