Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Donat Empuk Enak

Kumpulan Resep Makanan - Tahukah teman teman bahwa kue donat ini pertama kali ditemukan di Amerika Serikat dan donat dunkin lah yang pertama kali secara resmi menjualnya untuk umum. Tetapi saat ini hampir di semua negara resep kue ini dengan gampang ditemukan. Tentu saja di tiap negara biasanya ditambah dengan bahan bahan tertentu yang disesuaikan dengan kebiasaan mereka, seperti donat kentang, donat madu dan yang lainnya. Sebenarnya, cara membuat donut mudah sekali asal mengikuti langkah langkahnya dengan benar. Proses pembuatan adonan dan pengorengannya memang benar benar harus diperhatikan supaya hasil jadinya sempurna. Kalau tidak, adonan resep donat nya nanti dijamin akan bantat dan tidak bisa mengembang dengan sempurna. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat proses membuat donat empuk dan enak dibawah ya.

Bahan bahan Resep Donat Empuk Goreng

  1. Seperti resep kue lainnya, bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat donat adalah tepung terigu berprotein tinggi kurang lebih sebanyak 500 gram. Teman teman bisa menggunakan tepung cakra kembar atau jenis lain yang kualitasnya bagus. Saring tepung terlebih dahulu supaya hasilnya nanti benar benar empuk.
  2. Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  3. Telur ayam yang berukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir saja.
  4. Air bersih matang secukupnya atau kurang lebih sebanyak 200 cc saja.
  5. Susu kental manis atau bisa juga menggunakan susu bubuk kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  6. Ragi instan atau biasa dikenal juga dengan nama fermipan kurang lebih sebanyak 10-11 gram saja.
  7. Garam dapur yang menmpunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh saja.
  8. Gula pasir bersih kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan donatnya.

Cara Membuat Kue Donat Empuk Sederhana

  • Ambil satu wadah cukup besar untuk adonan utamanya lalu pecah kan telur yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan kocok sebentar (tidak perlu dimixer, cukup menggunakan sendok saja).
  • Masukkan gula pasir putih, susu bubuk atau kental yang akan digunakan, mentega dan garam dapurnya ke dalam adonan diatas. Aduk aduk kembali semua bahan sampai rata.
  • Masukkan tepung terigu sebanyak 500 gram lalu aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  • Ambil wadah atau gelas dan masukkan 200 cc air dan fermipannya lalu aduk supaya ragi instannya larut dan bercampur dengan air lalu masukkan ke dalam wadah adonan diatas.
  • Aduk aduk kembali menggunakan tangan atau biasa disebut juga diuleni sampai semua bahan tercampur sempurna dan benar benar kalis.
  • Diamkan adonan donat di dalam wadahnya dan diamkan kurang lebih selama 20 – 25 menit (bagian atasnya ditutup dengan kain bersih supaya ragi instan nya benar benar merasuk ke dalam adonan dan mengembang).
  • Ambil adonan yang sudah didiamkan secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok besar. Bentuk adonan menjadi bulatan lalu lubangi bagian tengahnya dengan ujung jari lalu diamkan kembali selama kurang lebih 18-21 menit supaya adonan resep donat nya benar benar mengembang sempurna. Ulangi proses ini sampai semua adonan yang sudah dibuat habis dan terbentuk semua.
  • Siapkan penggorengan dan beri minyak agak banyak supaya matangnya nanti sempurna. Goreng adonan donat diatas setelah minyak gorengnya benar benar panas dengan api sedang kecil.
  • Sebaiknya teman teman menggorengnya dengan menggunakan sumpit yang ditaruh tepat di tengah lubang donatnya supaya hasil jadinya nanti bagus dan lubang kecil yang tadi dibentuk menjadi besar dan rata. Sesekali balik donat supaya tingkat kematangannya merata.

Post a comment for "Resep Cara Membuat Donat Empuk Enak"

Loading...
loading...