Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Ayam Suwir Pedas Bali Bumbu Rica Rica

Kumpulan Resep Makanan - Tidak seperti resep suwir ayam bumbu kecap  yang menggunakan bumbu sangat sederhana, resep suwir ayam pedas bali dengan bumbu rica rica pedas ini menggunakan bumbu suwir ayam yang lebih banyak dan komplet. Selain cabai untuk memberikan citarasa pedasnya, kita juga menggunakan lengkuas, batang serai, gula merah dan asam jawa supaya lebih beraneka rasa dan legit sampai ke suwiran dagingnya. Selain rasanya, keunikan resep masakan ini juga terletak pada bentuknya yang panjang seperti mie. Jadi, bentuk suwiranya yang kita buat juga menjadi salah satu daya tarik sendiri.
Sesuai namanya, buah cabai yang kita gunakan untuk membuat resep ayam suwir bali ini menggunakan buah cabai untuk memberikan rasa pedasnya. Kalau teman teman benar benar suka pedas, jumlah cabai yang digunakan bisa ditambah sesuai selera. Begitu juga sebaliknya, bisa dikurangi supaya citarasanya tidak terlalu pedas atau malah ditambah supaya lebih meledak. Yang paling penting, tips supaya daging ayamnya nanti lebih gurih adalah menambahkan daun salam saat daging ayamnya nanti direbus. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan bahan lengkap beserta cara membuatnya dibawah ini.

 

Bahan bahan Resep Ayam Suwir Pedas Bumbu Bali

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam segar kurang lebih sebanyak 900 gram. Potong menjadi beberapa bagian supaya mudah lunak dan gampang saat akan disuwir nantinya. Bisa juga menggunakan daging ayam tanpa tulang kurang lebih sebanyak 650 gram – 750 gram saja.
  2. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Memarkan sebelum ditumis bersama bumbu lain.
  3. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar. 2 lembar untuk campuran saat merebus ayam dan sisanya untuk memasak bumbunya.
  4. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 3-4 buah. Cuci bersih, buang bijingya lalu iris iris tipis.
  5. Gula merah yang sudah disisir samping secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  6. Air asam jawa kurang lebih sebanyak  1 sendok makan supaya aroma dan rasanya lebih legit.
  7. Batang serai yang sudah dimemarkan, ambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja. Satu sendok untuk merebus dagingnya dan sisanya untuk memasak.
  9. Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil. Bisa ditambahkan atau dikurang sesuai selera.
  10. Kecap manis kental sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan.
  11. Air bersih kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  12. Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.

 

Bahan Bumbu Ayam Suwir Bali Pedas Enak

  1. Buah cabai merah keriting sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2-4 buah. Cuci bersih lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2 sampai 3 buah. Cuci bersih cabainya lalu potong potong menjadi beberapa bagian.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  4. Buah tomat ukuran sedang sebanyak 1 buah saja. Cuci bersih tomatnya lalu potong menjadi beberapa bagian.
  5. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 siung. Kupas kulit bawangnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan.
  6. Terasi yang sudah digoreng sebelumnya kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.

 

Cara Membuat Ayam Suwir Pedas Dengan Bumbu Bali Rica Rica

  1. Langkah pertama lumuri daging ayamnya dengan air asam jawa dan satu sendok garam dapur supaya lebih gurih lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit-30 menit supaya bau amisnya hilang dan dagingnya nanti lebih enak dan gurih.
  2. Ambil panci berisi air dan rebus daging ayam yang akan digunakan sampai empuk. Saat direbus tambahkan 2 lembar daun salam supaya dagingnya nanti terasa lebih gurih. Angkat, tiriskan kemudian suwir suwir kecil sesuai selera.
  3. Sambil menunggu ayamnya empuk kita siapkan bumbu ayam suwirnya.
  4. Haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit dan beri terasi gorengnya sampai benar benar halus.
  5. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak goreng kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  6. Masukkan bumbu halus diatas dan aduk aduk sebentar supaya tercampur rata.
  7. Tambahkan daun salam, cabai merah, serai yang sudah dimemarkan dan lengkuasnya lalu aduk aduk kembali supaya tercampur rata sampai tercium bau harum khas tumisan bumbu.
  8. Masukkan daging ayam yang sudah direbus dan disuwir suwir sebelumnya ke dalam wajan penggorengan diatas lalu aduk aduk kembali sampai ayam tercampur dengan bumbunya.
  9. Masukkan garam dapur, gula merah, merica halus dan kecap manisnya lalu aduk aduk kembali sampai tercampur rata.
  10. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya tercampur rata dengan bahan lainnya.
  11. Masak sambil sesekali diaduk aduk sampai bumbu meresap dan mengental. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur atau kecap kalau diperlukan kemudian angkat dan siap disajikan.

Post a Comment