Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Spesial dan Cara Membuat Kuahnya

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep daging yang lain, resep bakso sapi spesial yang akan kita buat kali ini juga membutuhkan bahan baku daging sapi yang mempunyai kualitas bagus. Selain itu bahan baku utama daging yang digunakan harus benar benar segar dan fresh dari sapi yang baru dipotong. Tidak seperti rendang daging, semur daging atau resep masakan daging yang lain yang bisa menggunakan daging beku yang bisa kita beli dari supermarket, bakso daging sapi ini harus menggunakaan daging yang fresh. Kalau tidak, biasanya hasilnya nanti tidak bagus dan kelihatan lembek. Tentu saja, selain itu proses dan cara membuat bakso dan resep kuah bakso nya juga harus diperhatikan. Terutama saat pencampuran daging gilingnya dengan tepung sagu atau kanji yang digunakan karena ini berpengaruh sekali dengan kekenyalan bakso yang dihasilkan.
Selain itu, daging sapi yang akan digunakan untuk membuat pentol bakso dan campuran kuah bakso juga sebaiknya jangan dicuci dengan air karena dagingnya nanti akan lembek dan teksturnya berubah. Solusinya rebus sebentar saja dengan air bersih supaya kotoran atau darah di dagingnya yang mungkin menempel bisa dihilangkan. Tentu saja tiap penjual tersebut mempunyai rahasia dan resep bakso kuah sendiri yang membuatnya beda dan hasilnya lebih enak dan lezat dibandingkan dengan resep yang lain.

Harganya yang sangat terjangkau dengan penjual yang tersebar hampir dimana mana memang membuat bakso kuah menjadi sangat populer menjadi salah satu favorite resep masakan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu rasa bakso sendiri bisa dibilang memang sangat enak, terutama kalau memang penjualnya menggunakan bahan daging pilihan dan menggunakan resep kuah bakso yang sedap dan segar, pasti banyak pengunjung dan pembeli yang mendatanginya. Ya, selain resep bakso solo, kuah bakso juga menjadi salah satu faktor penting yang membuat rasa makanan berbentuk bola ini disukai oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat komposisi jumlah bahan bahan bakso dan cara membuat bakso yang benar dibawah ini.

Bahan bahan Resep Bakso Solo Spesial dan Kuahnya

  1. Kali ini bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar kurang lebih sebanyak 700 gram.
  2. Tepung sagu atau juga bisa menggunakan tepung kanji kualitas bagus kurang lebih sebanyak 125 gram. Bisa ditambahkan atau dikurangi sedikit saat pencampuran nanti supaya didapat tingkat kekenyalan yang pas.
  3. Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak satu sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau benar benar tidak suka pedas.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar yang sudah dihaluskan terlebih dahulu kurang lebih sebanyak 8-9 pcs saja.
  5. Es serut atau es kristal yang sudah dihaluskan terlebih dahulu kurang lebih sebanyak 200cc.
  6. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 6 sendok kecil saja.
  7. Telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir saja.

Cara Membuat Bakso Daging Spesial

  1. Langkah pertama adalah haluskan daging sapi yang sudah dipersiapkan, garam dapur beryodium, bawang putih, telur ayam, merica halus kala pakai dan es serutnya. Bisa menggunakan food processor, blender atau dibawa ke tempat penggilingan daging sekitar rumah.
  2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai tepung tercampur rata dengan bahan gilingan daging baksonya.
  3. Tambahkan tepung kalau dirasa perlu sampai adonan baksonya benar benar kalis.
  4. Siapkan panci besar berisi air panas untuk meletakkan adonan bakso yang sudah terbentuk.
  5. Ambil adonan baksonya dengan sendok lalu bentuk dengan tangan setelah itu masukkan ke dalam panci berisi air panasnya. Ulangi sampai semua adonan habis dan terbentuk bulatan.
  6. Masak dan rebus pentol baksonya sampai benar benar matang sampai ke bagian dalamnya.

Bahan dan Cara Membuat Resep Kuah Bakso

  1. Tetelan atau tulang sapi untuk membuat kaldu kuahnya. Kurang lebih sebanyak 1 kg an. Bisa ditambahkan juga kaldu instan sapi kalau tulang untuk membuat kaldunya susah didapat supaya lebih gurih dan enak.
  2. Air bersih kurang lebih sebanyak 4-5 liter.
  3. Daun bawang yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 4 sampai 5 batang. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.
  4. Bawang putih kurang lebih sebanyak 12 siung ukuran sedang besar. Kupas kulitnya lalu haluskan.
  5. Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak satu sendok kecil. Bisa dihilangkan atau dikurangi sesuai selera.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sendok kecil.
  7. Cara membuatnya rebus dan masak semua bahan sampai matang sambil sesekali diaduk aduk supaya semua bumbu tercampur rata.

Post a Comment