Thursday, 26 April 2018

Cara Membuat Resep Puding Coklat Vla

loading...
Seperti membuat resep masakan yang lain, pemilihan bahan bahan yang digunakan menjadi faktor utama untuk membuat rasa masakan dan kuenya enal dan lezat. Karena kali ini akan membuat Resep Puding Coklat, pemilihan bahan coklat yang digunakan adalah salah satu faktor penting. Selain itu, puding yang akan kita buat ini menggunakan saus vla rasa vanila (rasanya manis sekali) yang disifram di atas puding sebagai pelengkapnya. Buat teman teman yang kebetulan tidak terlalu suka manis, teman teman bisa meniasatinya dengan mengurangi jumlah timbangan gula alam resep yang akan digunakan nantinya (karena saya dan keluarga termasuk yang suka manis). Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat puding coklat di bawah beserta bahan bahan untuk membuatnya.

Bahan bahan dan Cara Membuat Resep Puding Coklat

  1. Seperti resep puding lainnya, kali ini kita juga memerlukan 2 bungkus agar-agar beraroma coklat. Merek sesuai selera, tetapi pilih yang kualitasnya baik.
  2. Gula pasir putih tergantung selera. Untuk yang suka manis kira kira butuh sekitar 100-140 gram. Sebaiknya jangan menggunakan gula pasir kuning karena bisa merusak rasa pudingnya nanti (tercampur rasa tebu gula).
  3. Coklat halus atau coklat bubuk kurang lebih sebanyak 25 gram. Gunakan coklat yang berkualitas baik karena sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya nanti.
  4. Coklat gelap atau dark cooking coklat sebanyak 250 gram. Potong potong kecil kecil dulu sebelum digunakan supaya mudah lumer dan tercampur dengan bahan puding yang lainnya.
  5. Susu coklat cair kurang lebih sebanyak 2,250 ml. Teman teman bisa menggunakan susu bubuk yang dicairkan. Kalau mau hasil akhirnya tidak terlalu terasa coklat banget, susu cair bisa dikurangin dan ditambahn dengan air bersih matang.
  6. Garam beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil).
  7. Untuk cara membuatnya sangat sederhana. Siapkan tempat untuk merebus atau panci ukurang sedang.
  8. Masukkan bahan utama agar agarnya dan campur dengan coklat bubuk, garam dapur dan gula pasir putih yang sudah dipersiapkan diatas. Aduk aduk dan campur sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan tuang sediki demi sedikit susu cair atau air yang sudah dipersipakan di atas sambil tetap diaduk. Ingat, proses pemasukan susu cair nya bertahap jangan sampai ada gumpalan gumpalan kecil. Tunggu sampai susu benar benar tercampur dengan bahan lain sebelum menambahkan susu cairnya lagi.
  10. Tunggu sampai mendidih sambil tetapi di aduk.
  11. Masukkan dark coklatnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Jangan lupa untuk memotong motong terlebih dahulu supaya mudah tercampur dengan adonan puding yang lain.
  12. Siapkan cetakan yang akan digunakan. Tuang adoanan puding diatas ke dalam cetakan. Tunggu sebentar sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Bahan bahan dan Cara Membuat Saus Vla

  1. Karena kita akan membuat saus vla dengan rasa vanila, kita membutuhkan vanila halus atau bubuk sebanyak setengah sendok kecil. Kalau tidak ada bisa juga menggunakan vanila extract atau dikenal juga dengan vanilla essence yang bisa dibeli di toko roti atau toko kelontong dekat rumah (butuh sekitar 1.5-2 sendok kecil).
  2. Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 250 gram. Jangan gunakan gula kuning ya, karena berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan.
  3. Susu cair kualitas bagus sebanyak kurang lebih 700-750 ml. Lebih baik menggunakan susu UHT rasa vanila supaya hasilnya bagus dan kental.
  4. Tepung maizena untuk mengentalkan saus vla nya sebanyak kurang lebih 3 sendok makan.
  5. Garam dapur beryodium sedikit saja atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  6. Untuk membuat saus vla nya caranya sangat sederhana sekali.
  7. Siapkan satu panci ukuran kecil sedang. Masukkan gula pasir yang sudah disiapkan dan tepung maizenanya. Aduk sebentar supaya tercampur rata.
  8. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil. Masukkan 1/3 bagian susunya dan aduk supaya tercampur rata dengan gula dan tepung maizenanya.
  9. Masukkan garam beryodium dan aduk lagi sebentar.
  10. Masukkan 2.3 bagian sisa susu cair yang sidah disiapkan. Aduk kembali sampai saus vla nya agak mengental lalu matikan kompor dan angkat pancinya.
  11. Diamkan sebentar sampai uap panasnya hilang lalu masukkan vanilla essence. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata lalu diamkan.
  12. Supaya tekstur saus vlanya bagus, masukkan saus vla diatas yang sudah dingin ke dalam blender dan kocok sebentar.

Artikel Terkait