Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Bandung ala Amanda

Kumpulan Resep Makanan - Walapun resep brownies yang akan kita berikan kali ini tidak sama persis, tetapi masalah rasa dan kelezatannya tidak kalah lho dibandingkan merek merek tadi. Cara membuat Resep Brownies Kukus Bandung ala Amanda ini sebenarnya tidak terlalu susah lho. Teksturnya yang sangat lembut berasal dari bahan cake emulsifer yang digunakan. Tentu saja, komposisi bahan yang lain juga harus benar benar pas timbangannya supaya resep brownies Amanda nya sempurna. Selain itu, salah satu tips resep kue ini adalah saat mengukus brownies coklat kukusnya bagian tutpnya harus dialasi dengan kain supaya uap air dari proses pemasakannya tidak tercampur ke adonannya yang biasanya membuat brownies nya menjadi bantat dan tidak lembut teksturnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan cara membuat brownies coklat dibawah ini.

Bahan Resep Brownies Kukus Amanda:

  1. Tepung terigu berprotein sedang yang sudah diayak sebelumnya kurang lebih sebanyak 100 gram.
  2. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 150 gram supaya hasilnya lebih gurih dan aroma tercium harum. Panaskan dahulu mentega sampai meleleh supaya mudah tercampur dengan bahan lain.
  3. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 pcs. Pecahkan telur dan gunakan 10 bagian kuningnya dan 6 bagian putih telurnya saja.
  4. Gula pasir bersih kurang lebih sebanyak 375 gram. Jangan gunakan gula pasir kuning karena biasanya masih mengandung aroma tebu yang kuat.
  5. Coklat masak hitam atau juga bisa menggunakan dark cooking coklat kurang lebih sebanyak 120-150 gram.
  6. Lelehkan dulu sampai mencair supaya mudah digunakan dan digabungkan dengan bahan brownies yang lain.
  7. Coklat bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 75 gram.
  8. Cake Emulsifer atau pelembut kue kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja. Bisa menggunakan ovalet, TMB atau merek lainnya.
  9. Baking Powder kurang lebih sebanyak 3 sendok kecil atau sendok teh untuk mengembangkan kuenya saat dikukus nantinya.
  10. Coklat masak hitam untuk bahan lapisannya kurang lebih sebanyak 100 gram. Potong dan iris kecil kecil coklat masaknya supaya mudah nanti untuk dicampurkan dengan krimnya untuk membuat lapisan tengahnya.
  11. Krim kental atau bisa juga menggunakan butter cream kurang lebih sebanyak 45-50 ml.

Cara Membuat :

  1. Ambil satu wadah cukup besar lalu masukkan gula pasir, putih telur, kuning telur dan cake emulsifernya.
  2. Kocok ketiga bahan tersebut sampai gula benar benar larut dan tercampur dengan bahan lain dan adonannya sedikit mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak terlebih dahulu dan baking powdernya lalu aduk aduk sampain semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan coklat bubuknya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan mentega dan coklat yang sudah dilelehkan terlebih dahulu ke dalam adonan diatas lalu aduk secara pelan pelan sampai tercampur rata dengan bahan brownies lainnya.
  6. Ambil satu wadah lagi dan tuang sepertiga bagian adonan diatas ke dalamnya untuk dijadikan lapisan tengahnya. Sisa adonan nanti untuk lapisan bawah dan bagian paling atas.
  7. Panaskan krim yang yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan masukkan coklat masak hitam yang sudah diiris tipis tipis. Aduk kedua bahan tersebur sampai tercampur sempurna.
  8. Masukkan campuran krim dan coklat diatas ke dalam wadah adonan kedua yang berisi 1/3 bagian adonan resep kue browniesnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur sempurna.
  9. Siapkan panci kukusan dan beri air secukupnya untuk mengukus kuenya.
  10. Ambil loyang dan beri kertas roti yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin supaya tidak lengket dan mudah dilepaskan saat matang nanti.
  11. Tuang 1/3 bagian adonan di wadah pertama dan masukkan dalam panci kukus selama kurang lebih 10-12 menit saja. Jangan lupa untuk melapisi tutup panci dengan kain supaya uap air yang keluar tidak jatuh ke dalam loyang adonan browniesnya.
  12. Tuang kembali adonan di wadah kedua diatas loyangnya dan kukus kembali selama 10-12 menit.
  13. Masukkan sisa adonan di wadah pertama ke dalam loyangnya dan kukus kembali sampai benar benar matang (kira kira sekitar 19-22 menit) lalu angkat.

Post a Comment