Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Meemasak dan Resep Semur Daging Betawi

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep masakan Indonesia yang lain, semur daging resepi kali ini juga menggunakan bahan dan bumbu rempah rempah yang biasanya memang menjadi ciri khas resep masakan tradisional dari negara kita. Walaupun jumlah dan komposisinya sedikit tetapi bahan bahan tersebutlah yang memberikan citarasa yang khas yang membedakan resep semur daging betawi dengan resep masakan daging yang lain. Yang perlu diperhatikan sebelum digunakan daging sebaiknya direbus sebentar untuk menghilangkan kotoran kotoran yang menempel. Pada umumnya daging sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu tetapi biasanya proses pencucian ini akan mempengaruhi tekstur dagingnya sendiri. Jadi proses perebusan ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran atau darah yang mungkin masih menempel. Air rebusan itu bisa digunakan lagi untuk campuran masakan semurnya sendiri dengan catatan kotoran kotoran yang ada di airnya sudah dibuang terlebih dahulu (bisa disaring atau sekedar diambil kotorannya yang biasanya mengambang). Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu dan cara membuat semur daging betawi spesial di bawah ini.

Bahan bahan dan Bumbu Resep Semur Daging Betawi Sapi Enak

  1. Seperti namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi kualitas bagus kurang lebih sebanyak 600 gram. Gunakan daging sapi yang kandungan lemaknya sedikit atau lebih baik memakai has dalam yang banyak dagingnya.
  2. Kayu manis untuk memberikan aroma khas sebanyak kurang lebih 3 cm saja.
  3. Kecap manis yang kental dan kualitasnya bagus kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  4. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja supaya aromanya lebih harum.
  5. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung. Kupas kulit bawang merahnya lalu iris tipis tipis.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya dan memarkan kemudian cincang halus supaya lebih meresap dan keluar aromanya di bumbu semur daging.
  7. Bawang bombay ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris bawang bombay nya tipis tipis.
  8. Air bersih kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja untuk mengempukan dagingnya. Bisa menggunakan air rebusan supaya lebih enak.
  9. Cengkeh kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  10. Serai yang diambil batang bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs lalu memarkan supaya mudah meresap ke bumbu lainnya.
  11. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja (untuk bumbu halus).
  12. Jinten yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja (untuk bumbu halus).
  13. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (untuk bumbu halus).
  14. Biji pala sebagai pelengkap kurang lebih sebanyak setengah bagian saja. Bisa dihilangkan kalau susah mencarinya (untuk bumbu halus).
  15. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja (untuk bumbu halus).
  16. Merica yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja (untuk bumbu halus).
  17. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya saja sesuai selera (untuk bumbu halus).
  18. Bawang goreng secukupnya untuk bahan taburan diatas semur daging sapinya.

Cara Membuat Semur Daging Betawi Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama adalah membuat bumbu halusnya. Haluskan merica, ketumbar, jinten, biji pala, lengkuas, jahe dan beri garam secukupnya. Sebaiknya dihaluskan dengan tangan atau di uleg supaya lebih enak.
  2. Ambil daging yang sudah dibersihkan lalu lumuri bagian dagingnya dengan bumbu halus diatas sambil sedikit diremas remas sampai merata. Balik bagian sisi yang lain supaya semua bagian daging tertutupi dengan bumbu lalu diamkan selama kurang lebih satu jam supaya bumbu meresap sampai ke dalam dagingnya.
  3. Masukkan sisa bahan yang sudah dipersiapkan seperti kayu manis, serai, bawang bombay, bawang putih, daun salam, bawang merah dan kecapnya lalu bolak balik dan aduk sampai rata.
  4. Diamkan selama kurang lebih 1/2 jam supaya lebih meresap.
  5. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu masukkan semua bahan dan daging diatas kedalamnya.
  6. Aduk aduk sebentar lalu tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Masak sambil sesekali di aduk aduk sampai daging benar benar matang dan bumbunya meresap.
  7. Kalau daging belum empuk tetapi airnya sudah hampir habis, bisa ditambahkan sedikit sampai dirasa daging semur betawinya sudah benar benar matang dan empuk.

Post a Comment