Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Resep Ayam Asam Pedas

Kumpulan Resep Makanan - Tidak hanya rasanya yang menggoda selera, resepi ayam pedas kali ini juga banyak mengandung zat zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti protein hewani, vitamin dan mineral. Apalagi buat teman teman yang lagi kena flu, resep ayam asam pedas ini sangat cocok sekali dinikmati bersama segelas teh hangat. Seperti juga resep masakan yang menggunakan bahan ayam yang lain, pemilihan daging ayam yang akan digunakan menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Gunakan ayam segar yang baru dipotong supaya kaldu dan kuahnya nanti terasa gurih. Sesuai namanya, resep asam pedas kali ini rasanya cukup menggetarkan mulut dan tenggorokan kita. Untuk yang tidak terlalu suka pedas, penggunaan buah cabainya bisa dikurang sesuai selera. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep asam pedas di bawah ini.

Bahan bahan Resep Ayam Asam Pedas Kuah Enak

  1. Seperti namanya, resep kali ini menggunakan bahan ayam ukuran sedang sebanyak 1 ekor. Sebaiknya menggunakan ayam kampung, tetapi ayam potong juga bisa digunakan. Gunakan ayam yang masih segar dan potong menjadi 6-8 bagian tergantung selera.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 siung. Sebaiknya menggunakan bawang merah lokal supaya hasilnya lebih harum. Kupas kulitnya lalu potong iris iris kasar untuk ditumis.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya lalu potong dan iris tipis tipis untuk bumbu asam pedasnya.
  4. Asam jawa kurang lebih sebanyak 50 gram. Bulatkan asamnya supaya mudah dan rapi saat dimasak nantinya
    lalu bakar sebentar di atas api hingga agak kering.
  5. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  6. Buah cabai rawit merah kurang lebih sebanyak 10 pcs. Bia dikurangi atau ditambah sesuai selera.
  7. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2-3 buah. Cuci bersih lalu potong menyamping dan buang isinya. Potong iris iris tipis tipis.
  8. Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Daun salam kurang lebih sebnayak 1 lembar daun saja.
  10. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  11. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  12. Lada bubuk atau lada halus secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
    Air bersih kurang lebih sebanyak 3/4 liter saja.

Cara Membuat Ayam Asam Pedas Enak Mudah

  1. Langkah pertama adalah cuci bersih ayam, cabai dan semua bahan yang akan digunakan sampai bersih lalu tiriskan.
  2. Siapkan penggorengan dan beri minyak sayur atau minya goreng secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok makan) untuk menumis bumbunya.
  3. Masukkan potongan bawang merah dan potongan bawang putih lalu tumis dan aduk aduk sebentar sampai agak layu dan tercium bau harumnya.
  4. Masukkan cabai merah rawit dan cabai besarnya lalu aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata sampai agak layu cabainya.
  5. Masukkan lengkuas dan daun salamnya ke dalam penggorengan lalu aduk aduk kembali sampai agak layu dan tercium bau harum.
  6. Masukkan 750 ml air ke dalam penggorengan diatas lalu tunggu ampai airnya mendidih.
  7. Setelah air mendidih, masukkan asam jawa yang sudah dibakar sebelumnya, kecap manis, merica bubuk dan garam lalu aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  8. Masukkan potongan daging ayamnya lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan dan bumbu tercampur sempurna dengan airnya.
  9. Agak kecilkan apinya lalu sesekali aduk aduk dan masak sampai daging ayamnya benar benar lunak dan kuahnya tinggal sedikit. Angkat dan ayam asam pedas siap disajikan.

Post a comment for "Cara Membuat Resep Ayam Asam Pedas "

Loading...
loading...