Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Fuyunghai Ayam Telur

Kumpulan Resep Makanan - Seperti resep capcay yang juga merupakan salah satu variasi resep Chinese Food yang cukup terkenal di negara kita, fuyunghai telur ayam juga menggunakan berbagai macam sayuran segar sebagai pelengkapnya. Tidak hanya memberikan cita rasa yang segar dan menyehatkan, perpaduan kol, wortel, buah cabai merah, kacang polong dan brokoli juga mempercantik tampilan Resep fuyunghai Ayam ini kalau disajikan. Tentu saja, seperti campuran telur nya yang bisa diganti, sayuran nya pun bisa teman teman sesuaikan dengan selera, seperti paprika, tomat hijau, kangkung dan yang lainnya. Selain itu, cara membuat resep fuyunghai juga terbilang cukup sederhana, jadi buat teman teman yang tidak hobi masak pun dengan mudah bisa membuat resep fuyunghai ayam telur enak ini sendiri di rumah. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu dan cara membuat Fu yung hai Ayam Sederhana di bawah ya.

Bahan dan Bumbu Resep Fuyunghai Ayam Telur Sederhana

  1. Bahan utama yang digunakan adalah 200 gram daging ayam. Pilih daging ayam yang masih segar dan cincang halus untuk campuran telur nya.
  2. Telur Ayam ukuran besar sebanyak 10 pcs. Atau ada juga bisa menggantinya dengan telur bebek kalau suka. Pecahkan kulitnya dan kocok.
  3. Daung bawang segar sebanyak 2 pcs. Cuci bersih dan potong kecil kecil.
  4. Wortel segar ukuran sedang sebanyak kurang lebih 300 gram. Cuci bersih, kupas kulitnya dan potong memanjang kecil kecil.
  5. Bawang putih ukuran besar sebanyak 4 pcs. Potong dan cincang kecil kecil untuk campuran telurnya.
  6. Gula pasir secukupnya (kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil).
  7. Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak satu sendok kecil).
  8. Merica bubuk atau merica halus sebanyak setengah sendok kecil. Bisa dikurangi sesuai selera.
  9. Tepung tapioka halus untuk campuran telur sebanyak kurang lebih 4 sendok makan.
  10. Kecap Inggris kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  11. Bawang bombay ukuran sedang sebanyak kurang lebih 2 buah. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis (bahan saus).
  12. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sejumlah 6 pcs (bahan saus).
  13. Saos tomat kualitas bagus sebanyak 3-4 sendok makan (bahan saus).
  14. Buah Cabai merah ukuran besar sebanyak 2 pcs. Cuci bersih dan buang biji dalamnya lalu potong tipis tipis agak miring (bahan saus).
  15. Tomat merah ukuran sedang besar sebanyak 4 buah. Cuci lalu haluskan untuk saosnya (bahan saus).
  16. Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil) (bahan saus).
  17. Kecap manis kental kualitas bagus kurang lebih sebanyak 4 sendok makan (bahan saus).
  18. Merica halus sebanyak setengah sendok kecil. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera (bahan saus).
  19. Kecap inggris kurang lebih sebanyak 2 sendok makan (bahan saus).
  20. Tepung maizena untuk mengentalkan saos fuyunghai nya sebanyak dua sendok makan. Campur dengan air sebelum digabungkan dengan bahan saos lainnya (bahan saus).
  21. Air kaldu ayam kurang lebih sebanyak 500-600 ml. Bisa memakai kaldu bubuk instan yang dicampur dengan air matang  (bahan saus).
  22. Kacang Polong secukupnya.
  23. Gula pasir secukupnya atau kurang lebih sebanyak 102 sendok makan.
  24. Minyak secukupnya untuk menumis dan menggoreng adonan telurnya dan bumbu sausnya.

Cara Membuat Resep Masakan Fuyunghai Ayam Sederhana

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat saus resep masakaan fuyunghai nya.
  2. Tumis bawang putik yang sudah dihaluskan, bawang bombay dan cabai yang sudah dipotong potong dengan api sedang kecil. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan saos tomatnya, kecap inggris, tomat yang sudah dihaluskan, merica, gula pasir dan garam dapurnya ke dalam tumisan diatas. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan kaldu ayam yang sudah disiapkan ke dalam tumisan diatas. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan mendidih.
  5. Masukkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan sedikit air. Aduk aduk kembali sampai tercampur dengan bahan bahan lainnya. Cicipi dahulu dan tambahkan garam atau gula apabila dirasakan kurang pas. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  6. Langkah kedua adalah membuat telur ayam fuyunghainya.
  7. Ambil wadah cukup besar untuk adonan telurnya. Pecahkan semua telurnya dan campur dengan garam, merica halus, kecap inggris, daun bawang yang sudah di potong kecil kecil, gula pasir dan tepung tapiokanya. Aduk berulang kali sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Siapkan penggorengan dengan api kecil dan beri sedikit minyak untuk menumis 4 pcs bawang putih yang sudah dipotong kecil kecil sampai tercium bau harum.
  9. Masukkan 200 gram daging ayam yang sudah dicincang ke dalam tumisan diatas. Aduk aduk sebentar sampai tercampur rata dan daging ayam berubah warnanya.
  10. Masukkan bahan bahan sayuran yang digunakan dan aduk aduk kembali sampai sayuran agak matang dan layu kemudian angkat.
  11. Campur adonan daging ayam cincang plus sayurnya dengan adonan telur diatas. Aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  12. Ambil satu penggorengan lagi yang kecil. Kalau bisa berbentuk untuk tampilan fuyunghainya lebih bagus.
  13. Isi dengan minyak secukupnya dan tunggu sampai panas. Ambil adonan telur fuyunghai diatas secukupnya dan goreng dengan api sedang kecil. Ulangi sampai semua adonan telur habis di masak.
  14. Ambil satu tempat buat sajian dan siram telur ayam fuyunghai dengan saosnya.

Post a Comment