Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap 12 Contoh Alat Musik Melodis, Beserta Gambarnya

Contoh Alat Musik Melodis - Berdasarkan jenis nada yang dihasilkan, alat musik dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Alat musik melodis adalah alat musik yang dimainkan untuk menghasilkan nada-nada melodis atau nada-nada tunggal. Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk menghasilkan nada-nada harmonis atau nada-nada jamak (chord) secara bersamaan. Sementara alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak menghasilkan nada, bunyi yang dihasilkan hanya merupakan bunyi-bunyi ritmis untuk mengiringi ritme nada melodis dan harmonis yang dimainkan dalam sebuah lagu.


Fungsi Alat Musik Melodis

Alat musik melodis dapat berfungsi sebagai alat pengaturan nada dalam sebuah musik maupun lagu. Sekarang ini, banyak sekali alat musik melodi yang dapat ditemukan dengan ragam yang semakin banyak.
Alat musik melodis dapat dimainkan dengan berbagai macam cara, diantaranya dengan dipetik, ditiup, ditekan, di goyang, digesek, maupun di hisap.
Nah, di kesempatan artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh dari masing-masing jenis alat musik tersebut. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja contoh musik melodis, harmonis, serta alat musik ritmis, silakan simak penjelasan dan contoh gambarnya berikut ini.

Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat musik yang membunyikan melodi dalam sebuah lagu. Melodi adalah urutan nada do, re, mi, fa, sol, la, dan si yang urutannya dimainkan sesuai irama dari lagu yang diiringi. Ada banyak contoh alat musik melodis yang terdapat dalam dunia seni musik. Sebagian merupakan alat musik tradisional, dan sebagian lain merupakan alat musik modern. Nah, berikut gambar dan penjelasan dari contoh-contoh alat musik melodis tersebut.

1. Alat Musik Angklung

Angklung merupakan alat musik melodis yang termasuk dalam kategori tradisional. Alat musik ini sangat terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Angklung adalah alat musik melodis yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Bentuk alat musik angklung menyerupai pipa yang terbuat dari bahan bambu.Angklung dibuat dengan ukuran yang berbeda. Nada tinggi dan rendah yang dihasilkan oleh angklung dipengaruhi oleh besar atau kecilnya ukuran dari angklung. Angklung dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkan angklung dengan kedua tangan. Satu tangan berfungsi untuk memegang angklung, satu tangan lainnya berfungsi untuk menggoyangkan angklung.

2. Alat Musik Bonang

Bonang adalah jenis alat musik pukul yang merupakan salah satu instrumen dalam seperangkat gamelan Jawa. Satu buah bonang menghasilkan satu nada tertentu, oleh karenanya, untuk menghasilkan alunan nada melodis, diperlukan seperangkat bonang yang dipukul secara bergantian oleh pemainnya.

3. Alat Musik Kecapi

Kecapi merupakan salah satu contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik. Satu senar menghasilkan satu nada tertentu saat dipetik oleh pemainnya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan alunan nada-nada melodis, alat musik yang diperkirakan berasal dari pengaruh budaya Tionghoa ini disusun dari banyak sekali senar dengan panjang dan ukuran yang berbeda-beda.

4. Alat Musik Seruling

Suling bambu adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang juga merupakan contoh alat musik melodis. Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini menghasilkan nada-nada melodis yang berbeda ketika lubang udara pada tangkainya ditutup dan dibuka.

5. Alat Musik Sasando

Masyarakat Rote di Nusa Tenggara Timur memiliki alat musik tradisional  yang bernama Sasando. Sasando adalah sebuah instrumen yang terbuat dari daun lontar dan tabung berongga di bagian tengahnya. Pada bagian luar tabung terdapat susunan senar-senar dengan ukuran berbeda yang menghasilkan nada-nada melodis saat dipetik. Oleh karenanya, alat musik tradisional NTT ini juga termasuk contoh alat musik melodis.

6. Alat Musik Mandolin

Mandolin adalah alat musik modern yang ditemukan seorang seniman berkebangsaan Italia bernama Mandore. Alat musik melodis ini memiliki 8 buah dawai yang menghasilkan nada-nada tertentu saat dipetik. Di Indonesia, instrumen ini cukup populer digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah khas Melayu.
Contoh Alat Musik Melodis

 

7. Alat Musik Gitar

Gitar merupakan alat musik melodis modern yang sangat terkenal dan sering sekali digunakan saat ini. Cara memainkan alat musik ini pun sama dengan memainkan sasando dan kecapi yaitu dengan cara dipetik. Gitar terdiri dari tiga bagian yaitu badan gitar, stang gitar, dan senar.

Jenis gitar terdiri dari dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik merupakan jenis gitar yang sering digunakan dan telah digunakan selama ribuan tahun. Sedangkan, gitar elektrik mulai dikenalkan mulai tahun 1930an dan digunakan sebagai instrumen utama dalam genre musik seperti rock, pop, jazz, reggae, metal, dan blues.. Saat ini, secara umum gitar ada 2 jenis, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik.

8. Alat Musik Pianika

Pianika adalah alat musik tiup dan tekan yang juga termasuk contoh alat musik melodis. Alat musik ini mirip dengan piano hanya saja berukuran lebih kecil dan dimainkan dengan cara meniup pipa lentur yang menghubungkan alat dengan mulut. Pianika menggunakan bilah keyboard yang memiliki luas tiga oktaf. Umumnya, alat musik melodis ini digunakan sebagai alat pendidikan di sekolah.

Cara memainkan pianika adalah dengan memegang pianika menggunakan tangan kiri dan memainkan melodi lagu menggunakan tangan kanan, serta meniup pipa lentur menggunakan mulut. Pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, dan jika memungkinkan dapat digunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

9. Alat Musik Akordeon

Akordeon adalah contoh alat musik melodis yang sering dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu melayu di Nusantara. Menurut sejarahnya, alat musik ini ditemukan oleh seniman berkebangsaan Jerman, yakni Christian Fried di tahun 1822. Sejak saat itu, akordeon terus diperkenalkan hingga populer sebagai alat musik khas Melayu. Saat ini, kita dapat menemukan akordeon dalam 4 bentuk, yaitu akordeon diantonis, akordeon berwarna, akordeon concertinas, dan akordeon piano.

10. Alat Musik Piano

Piano adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditekan. Tuts-tuts pada piano menghasilkan nada-nada melodis yang indah untuk mengiringi alunan sebuah lagu. Berdasarkan sejarah, alat musik ini diciptakan oleh seniman berkebangsaan Italia bernama Bartolomeo Cristofori di tahun 1720.
Contoh Alat Musik Melodis

11. Alat Musik Biola

Contoh alat musik melodis selanjutnya adalah biola. Instrumen yang dimainkan dengan cara digesek ini menghasilkan nada-nada tertentu ketika dawainya bergetar. Berdasarkan sejarahnya, biola berasal dari budaya Bangsa Spanyol dan Mauris abad ke 8 M. Hingga kini, alat musik ini telah mengalami banyak pembaruan sehingga kita dapat menemukan beragam jenis biola berdasarkan ukuran dan nada yang dihasilkan seperti biola kecil, biola sedang, biola besar, dan biola bass.

12. Alat Musik Harmonika

Dan yang terakhir adalah harmonika. Alat musik yang diperkirakan berasal dari budaya Tionghoa ini menghasilkan nada-nada melodis ketika ditiup atau dihisap. Lubang-lubang harmonika memiliki plat dengan panjang yang berbeda sehingga menghasilkan nada-nada yang berbeda pula ketika bergetar karena tiupan.
Searches related to Contoh Alat Musik Melodis

  • 20 contoh alat musik melodis
  • alat musik melodis dan ritmis
  • gambar alat musik harmonis
  • contoh alat musik harmonis
  • contoh alat musik ritmis melodis dan harmonis beserta gambarnya
  • contoh alat musik melodis ritmis dan harmonis
  • pengertian alat musik ritmis dan melodis
  • gambar alat musik ritmis

Post a comment for "Lengkap 12 Contoh Alat Musik Melodis, Beserta Gambarnya"

Loading...
loading...