Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Lego Lego, Tarian Tradisional Dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)



Cintaindonesia.web.id Tari Lego Lego adalah tarian tradisional masyarakat di Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini biasanya dimainkan oleh para penari pria dan wanita secara masal. Dalam tarian ini mereka akan menari dengan saling bergandengan dan juga membentuk formasi melingkar dengan mengelilingi Mesbah. Tari Lego Lego merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di daerah Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan sering ditampilkan diberbagai acara, baik itu acara adat ataupun acara pertunjukan.


Asal Mula Tari Lego Lego

Tari Lego Lego merupakan tarian tradisional yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Alor dan sampai saat ini masih terus dilestarikan. Tarian ini awalnya merupakan tarian yang sering diadakan pada saat upacara adat atau setelah melakukan kegiatan bersama sebagai ungkapan dari rasa syukur dan kegembiraan mereka. Ungkapan rasa syukur ini mereka lakukan dengan mengelilingi Mesbah sambil bergandengan dan juga menyanyikan lagu-lagu pujian kepada Tuhan. Mesbah sendiri merupakan suatu benda yang disakralkan oleh masyarakat di Pulau Alor.

Fungsi Dan Makna Tari Lego Lego

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Tari Lego Lego ini merupakan ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat kepada Tuhan. Selain itu didalam tarian ini juga menggambarkan semangat persatuan serta kebersamaan masyarakat Alor yang terjalin erat melalui gerak tarian. Hal tersebut terlihat dari para penari yang saling bergandengan dan juga berkumpul menjadi satu untuk merayakannya bersama tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial, dan lain sebagainya.

Pertunjukan Tari Lego Lego

Dalam pertunjukannya, Tari Lego Lego ini biasanya dimainkan secara masal oleh para penari pria atau wanita. Mereka akan berkumpul menjadi satu barisan, baik itu penari pria maupun wanita saling bergandengan dan membentuk sebuah lingkaran yang menjadi ciri khasnya. Dengan dipimpin oleh pemandu mereka kemudian menari sambil menyanyikan sebuah lagu-lagu adat dan bergerak mengelilingi Mesbah.

Gerakan didalam Tari Lego Lego ini tergolong sederhana, Gerakan ini biasanya didominasi oleh gerakan kaki yang maju mundur atau ke kanan dan ke kiri. Namun tarian ini sangat membutuhkan kekompakan dalam menarikannya. Jika tidak kompak maka suara gelang dikaki akan terdengar rancu. Selain itu juga penari dapat terjatuh dan kehilangan keseimbangan.

Setiap kawasan di Alor biasanya memiliki gayanya tersendiri dalam melakukan Tari Lego Lego, baik itu dari segi gerakan, lagu, dan pengiringnya. Namun walaupun demikian, mereka tetap melakukannya dengan cara bergandengan dan juga menari mengelilingi Mesbah yang menjadi ciri khas dari Tari Lego Lego ini.

Pengiring Tari Lego Lego

Dalam tarian ini biasanya akan dilakukan tanpa musik pengiring dan hanya diiringi oleh sebuah nyanyian serta suara gemerincing dari gelang kaki yang mengikuti langkah kaki dari penarinya. Namun terdapat juga dibeberapa kawasan di daerah Alor yang menggunakan alat musik seperti moko  dan gong sebagai musik pengiringnya.

Kostum Tari Lego Lego

Dalam pertunjukan Tari Lego Lego ini biasanya para penari akan menggunakan pakaian adat mereka. Untuk busana biasanya para penari menggunakan kain sarung dan juga kain tenun khas dari Alor. Sedangkan pada bagian kepala para penari pria akan menggunakan penutup kepala yang dibentuk dari kain, dan rambut para penari wanita dibiarkan terurai. Selain itu juga sebagai atribut menari, para penari akan dilengkapi dengan gelang kaki yang menghasilkan suara yang mengikuti langkah kaki dari para penarinya.

Perkembangan Tari Lego Lego

Sebagai salah satu dari warisan leluhur, Tari Lego Lego ini masih tetap dilestarikan serta dijaga keberadaannya sampai sekarang. Dalam perkembangannya, tarian ini tidak hanya dilakukan pada saat upacara adat saja, tetapi juga sering ditampilkan diberbagai acara seperti acara penyambutan tamu dan festival budaya. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha dalam melestarikan dan juga memperkenalkan kepada masyarakat luas tradisi dan budaya mereka.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment