Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Soto Ayam Bening

Kumpulan Resep Makanan - Kalau teman teman sudah pernah mencoba soto ayam lamongan atau soto madura, pasti akan sedikit heran dengan resep soto ayam bening yang akan kita buat kali ini. Ya, kuah resep soto bening memang sedikit berbeda dengan kuah masakan soto jenis lain yang biasanya berwarna kuning sekali, bahkan kalau terkena baju akan susah buat kita untuk menghilangkannya. Sebenarnya resep kali ini juga menggunakan bahan bahan dan bumbu soto ayam yang hampir sama dengan jenis soto ayam yang lain, tetapi penggunaan bumbu kunyitnya memang lebih sedikit sehingga hasil jadinya memang lebih bening dibandingkan yang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep dan bumbu bumbu soto ayam bening yang dibutuhkan di bawah.

Bahan dan Bumbu Resep Soto Ayam Bening

  1. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat resep soto bening adalah 1 ekor daging ayam ukuran sedang besar. Teman teman bisa menggunakan ayam kampung atau ayam potong dengan berat kira kira sekitar 700 gram-1 kg.
  2. Air bersih untuk merebus dan mengempukkan daging ayamnya kurang lebih sebanyak 1750-2000 ml.
  3. Penyedap rasa secukupnya sesuai selera
  4. Daun bawang ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih daun bawangnya kemudian potong potong dan iris kurang lebih sebesar 1 cm.
  5. Lengkuas kurang lebih sebanyak 1 ruas jari orang dewasa.
  6. Daun salam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  7. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 3-4 lembar tergantung ukuran.
  8. Batang serai kurang lebih sebanyak 2 batang ukuran sedang.
  9. Kemiri kurang lebih 5 butir saja (bumbu halus).
  10. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1.5 ruas jari orang dewasa (bumbu halus).
  11. Kunyit kurang lebih sebanyak 1.5 ruas jari orang dewasa juga (bumbu halus).
  12. Bawang putih lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung. Kupas kulit bawang lalu iris kecil kecil supaya mudah saat dihaluskan (bumbu halus).
  13. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sesuai selera (bumbu halus).
  14. Merica butir kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil atau sesuai selera (bumbu halus).
  15. Bawang merah lokal kurang lebih sebanyak 3 siung saja. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil supaya mudah untuk dihaluskan (bumbu halus).
  16. Minyak secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.
  17. Sayuran kol segar yang sudah dicuci bersih untuk bahan pelengkap kurang lebih sebanyak 150-220 gram. Iris dan potong tipis tipis memanjang untuk pelengkap sotonya.
  18. Soun putih untuk bahan pelengkap kuah sotonya kurang lebih sebanyak 40-60 gram saja. Rendam soun di dalam panci yang berisi air panas sampai matang lalu tiriskan dahulu sebelum digunakan.
  19. Bawang merah goreng secukupnya untuk penambah rasa dan taburan di atas kuahnya.
  20. Buah tomat merah secukupnya. Cuci bersih lalu iris untuk hiasan sesuai selera.
  21. Tauge segar kurang lebih sebanyak 250 gram saja. Cuci bersih dan hilangkan kotoran yang mungkin menempel lalu siram dengan air panas supaya matang.
  22. Telur ayam yang sudah direbus kurang lebih sebanyak 2-3 butir. Kupas kulitnya lalu belah sesuai selera.

Cara Membuat Soto Bening Ayam

  1. Langkah pertama adalah potong ayam menjadi dua bagian atau lebih lalu cuci sampai benar benar bersih sebelum dimasak.
  2. Siapkan satu panci ukuran agak besar untuk merebus ayamnya.
  3. Masukkan air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya (kurang lebih 2 liter) ke dalamnya lalu hidupkan dengan api sedang dan kemudian masukkan potongan daging ayam yang sudah dicuci sebelumnya.
  4. Sambil menunggu air rebusan daging ayam panas, kita bisa mempersiapkan bumbu halus soto ayam beningnya yang nanti akan dicampurkan ke dalam rebusan panci diatas.
  5. Haluskan bermacam bumbu halus diatas (kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, merica dan kemiri) sampai benar benar halus. Untuk hasil terbaik, sebaiknya teman teman menggunakan cara manual atau kalau tidak bisa juga menggunakan blender.
  6. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupunya. Tunggu sebentar sampai minyak agak panas lalu masukkan bumbu soto bening yang sudah dihaluskan diatas.
  7. Masak sampai tercium bau harum lalu angkat. Jangan lupa aduk aduk supaya tercampur dan tidak gosong bumbunya.
  8. Masukkan bumbu halus diatas ke dalam panci rebusan ayam di langkah pertama lalu aduk aduk sebentar supaya bumbu tercampur rata.
  9. Masukkan lengkuas yang sudah dicuci bersih, daun alam yang sudah dipotong potong sebelumnya, serai dan daun jeruk yang sudah dicuci bersih ke dalam panci rebusan soto ayam beningnya.
  10. Aduk aduk sesekali dan masak sampai daging ayam benar benar empuk sesuai selera (kurang lebih sekitar 40-50 menit) dan bumbu sudah meresap ke dalamnya.
  11. Kecilkan kompor lalu angkat daging ayamnya. Potong kecil atau suir suir daging ayamnya lalu masukkan tulang ayamnya ke dalam kuah soto bening nya supaya kaldunya tambah meresap.
  12. Panaskan kuah apabila diperlukan kalau teman teman ingin menyajikannya di lain waktu.

Post a Comment