Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bolu Karamel Panggang Sarang Semut

Kumpulan Resep Makanan - Buat teman teman yang tidak hobi masak, cara membuat kue bolu karamel panggang ini cukup sederhana kok, jadi tidak perlu khawatir kue nya nanti gak jadi atau bantat. Memang ada beberapa langkah pemilihan bahan dan tips yang harus benar benar diperhatikan supaya hasil resep bolu karamel ini berhasil dengan sukses. Gunakan tepung yang benar benar halus dan sebaiknya tepung yang akan digunakan di saring atau ayak supaya benar benar halus. Selain itu, gunakan gula pasir yang putih, jangan gula pasir kuning karena aroma tebu nya lebih kuat dan terasa nantinya. Selain itu loyang atau cetakan kue yang akan digunakan harus benar benar bersih dan dilapisi margarin dan ditaburi tepung terlebih dahulu supaya tidak lengket. Yang paling penting adalah proses pembuatan karamelnya harus benar benar berhati hati supaya hasilnya sempurna dan bagian tengah kue terdalam bolong bolong seperti sarang semut.

Bahan Bahan Resep Bolu Karamel Sarang Semut Panggang

  1. Seperti membuat resep bolu kukus, resep kali ini juga menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram. Jangan lupa tepung diayak terlebih dahulu supaya benar benar halus.
  2. Gula pasir putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 500 gram untuk membuat karamelnya.
  3. Air bersih panas untuk membuat karamelnya secukupnya (kurang lebih butuh sekitar 500 ml).
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs.
  5. Tepung maizena kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram.
  6. Soda kue kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja.
  7. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 130 gram saja. Kocok dan aduk margarin dnegan menggunakan sendok sampai mentega lembut dan tidak keras.
  8. Baking powder kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh.
  9. SKM (susu kental manis) kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  10. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil. Bisa di tambahkan atau dikurangi sesuai selera.

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Panggang Sarang Semut

  1. Langkah pertama adalah membuat karamelnya yang nanti akan dicampur dengan adonan bolunya.
  2. Siapkan penggorengan untuk membuatnya, sebaiknya menggunakan wajan dengan lapisan teflon supaya tidak lengket.
  3. Masukkan gula pasir putih bersih yang sudah dipersiapkan dengan api kecil saja. Sekali kali diaduk gulanya sampai gulanya berubah warna menjadi agak kecoklatan dan cair.
  4. Masukkan air panas yang sudah dipersiapkan di atas dan tuang ke dalam wajan teflonnya. Aduk aduk supaya larutan karamel gulanya tercampur rata dengan air dan meleleh lalu angkat dan dinginkan (kurang lebih butuh sekitar 600 ml).
  5. Langkah berikutnya adalah membuat adonan kue nya. Ambil satu tempat agak besar. Masukkan tepung terigu protein sedangnya, tepung maizena, soda kue dan baking powdernya.
  6. Aduk aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata lalu saring atau diayak supaya benar benar halus.
  7. Ambil satu tempat lagi agak besar dan masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk dan kocok lepas kedua bahan diatas secukupnya sampai mengental (tidak perlu pakai mixer).
  8. Masukkan campuran bahan tepung dan bahan lain diatas ke dalam wadah telur yang sudah dikocok diatas. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai habis.
  9. Masukkan mentega yang sudah dilembekkan di atas ke dalam nya sedikit demi sedikit sambik diaduk sampi benar benar rata dan habis.
  10. Masukkan susu kental manis kurang lebih sebanyak 200 gram yang sudah dipersiapkan di atas.
  11. Masukkan larutan gula karamel yang sudah dibuat di langkah pertama ke dalamnya dan aduk aduk lagi sampai karamel tercamur rata dengan adonan kue bolu Karemelnya.
  12. Siapkan oven untuk memanggang dan hidupkan kompor dengan api besar.
  13. Lapisi loyang yang akan digunakan dengan sedikit mentega dan taburi tepung di atasnya supaya tidak lengket.
  14. Tuang adonan ke dalamnya dan masukkan ke dalam panggangan oven dengan api besar.
  15. Tunggu sampai adonan sudah agak matang (tandanya adonan kue bolu sudah agak mengembang dan naik) lalu kecilkan apinya dan terus panggang sampai benar benar matang (kurang lebih selama 43-50 menit).

Post a Comment