Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bika Ambon Pandan Khas Medan

Kumpulan Resep Makanan - Selain bahan bahan untuk membuat resep kue bika ambon pandan yang harus dipilih yang berkualitas bagus, cara membuat bika ambon dengan rasa pandan khas Medan ini juga menjadi faltor penting. Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah mencoba membuat kue ini dengan resep dan bahan yang sama tetapi gagal dan bantet. Yang paling sering terjadi adalah serat atau sarang di dalam kuenya tidak muncul sempurna sehingga bantet. Hal ini memang menjadi salah satu masalah terbesar. Untuk itu dibawah ini akan kita berikan tips untuk membuat bika ambon pandan yang enak dan lezat.

Untuk bahan yang digunakan, yang harus diperhatikan adalah santannya. Jangan pernah gunakan santan instan karena biasanya sudah dicampur dengan bahan tambahan supaya kental dan tahan lama. Gunakan santan asli dari perasan buah kelapa untuk membuat resep bika ambon pandan medan ini. Sebaiknya sih kita menggunakan oven khusus yang dibuat untuk resep bika ambon pandan ini yang dibagian atasnya ada lubang khusus untuk membuang panasnya. Tetapi kita juga bisa menggunakan oven biasa kok. Cukup buka ovenya sedikit sampai keluar sarangnya baru kemudian ditutup atau bisa juga dibiarkan saja sampai matang. Satu lagi yang penting, sebaiknya menggunakan api bawah saat membuat kue ini sampai sarangnya terbentuk Setelah itu bisa kembali seperti biasa. Kalau langsung, biasanya kue akan matang sebelum serat sarang tawonnya terbentuk.

 

Bahan Bahan Untuk Membuat Resep Bika Ambon Pandan Khas Medan

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Gunakan tepung yang mempunyai kandungan protein sedang dan ayak terlebih dahulu sampai halus sebelum digunakan (bahan biang).
  2. Ragi instan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sachet saja (bahan biang).
  3. Air bersih untuk campuran bahan biangnya kurang lebih sebanyak 125 ml saja. Disarankan menggunakan air kelapa supaya rasa dan aromanya lebih harum dan enak (bahan biang).
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs saja.
  5. Tepung ketan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 25 gram saja.
  6. Tepung sagu merek pak tani kurang lebih sebanyak 225 gram saja.
  7. Pewarna makanan pandan hijau secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3 tetes saja.
  8. Air daun suji pandan kurang lebih sebanyak 50 ml saja. Campuran ini dibuat dari 2 lembar daun pandan segar dan daun suji kurang lebih sebanyak 20 pcs saja.
  9. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 13-15 lembar. Cuci bersih lalu sobek sobek supaya aroma segar khas jeruknya nya keluar. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  10. Santan segar yang diambil dari perasan parutan 1 butir kelapa kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  11. Batang serai diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih lalu memarkan batangnya supaya aromanya keluar.
  12. Daun pandan segar kurang lebih sebanyak 2 lembar saja untuk memberikan aroma khas pandannya.
  13. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
  14. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.

 

Cara Membuat Kue Bika Ambon Pandan Yang Praktis

  1. Langkah pertama adalah membuat adonan biangnya.
  2. Siapkan satu wadah dan masukkan air bersih, tepung terigu dan ragi instannya kemudian aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata kemudian biarkan selama kurang lebih 1/4 jam.
  3. Langkah kedua ambil satu panci kemudian tuang santan bersama daun jeruk yang sudah disobek, garam dapur, batang serai, air daun suji, daun pandan dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai mendidih supaya semua bahan tercampur rata dan santannya tidak pecah.
  4. Saring rebusan santan diatas dan sisihkan kurang lebih sebanyak 450 ml saja.
  5. Ambil adonan biangnya dan kemudian tambahkan tepung sagi dan 25 gram tepung ketannya kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata. Sebaiknya diaduk menggunakan mixer yang spiral supaya tercampur sempurna.
  6. Pecahkan telur dan masukkan satu per satu ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk supaya tercampur sempurna.
  7. Masukkan adonan santan di langkah kedua sedikit demi sedikit ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk menggunakan mixer sampai tercampur sempurna kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya mengembang sempurna.
  8. Panaskan cetakan yang akan digunakan sampai panas. Tidak perlu dialasi kertas roti karena nanti akan membuat kuenya tidak bersarang.
  9. Tuang adonan bika ambonnya ke dalam cetakan panasnya tetapi jangan sampai terlalu penuh (cukup sekitar 3/4 tingginya). Ingat, adonan yang sudah didiamkan jangan diaduk lagi.
  10. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas dan tunggu sampai keluar sarangnya. Disini teman teman juga bisa menambahkan hiasan toping seperti parutan keju, kenari, kacang almond dan lainnya.
  11. Setelah itu pintu oven bisa ditutup dan menggunakan api bawah dan masak sampai benar benar matang dan bagian atasnya berwarna kuning kecoklatan.

Post a Comment