Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar

Kumpulan Resep Makanan - Cara membuat Resep Bolu Kukus Mekar Pelangi ini memang bisa dibilang gampang gampang susah. Gampang buat yang sudah biasa membuatnya, tetapi mungkin juga sulit buat yang belum pernah membuatnya. Sebenarnya proses pembuatan Kue Bolu Kukus tradisional ini cukup mudah asal mengikuti langkah langkah dan tips yang kita berikan dibawah. Selain itu bahan bahan yang digunakannya pun sangat sedikit dan mudah juga didapat di sekitar kita. Kita juga bisa dengan mudah berkreasi dengan warna apa saja yang nanti akan kita gunakan, salakan kita menggunakan pewarna makanan yang aman dan sehat. Tidak harus dua warna hijau dan merah, tetapi bisa juga menggunakan warna coklat, kuning, pink atau lainnya. Walaupun resep asli bulu kukus mekar yang kita berikan menggunakan vanili bubuk untuk rasa dasarnya, kita juga bisa menggantinya dengan rasa lain sesuai selera.

Bahan bahan Resep Bolu Kukus Mekar Lembut

  1. Seperti resep kue lainnya, kue bolu juga memerlukan tepung terigu yang mempunyai kandungan protein rendah sebanyak 275 gram saja. Gunakan tepung yang kualitasnya bagus dan bersih dari kotoran kotoran. Sebaiknya tepung di ayak terlebih dahulu supaya benar benar halus dan tidak ada gumpalan gumpalan adonan di kue saat sudah jadi nantinya.
  2. Emulsifer untuk membantu melembutkan tekstur kuenya kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja. Teman teman bisa menggunakan merek TBM, SP atau yang lainnya.
  3. Gula pasir yang bersih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Bisa ditambahkan sedikit apabila suka manis.
  4. Minuman yang mempunyai kandungan soda kurang lebih sebanyak 225 ml untuk membantu mengembangkan kuenya. Sebaiknya menggunakan air soda yang rasanya tawar yang seperti digunakan untuk membuat soda gembira.
  5. Baking powder kualitas bagus kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  6. Telur ayam ukuran sedang besar yang masih segar sebanyak satu butir saja.
  7. Esens vanili atau vanili bubuk kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  8. 2 macam pewarna makanan yang aman kurang lebih sebanyak 2 tetes saja untuk masing masing warna. Untuk warnanya tergantung selera, yang penting aman buat makanan.
  9. Kertas roti buat alas cetakannya.

Tips dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar Yang Enak

  1. Langkah pertama adalah campurkan tepung terigu berprotein sedangnya dengan vanili bubuk dan baking powdernya.
  2. Aduk aduk ketiga bahan tersebut menggunakan spatula atau alat lain sampai benar benar rata.
  3. Ambil satu wadah lagi dengan ukuran sedang. Masukkan telur ayam yang masih segar, cake emulsifer dan gula pasirnya lalu kocok dengan mixer dengan kecepatan agak tinggi hingga mengembang dan kelihatan kaku (kurang lebih selama 10 menit-12 menit saja) lalu kecilkan kecepatan mixernya.
  4. Masukkan air sodanya (jangan dibuka dahulu sebelum akan dimasukkan supaya kandungan sodanya tetap bagus) sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok sampai air sodanya habis dan adonan tercampur rata lalu matikan mixernya.
  5. Masukkan adonan tepung di wadah pertama sedikit demi sediki sambil diaduk aduk sampai tercampur rata.
  6. Ulangi sampai tepung habis dan pastikan semua sudah tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  7. Ambil 2 bagian adonan sedikit untuk dicampur dengan pewarna makanan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Aduk aduk sampai tercampur dan warnanya rata.
  8. Siapkan cetakan kue bolu kukus mekarnya dan alasi dengan kertas roti supaya tidak lengket. Sebaiknya memakai cetakan bolu mekar yang terbuat dari bahan aluminum supaya nanti matangnya merata dan tidak bantet.
  9. Tuang adonan yang berwarna putih/polos di bagian dasar dan bagian atas beri adonan yang berwarna supaya warnanya cantik sampai sejajar dengan bagian atas adonan. Ulangi sampai semua adonan habis.
  10. Siapkan panci kukusan dan tunggu sampai air di dalam panci mendidih. Masukkan cetakan kue ke dalam panci kukus lalu beri tutup kain dibagian atasnya supaya uap airnya tidak kembali ke kuenya.
  11. Masak sampai benar benar matang dan mengembang bolu kukusnya (kurang lebih sekitar 10 – 12 menit). Untuk memastikan apakah kue sudah matang atau belum, teman teman bisa mengeceknya dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  12. Angkat dan sajikan setelah agak dingin.

Post a Comment