Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Tahu Bulat Kopong Crispy

Kumpulan Resep Makanan - Pasti pernah mendengan lagu atau lirik tahu bulat digoreng dadakan maknyos. Memang supaya rasanya crispy dan renyah, adonan tahu yang sudah dibentuk dan sudah didinginkan hanya digoreng saat akan dimakan saja. Apalagi menggorengnya dengan minyak yang banyak di wajan besar sehingga tahunya bisa terendam semua. Karena karateristik tahu bulat yang bagus itu kopong atau berongga di bagian dalam, maka apinya jangan menggunakan api besar ya. Cukup api kecil saja. Soalnya kalau apinya besar nanti resep tahu bulat yang kita buat nanti bisa gosong. Padahal pori pori didalamnya juga belum mengembang sempurna. Untuk tips dan rahasia cara membuat tahu bulat kopong dan mengembang sempurna bisa dilihat dibawah ini.

Tips cara membuat tahu bulat agar mengembang dan crispy

  • Gunakan tahu putih yang kualitasnya bagus sekali. Jangan menggunakan tahu kuning ya. Tahu putih ini biasanya teksturnya lebih lembut sehingga pas sekali untuk dibuat menjadi tahu bulat digoreng dadakan.
  • Kurangi kandungan air tahu dengan cara diperas airnya sehingga pori-pori nya bisa mengembang dan kosong atau kopong di bagian dalam. Cara memerasnya bisa menggunakan serbet biasa saja. Peras airnya sampai kering setelah tahu dihaluskan.
  • Supaya bisa mengembang sempurna, sebaiknya menggunakan baking powder seperti yang dipakai untuk membuat resep kue bolu. Bisa juga yang double action, cuma ukuran harus disesuaikan.
  • Adonan yang sudah dicampur dengan bumbu tahu bulat harus di dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan wajan penggorengan. Bisa dimasukkan kedalam lemari pendingin, kulkas ataupun cooler box (seperti penjual keliling). Tetapi jangan dimasukkan ke lemari pembeku atau freezer ya.
  • Tambahkan kaldu bubuk ayam atau daging supaya rasanya lebih gurih dan enak. Sebaiknya kita pakai yang kaldu non MSG ya supaya lebih menyehatkan.
  • Wajan penggorengan yang digunakan sebaiknya besar atau cukup untuk menggoreng banyak tahu sekaligus.
  • Minyak untuk menggoreng adonan tahu nya sebaiknya minyak baru dan api nya kecil saja ya.
Seperti resep masakan yang dibuat dari adonan dan digoreng lainnya, sebaiknya kita membuat resep tahu bulat ini sekali masak. Artinya adonan yang sudah dibentuk dan didinginkan langsung digoreng. Kalau disimpan lagi biasanya nanti kurang renyah dan tidak bisa mengembang sempurna lagi. Biasanya cenderung bantat dan tidak kopong di tengahnya. Sebagai bahan tambahan, kita bisa juga bisa membuat tahu bulat isi sosis, isi mie, telur puyuh, bakso dan lainnya. Untuk bahan yang dibutuhkan ada dibawah ya.

Bahan
Bahan utama adalah tahu putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 700 gram saja.
Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs. Bisa juga menggunakan bawang putih halus atau bubuk supaya lebih praktis.
Baking powder kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil. Kalau menggunakan baking powder double action harap dikurangi ya.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
Telur ayam diambil bagian kuningnya saja kurang lebih sebanyak 3 butir.
Kaldu bubuk ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Sebaiknya menggunakan yang non MSG supaya lebih sehat.
Merica halus atau bubuk kalau suka.

Bahan tambahan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.
  • Buah cabai rawit secukupnya.
  • Saus sambal atau sambal petis untuk colekan tahunya.
  • Kain untuk memeras tahu putihnya.
cara membuat tahu bulat kopong
cara membuat tahu bulat mengembang
Cara membuat tahu bulat
  1. Pertama cuci bersih tahu putih yang akan diperas dengan air mengalir.
  2. Hancurkan atau aluskan tahu putih diatas sampai benar-benar halus. Bisa pakai ulegan, sendok atapun cukup tangan asal benar benar halus.
  3. Ambil satu lembar kain atau serbet kemudian peras tahu halus tadi sampai keluar airnya dan tidak ada lagi air yang keluar.
  4. Masukkan kedalam wadah cukup besar kemudian sisihkan.
  5. Uleg dan haluskan bawang putih bersama dengan merica, garam dapur beryodium sampai tercampur rata.
  6. Masukkan bumbu tahu bulat diatas kedalam wadah bersama dengan telur ayam, baking powder dan kaldu bubuknya.
  7. Campur dan aduk-aduk semua bahan tadi sampai benar benar tercampur rata semua bagian.
  8. Tes rasa dan tambahkan kaldu bubuk, merica atau garam dapur kalau diperlukan.
  9. Setelah tercampur rata, ambil secukupnya kemudian bulatkan seperti bola kemudian sisihkan.
  10. Tangan bisa diolesi sedikit minyak atau bisa juga membentuk bulatannya menggunakan plastik.
  11. Masukkan adonan tahu bulat berbentuk bola tadi kedalam kulkas atau lemari pendingin. Tunggu sampai benar benar dingin supaya lebih crispy dan mengembang kurang lebih 3 jam sampai 4 jam.
  12. Cara membuat tahu bulat berikutnya adalah proses menggoreng.
  13. Siapkan wajan dengan diameter yang cukup besar ya. Masukkan minyak goreng baru yang banyak dan panaskan hingga minyak benar benar panas.
  14. Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan api dan masukkan adonan resep tahu bulat yang kita buat tadi.
  15. Aduk aduk tahu di wajan sampai matang semua bagian atau kurang lebih selama 11 menit sampai 17 menit saja atau sesuai jumlah yang dogoreng. Ciri tahu bulat kopong mengembang dan matang kalau sudah melayang atau mengambang di atas minyak wajan.
  16. Setelah matang, angkat dan letakkan di saringan supaya kelebihan minyaknya habis.

Post a Comment