Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap Tari Payung dari Sumatera Barat Beserta Penjelasannya

Tari payung adalah tarian yang melambangkan kasih sayang.Tarian ini dilakukan dengan menggunakan payung sebagai instrument pelengkap.Tarian yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat ini biasanya dilakukan oleh 3-4 orang penari yang dilakukan secara berpasangan antara pria dan wanita.Tarian ini mencerminkan pergaulan muda-mudi, sehingga penggunaan payung ini betujuan untuk melindungi mereka dari hal-hal negatif.Tarian ini biasa dibawakan pada saat pembukaan suatu acara pesta,pameran atau bentuk kegiatan lainnya.

Makna Properti

Randai Padang Panjang
Makna dari tari ini adalah wujud perlindungan dan kasih sayang seorang kekasih kepada pasangannya atau suami kepada istrinya dalam membina kehidupan rumah tangga agar selalu bahagia dan sentosa. Bentuk perlindungan ini tidak diartikan melalui gerakan para penari pria dan wanita, karena gerakan ini telah dimodifikasi sesuai dengan perkembangan zaman.Tapi, makna tarian ini dilambangkan dengan properti yang digunakan berupa payung untuk pria dan selendang untuk wanita.Payung dilambangkan sebagai bentuk perlindungan pria sebagai pilar utama dalam keluarga.Si penari pria akan melindungi kepala penari wanita.Sedangkan, selendang khas Padang dilambangkan sebagai ikatan cinta suci yang kuat dan penuh akan kesetiaan dari seorang wanita serta kesiapannya dalam membangun rumah tangga

Lagu Pengiring

Lagu pengiring tari payung berjudul Babendi-bendi ke Sungai Tanang. Dikisahkan bahwa makna dalam lagu ini menceritakan tentang sepasang suami-istri yang sedang berbulan madu di Sungai Tanang.Berikut ini adalah lirik lagu pengiring tari payung: Babendi-bendi Babendi..bendi Ka sungai tanang Aduhai sayang (2x) Singgahlah mamatiak..singgahlah mamatiak Bunga lembayung (2x) Hati siapo..indak ka sanang aduhai sayang..(2x) Mailek rang mudo..mailek rang mudo manari payung..(2x) Hati siapo..hati siapo..indak ka sanang aduhai sayang..(2x) Mailek si nona..mailek si nona manari payung..(2x)
Berbendi-bendi Berbendi-bendi Ke sungai tenang..aduhai sayang (2x) Singgahlah memetik..singgahlah memetik bunga lembayung Hati siapa..hati siapa tidaklah senang aduhai sayang (2x) Melihat orang muda..melihat orang muda menari payung.. Hati siapa tidaklah senang aduhai sayang (2x) Melihat si nona..melihat si nona..menari payung(2x)

Asal Mula Tari Payung
Sejarah tari payung tidak dapat terlepas dari kebudayaan suku Minangkabau. Beberapa suku yang ada di daerah ini adalah suku koto, bodi, piliang, dan caniago. Dulunya tari payung ini merupakan sebuah ritual yang sering dilakukan di setiap acara adat suku-suku tersebut.
Jika dilihat dari gerakan tariannya, maka ini diperuntukkan untuk muda-mudi suku Minangkabau. Tarian ini bersifat menghibur. Selain itu, tari payung juga seperti menjelaskan bagaimana seharusnya perilaku pasangan dalam menjalin hubungan kasih sayang, yaitu yang sesuai dengan norma agama dan norma adat.

Baca Juga:

Sejarah, Filosofi Gerakan Serta Musik Tari Payuang


Makna Payung dan Selendang
Dua perlengkapan utama dalam tarian ini adalah payung dan selendang. Payung yang digunakan menggambarkan sikap seorang pria lajang melindungi seorang gadis. Sementara makna selendang yang diikatkan penari gadis ke leher pria pasangannya adalah merupakan lambang penerimaan cinta dan janji suci dalam kesetiaan.

Pertunjukan Tari Payung
Pertunjukan tari payung biasanya dibawakan secara berpasangan oleh 3 sampai 4 pasang muda-mudi. Masing-masing pasangan melakukan gerak tari yang merupakan drama kisah cinta mereka hingga menuju ke pelaminan.
Musik yang berperan penting dalam mengiringi tari payung adalah hasil dari permainan alat musik tradisional dan syair khusus. Sedangkan alat musiknya berupa rebana, gendang, akordeon, dan gamelan khas Melayu. Syair khusus yang dinyanyikan adalah syair berjudul “Babendi-bendi ke Sungai Tanang”.

Baca Juga:

7 Tarian Tradisional Minang Terpopuler Beserta Penjelasannya dan Gambar


Tidak ada aturan khusus dalam penataan panggung tari payung. Tarian ini dapat dipentaskan di mana saja, asalkan tempatnya luas. Semua penari yang tampil mengatur jarak satu sama lain agar tidak bertubrukan pada saat menari.

Searches related to Tari Payung Asal Sumatera Barat
  • gerakan tari payung
  • kostum tari payung
  • fungsi tari payung
  • makna tari payung
  • makalah tari payung
  • tari payung diciptakan oleh
  • download tari payung
  • langkah langkah gerakan tari payung

Post a comment for "Lengkap Tari Payung dari Sumatera Barat Beserta Penjelasannya"

Loading...
loading...