Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Ayam Bakar Madu Bumbu Spesial Kecap Saus

Kumpulan Resep Makanan - Selain madu dan kecap yang digunakan, dalam resep ayam bakar madu kecap yang akan kita buat nanti juga akan menggunakan berbagai macam bahan rempah asli Indonesia. Selain membantu menghilangkan bau khas ayam yang biasanya timbul, bumbu rempah madu nya juga membuat resep masakan ini rasanya lebih komplit dan beda dengan yang lainnya. Untuk membuat dagingnya nanti empuk, kita akan merebusnya dahulu bersama dengan bumbu ayam bakar yang lainnya. Selain membuat dagingnya lebih empuk, bumbu yang kita pakai juga akan lebih terasa sampai di dalam dagingnya. Teman teman bisa merebus atau mengungkep ayamnya dengan panci biasa atau lebih baik menggunakan panci presto tekanan tinggi supaya waktu memasak yang diperlukan lebih cepat.
Resep ayam bakar madu yang kita berikan dibawah ini mempunyai citarasa yang manis alami dan gurih. Kalau memang suka pedas, kecap manis yang digunakan bisa diganti dengan kecap manis pedas atau menambahkan lada dan buah cabai saat menguleg bumbunya. Untuk ayamnya sendiri, teman teman bisa menggunakan ayam potong yang bisa kita beli di pasar. Untuk hasil yang lebih enak, gurih dan lezat, sebaiknya menggunakan daging ayam kampung segar. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu ayam madu apa saja yang digunakan beserta tips memasaknya dibawah ini.

 

Bahan bahan Untuk Membuat Ayam Bakar Madu Kecap Spesial Pedas

Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam segar ukuran sedang (kurang lebih seberat 0.8 kg) yang sudah dipotong potong sesuai selera. Bisa menggunakan ayam potong tapi disarankan untuk menggunakan ayam kampung supaya lebih gurih dan enak. Cuci bersih dengan air mengalir lalu tiriskan.
Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera. Bisa diganti dengan kecap pedas kalau ingin membuat ayam madu pedas.
Madu kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sendok makan saja. 4 sendok madu untuk merebus ayamnya dan 2 sendok untuk membuat saus madunya.
Lengkuas yang sudah dimemarkan sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa saja.
Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
Daun jeruk supaya aromanya lebih harum kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
Batang serai yang sudah dimemarkan dan diambil bagian batang putihnya saja sebanyak 2 pcs saja.
Margarin secukupnya untuk mengoles ayamnya nanti.
Air jeruk manis kurang lebih 1 sendok makan untuk membuat saus madunya.
Air bersih secukupnya untuk merebus ayam sampai empuk.

 

Bahan Bumbu Ayam Bakar Madu Supaya Enak dan Lezat

Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs, saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung saja. Sama, kupas lalu potong potong supaya mudah dihaluskan.
Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
Lada bubuk atau lada butir secukupnya sesuai selera (sekitar 0.5 sendok kecil saja).
Jahe kurang lebih sebanyak 0.5 ruas jari saja.
Ketumbar supaya rasanya lebih gurih kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
Kunyit kurang lebih sebanyak 1 ruas jari saja.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3/4 sendok kecil saja.

 

Cara Memasak dan Panggang Ayam Bakar Dengan Saus Madu dan Kecap

Langkah pertama adalah menghaluskan bumbu ayam bakar diatas sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara manual atau diuleg bumbu ayam madunya supaya aroma dan rasanya nanti lebih enak dan harum.
Lumuri bumbu yang sudah dihaluskan keatas daging ayam yang sudah dipotong potong sampai rata.
Siapkan panci untuk merebus dan beri air secukupnya. Bisa memakai panci biasa tetapi disarankan untuk memakai panci tekanan tinggi atau presto supaya cepat proses memasaknya.
Masukkan ayam yang sudah dilumuri dengan bumbu diatas bersama dengan sisa bahan lain, seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas dan batang serai lalu aduk aduk supaya tercampur rata dengan air lalu masak sampai matang dan empuk.
Buang sisa air rebusan yang tersisa.
Kemudian masukkan kecap kental manis dan 4 sendok madunya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan diamkan sebentar.
Siapkan saus madunya dengan cara mencampurkan 2 sendok madu bersama sedikit margarin yang sudah dilelehkan, air jeruk manis dan sedikit kecap. Aduk aduk semua sampai tercampur rata.
Siapkan bakaran atau bisa juga dipanggang menggunakan wajan teflon serbaguna. Jangan lupa olesi dahulu dengan sedikit margarin supaya nanti tidak lengket ke grill atau teflonnya.
Olesi daging ayam yang sudah empuk diatas dengan saus madunya lalu bakar atau panggang sampai matang dan didapat hasil yang diinginkan.
Jangan lupa selama proses pembakaran sesekali diolesi lagi dengan saus madunya supaya lebih meresap lalu angkat dan sajikan.

Post a Comment