Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Fungsi Alat Musik Tradisional Talempong

Fungsi Alat Musik Tradisional Talempong. Alat musik ini adalah alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan.


Bagaimana Bentuk Alat Musik Talempong

Bentuk Talempong adalah lingkaran dengan diameter 15 sampai 17,5 sentimeter, pada bagian bawahnya berlubang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima sentimeter sebagai tempat untuk dipukul. Talempong mempunyai nada yang berbeda-beda. Cara untuk menghasilkan bunyi adalah dengan dipukul menggunakan sepasang kayu.

Kapan Alat Musik Tradisional Talempong Dipertunjukan

Talempong biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti Tari Piring yang khas, Tari Pasambahan, dan Tari Gelombang. Talempong juga digunakan untuk melantunkan musik menyambut tamu istimewa. Talempong ini memainkanya butuh kejelian dimulai dengan tangga nada do dan diakhiri dengan si. Talempong biasanya dibawakan dengan iringan akordeon, instrumen musik sejenis organ yang didorong dan ditarik dengan kedua tangan pemainnya. Selain akordeon, instrumen seperti saluang, gandang, serunai dan instrumen tradisional Minang lainnya juga umum dimainkan bersama Talempong.
 

Apa Fungsi Alat Musik Tradisional Talempong

  1. Mengiringi sebuah tarian sakral.
  2. Pada zaman dahulu dibunyikan ketika akan menyampaikan sebuah pesan pentingdari wali nagari oleh orang suruhannya kepada masyarakat.
  3. Dimainkan ketika me ngiringi pasangan pengantin menuju rumah mempelai wanita
  4. Dimainkan dalam mengiringi tarian silat kampung.
  5. Mengiringi tari Batobo.

Post a comment for "Artikel Fungsi Alat Musik Tradisional Talempong"

Loading...
loading...