Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Asem Asem Daging Buncis Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Selain itu beberapa bumbu rempah asli negara kita, seperti lengkuas, daun salam, gula merah dan beberapa bahan lain juga digunakan untuk memperkuat rasa otentik di resep asem asem daging sapi ini. Untuk hasil terbaik, sebaiknya teman teman menggunakan daging sengkel yang terletak di bagian kaki depan sapi sebelah atas. Bagian lain sih sebenarnya bisa juga digunakan, tetapi untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan bagian tersebut. Selain gula merah, resep masakan daging kali ini juga menggunakan kecap manis kental. Gunakan yang benar benar kental supaya lebih terasa sampai ke dalam dagingnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat asem daging dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan di bawah ini.

Bahan bahan Resep Asem Asem Daging Sapi Enak Dengan Buncis

  1. Sesuai namanya, kali ini kita menggunakan daging sapi sengkel atau daging bagian atas depan kaki sapi kurang lebih sebanyak 0.5 kg. Potong daging sengkelnya sesuai selera (jangan terlalu besar supaya bumbunya cepat meresap ke dagingnya).
  2. Kecap manis yang kental dan berkualitas bagus supaya legit, seperti kecap bango atau merek lainnya kurang lebih sebanyak 3-4 sendok makan saja.
  3. Gula merah atau bisa juga memaki gula jawa kurang lebih sebanyak 25 gram saja. Potong sisir halus supaya gampang saat dicampur dengan bumbu asem daging yang lain.
  4. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 4 sendok kecil saja (campurkan kurang lebih 4 sendok air bersih dengan 2 sendok kecil asam jawa).
  5. Tomat hijau ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 buah (bisa juga memakai tomat merah). Cuci bersih lalu belah tomat menjadi 4-5 bagian per buahnya.
  6. Sayuran buncis kurang lebih sebanyak 40-60 gram saja. Cuci bersih lalu potong potong kecil sesuai selera.
    Buah cabai hijau besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih dan potong potong sesuai selera.
  7. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Cuci bersih cabainya lalu potong kecil kecil sesuai selera.
  8. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sebanyak sepanjang 1 cm saja. Tidak perlu dikupas, cukup cuci bersih saja lalu memarkan supaya gampang meresap.
  9. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Bisa ditambahkan atau dikurang kalau diperlukan.
  10. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja untuk menyedapkan bumbu asem asem dagingnya.
    Air bersih kurang lebih sebanyak 2 liter saja.
  11. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris untuk ditumis.
  12. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulit lalu iris iris juga untuk ditumis nantinya.
  13. Minyak goreng atau minyak sayur untuk menumis bumbu asem asemnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan.

Cara Membuat Resep Masakan Asem Asem Daging Sapi Sederhana

  1. Langkah pertama adalah siapkan panci untuk merebus dagingnya dan hidupkan kompor dengan api sedang kecil saja.
  2. Masukkan 2 liter air bersih dan potongan daging sengkelnya lalu masak sampai daging hampir matang (kira kira tingkat kematangannya sekitar 75%) lalu matikan apinya.
  3. Ambil penggorengan lalu beri minya secukupnya. Masukkan bawang putih yang sudah diiris, buah cabai merah, irisan buah cabai hijau, daun salam, irisan bawang merah dan lengkuasnya. Aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur dengan rata.
  4. Masukkan potongan buah tomatnya lalu aduk aduk lagi sampai tercium bau harum bumbu tumisannya lalu angkat.
  5. Hidupkan panci yang berisi daging sengkelnya lalu masukkan tumisan bumbu asem asem dagingnya ke dalamnya. Aduk aduk supaya tercampur rata dan masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk aduk.
  6. Masukkan garam dapur beryodium dan gula merah yang sudah di iris iris lalu aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  7. Masukkan kecap kental manisnya lalu aduk aduk lagi supaya tercampur merata.
  8. Masukkan sayuran buncis yang sudah dipotong potong dan tuang air asam jawanya ke dalam panci. Masak sampai semua bahan matang sambil sesekali diaduk aduk.

Post a Comment