Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bakpao Ayam dan Bakpao Coklat

Kumpulan Resep Makanan - Karena sebenarnya untuk membuat bakpao ayam dan bakpao coklat hampir sama dan yang berbeda adalah cara membuat isian kue bakpao coklat dan kue bakpao ayam nya. Di bawah kami sertakan juga cara membuat isian untuk kedua jenis resep bakpao tersebut. Kalau teman teman ingin membuat dengan rasa yang lain, seperti daging, kacang hijau atau yang lainnya, tinggal mencari cara membuat isiannya saja. Untuk membuat kulitnya supaya enak dan lembut, sebaiknya menggunaka tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah. Selain itu proses pemasakan akhirnya atau waktu mengukusnya sebaiknya menggunakan api sedang, jangan api kecil atau terlalu besar. Kalai api kecil jadi terlalu matang bagian luarnya sedangkan kalau api besar bagian dalamnya kurang terlalu matang.

Bahan bahan Resep Bakpao Lembut

Seperti membuat kue yang lain, bahan utamanya adalah tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah. Siapkan sekitar 300 gram tepung yang benar benar halus (jangan sampai ada gumpalan gumpalannya).
Gula tepung atau disebut juga gula halus sebanyak kurang lebih 100 gram.
Air matang bersih dan dingin secukupnya (kurang lebih sekitar 170-180 ml).
Mentega putih yang bagus kurang lebih sebanyak 30 gram.
Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh.
Ragi instan secukupnya (kurang lebih cuma butuh sekitar 8 gram).
Tepung maizena kurang lebih sebanyak 60 gram.
Baking powder kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil atau setengah sendok teh.
Loading...

Cara Membuat Bakpao Coklat dan Bakpao Ayam

Cara membuat bakpao sebenarnya cukup sederhana. Langkah pertama adalah ambil satu wadah yang cukup besar.
Masukkan tepung terigu protein sedang dan gula halus. Campur kedua bahan tersebut sampai rata.
Masukkan tepung maizena yang sudah dipersiapkan di atas, ragi instan dan setengah sendok baking powder. Aduk kembali semua bahan sampai benar benar tercampur rata.
Tuang air dingin matang yang sudah dipersiakan diatas sedikit demi sedikit sampai habis sambil tetap diaduk menggunakan tangan atau biasa disebut juga diuleni. Pastikan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
Masukkan garam dapur yang beryodium dan mentega putihnya. Aduk aduk kembali menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata lalu diamkan sebentar (kurang lebih sekitar 25-30 menit).
Ambil sedikit adonan bakpao diatas yang sudah didiamkan (kurang lebih sekitar 30 gram). Bulatkan adona tersebut lalu diamkan lagi sekitar kurang lebih 10 menit.
Setelah didiamkan sebenatr, adoanan tadi digeengkan atau dipipihkan lalu beri isi seusai selera (lihat cara membuat isi coklat dan bakpao ayam di bawah).
Bentuk adonan resep bakpao yang sudah diisi di atas menjadi bulat atau bentuk lain sesuai selera. Diamkan adonan yang sudah bersisi tadi sebentar (kurang lebih sekitar 25-30 menit).
Langkat terakhir kukus adonan bakpao di atas dengan api sedang sampai matang atau selama kurang lebih setengah jam.

Cara Membuat dan Bahan Isian Resep Bakpao Coklat

Untuk isi coklatnya, teman teman bisa menggunakan kurang lebih 5-6 sendok coklat bubuk yang bisa dibeli dengan mudah di toko toko sekitar rumah.
Untuk menghasilkan isian yang manis, siapkan juga gula pasir sebanyak kurang lebih 100-120 gram.
Air Panas untuk mencampur bahan bahan tersebut secukupnya.
Untuk cara membuat isian coklatnya sangat mudah. Teman teman tinggal mencapur semua bahan bahan diatas dan aduk sampai benar benar tercampur rata. Jangan lupa dicicipi dulu, tambahkan gula apabila dirasa kurang manis.

Cara Membuat Isian Bakpao Ayam dan Bahannya

Bahan utama yang dibutuhkan adalah 180-200 gram daging ayam segar. Giling dulu daging ayamnya sampai halus supaya mudah untuk memasaknya
Daun Bawang segar yang bagus sebanyak 1 batang. Cuci bersih dan potong dan iris kecil kecil.
Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu.
Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas juga kulitnya dan haluskan supaya mudah dicampur dengan daging ayam gilingnya.
Gula pasir putih secukupnya (kurang lebih cuma seperempat sendok besar atau sendok makan).
Merica halus atau bubuk sedikit saja (kurang lebih seperempat sendok kecil).
Garam yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih butuh cuma sekitar setengah sendok kecil).
Cara membuatnya cukup sederhana. Campur bawang putih halus, bawang merah yang sudah dihaluskan, garam dapur, merica halus dan gula pasirnya. Aduk dan campur semua bahan sampai rata. Masukkan dan campur ke dalam ayam gilibgnya. Aduk lagi sampai rata baru daun bawang yang sudah diiris halus dimasukkan dan aduk kembali sampai semua bahan benar benar tercampur dengan rata.

Post a Comment