Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Lembut

Kumpulan Resep Makanan - Sebenarnya dari buah pisang yang akan kita gunakan sendiri sudah manis, tetapi tetap saja kita membutuhkan gula pasir supaya pas rasa manis dari resep bolu pisang kukus ini di lidah kita. Kalau teman teman benar benar menyukai rasa manis, komposisi bahan gula yang kita berikan dibawah bisa ditambah sesuai selera, tetapi jangan terlalu banyak supaya hasil jadi resep bolu pisang banana cake ini tidak hitam dan gosong. Untuk hasil yang lezat, sebaiknya teman teman menggunakan pisang yang sudah masak betul dan rasa dasarnya juga manis, seperti pisang raja atau pisang ambon.Jenis pisang lain sebenarnya juga bisa digunakan dalam cara membuat kue bolu pisang ini, tetapi hasilnya nanti tidak selembut menggunakan kedua jenis pisang diatas. Sebelum digunakan, buah pisang yang akan digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus nya harus benar benar sudah dihaluskan supaya teksturnya benar benar lembut saat kue bolu kukusnya sudah jadi. Selain itu, tepung yang digunakan harus benar benar halus supaya adonannya nanti tercampur dengan rata dan tidak ada gumpalan. Biasanya sih saat kita beli tepung memang sudah terasa benar benar bersih dan halus, tetapi supaya yakin sebaiknya tepung di saring atau diayak dahulu sebelum digunakan. Untuk lebih jelasnya, silahakan melihat detail cara membuat bolu pisang kukus dibawah ini.

Bahan bahan Resep Bolu Pisang Kukus Lembut dan Empuk

  1. Seperti namanya, resep kue bolu kali ini menggunakan buah pisang kualitas bagus yang sudah masak kurang lebih sebanyak 6 buah. Sebaiknya menggunakan pisang raja atau pisang ambon yang sudah masak betul supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  2. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan. Lelehkan dan cairkan mentega dengan cara dipanaskan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  3. Vanila halus atau bubuk kurang lebih sebanyak empat sendok kecil saja.
  4. Tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Saring terlebih dahulu tepung yang digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukus nya terlebih dahulu supaya adonanannya nanti benar benar tercapur sempurna dan kuenya lembut sampai ke dalam.
  5. Coklat halus atau bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40 gram.
  6. Vanili bubuk kurang lebih sebanyak 4 sendok teh supaya hasil jadi kuenya lebih harum.
  7. Baking powder kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  8. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir saja.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 seondok teh.
  10. Gula pasir yang bagus (tidak tercium aroma tebu) kurang lebih sebanyak 200 gram. Gula bisa ditambah atau dikurang sedikit sesuai selera.

Cara Membuat Bolu Kukus Pisang Yang Lembut

  • Haluskan terlebih dahulu pisang raja atau pisang lain yang an digunakan sampai benar benar halus. Teman teman bisa menggunakan garpu atau sendok. Bisa juga menggunakan blender kecil tapi harus benar benar bersih saat proses pengambilan pisang lembut dari blendernya.
  • Cairkan mentega dengan cara dipanaskan terlebih dahulu supaya mudah untuk dicampurkan dengan bahan adonan yang lain.
  • Ambil satu wadah cukup besar lalu masukkan gula pasir dan telurnya satu persatu. Kocok kedua bahan tersebut dan tambahkan telur satu persatu setelah tercampur dengan rata dan mengembang.
  • Masukkan coklat bubuk, garam dapur beryodium dan tepung terigunya lalu aduk aduk lagi hinga rata dan benar benar tercampur sempurna dengan bahan bahan lainnya.
  • Masukkan bubuk vanila dan baking powdernya lalu aduk aduk lagi hingga benar benar rata.
  • Masukkan pisang yang sudah dihancurkan dan dilembutkan sebelumnya ke dalam adonan diatas lalu aduk aduk lagi sampai benar benar halus.
  • Masukkan mentega yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas lalu aduk aduk kembali sampai benar benar tercampur rata.
  • Siapkan loyang dan lumuri dengan sedikit mentega supaya tidak lengket ke loyangnya.
  • Tuang adonan diatas lalu kukus dengan api sedang kecil sampai benar benar matang sampai di dalalm kuenya (cek menggunakan lidi untuk mengetahui tingkat kematangan kue bolu pisang kukusnya).

Post a Comment