Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Sop Kambing Enak

Kumpulan Resep Makanan - Sop Daging kambing memang tidak sepopuler sop ayam, sop ikan atau sop daging tetapi sebenarnya ada beberapa macam Resep ini yang bisa kita buat, seperti Resep Sop Kambing Bening, Sop Kambing Betawi, Sop Kambing Madura dan Sop kambing dengan kuah susu yang kental dan legit. Kali ini saya akan mengajak teman teman untuk membuat Sop Daging Kambing Resep dengan kuah bening.
Diantara beberapa macam resep diatas, resep kali ini memang yang paling mudah pembuatannya. Tapi jangan salah, walaupun mudah rasa nya tetap lezat dengan perpaduan bumbu bumbu alami dan kaya kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk bahan utama resep Sop Kambing Bening sebaiknya menggunakan daging kambing bagian paha dan dicampur dengan iga kambing karena banyak menganduk kaldu dan dagingnya lebih empuk. Tetapi kalau tidak ada, bagian yang lain juga bisa digunakan. Oke, bahan bahan dan bumbu sop kambing serta cara membuatnya silahkan melihat di bawah ya.

Bahan dan Bumbu Resep Sop Kambing Enak

  1. Bahan utama yang digunakan adalam 500 gram daging kambing dan 500 gram iga kambing (bisa diganti kalau tidak ada). Rebus dahulu selama kurang lebih 15 menit untuk membuang kotoran kotoran yang menempel. Air rebusan dibuang.
  2. Bawang Merah sebanyak 14 pcs. Sebaiknya gunakan bawang merah lokal supaya lebih sedap dan enak (bumbu halus).
  3. Cabai merah kualitas bagus kurang lebih sebanyak 5 pcs. Cuci dahulu sebelum dipotong potong kecil untuk bumbu tumisannya (bumbu halus).
  4. Merica bubuk atau merica halus sebanyak 1 1/4 sendok kecil atau sendok teh (bumbu halus).
  5. Bawang putih lokal ukuran besar sebanyak kurang lebih 4-5 pcs (bumbu halus).
  6. Jahe yang sudah dicuci bersih dan dimemarkan kurang lebih sepanjang 3 cm.
  7. Kayu manis sepanjang 5 cm.
  8. Daun bawang sebanyak 3 batang. Cuci bersih dan potong kecil kecil serong untuk di dalam kuahnya.
  9. Garam dapur beryodium sebanyak 3 sendok teh. Bisa di tambah atau dikurangi sesuai selera.
  10. Biji Pala 1-2 butir. Belah belah sebelum digunakan.
  11. Buah Tomat segar sebanyak 3 butir. Cuci bersih dan potong berbentuk kotak.
  12. Daun Seledri sebanyak 3 batang. Cuci bersih dan iris kecil kecil.
  13. Cengkih sebanyak 4 pcs.
  14. Minyak goreng utuk menumis secukupnya.
  15. Air bersih kurang lebih sebanyak 2 liter.
  16. Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan.

Cara membuat Resep Sop Daging Kambing

  1. Setelah daging dan iga kambing direbus pertama untuk menghilangkan kotoran dan bau prengusnya, rebus kembali dengan air sebanyak 2 liter dengan api sedang kecil sampai daging benar benar empuk.
  2. Masukkan jahe dan garam ke dalam rebusan tadi.
  3. Sambil menunggu daging sop kambing empuk, tumis bawang merah, bawang putih, merica dan cabai merahnya. Aduk aduk sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan kayu manis, pala yang sudah dibelah dan cengkih ke dalam tumisan di atas. Aduk kembali sampai aroma bumbu rempah rempahnya tercium.
  5. Masukkan campuran bumbu tumisan di atas ke dalam rebusan daging kambingnya. Aduk aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Setelah daging cukup empuk, cicipi dulu dan tambahkan garam apabila diperlukan. Kemudian masukkan daun bawang dan tomatnya. Rebus kembali sebentar dengan api kecil.

Post a Comment