Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Tekwan Ikan Tengiri Palembang

Kumpulan Resep Makanan - Teman teman yang tinggal di Palembang atau kota besar lainnya mungkin dengan mudah bisa menemukan penjual Tekwan ini di semua waktu. Tetapi buat teman teman yang lain mungkin agak susah menemukannya. Penjual masakan ini memang tidak sebanyak penjual pempek, siomay atau yang lain. Ini mungkin dikarenakan karena memang harganya lebih mahal dibandingan makanan lain yang umumnya dengan gampang kita temukan. Tetapi teman teman tidak perlu khawatir, cara membuat tekwan ternyata cukup mudah lho sehingga kita bisa membuatnya sendiri di rumah.
Bahan bahan untuk membuat resep Tekwan Enak asli Palembang juga dengan mudah bisa kita beli di pasar pasar dekat rumah. Tentu saja, karena masakan ini menggunakan seafood sebagai bahan untuk mebuat adonan dan kuahnya, makanya pemilihan bahan ini harus benar benar diperhatikan supaya hasilnya sesuai yang kita inginkan. Gunakan udang yang masih segar untuk membuatnya kuah tekwannya. Tentu saja ikan tengiri yang akan digunakan untuk membuat adonan tekwannya juga harus diperhatikan kualitasnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat kuah tekwan dan bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tekwan recipe di bawah ini.

Bahan bahan Resep Tekwan Enak Palembang

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ikan tengiri yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 300-320 gram. Ambil dagingnya saja lalu haluskan untuk membuat adonan tekwannya.
  2. Tepung sagu untuk membuat adonannya kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  3. Udang kualitas bagus ukuran sedang besar yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 200-250 gram.
  4. Kupas kulitnya dan buang kotorannya. Udang akan digunakan untuk membuat kaldu buat kuah dan adonan tekwannya.
  5. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 cm untuk bahan campuran kuahnya supaya tidak tercium bau amis khas seafood.
  6. Jamur kuping kualitas bagus secukupnya untuk isian kuahnya atau kurang lebih sebanyak 10-20 gram. Cuci bersih lalu rendam dengan air panas kemudian potong kecil kecil sesuai selera.
  7. Buah bengkuang kurang lebih sebanyak 100-120 gram saja. Kupas kulitnya lalu potong dadu atau memanjang.
  8. Daun seledri kurang lebih 1-2 batang. Cuci bersih lalu potong iris kecil.
  9. Soun untuk tambahan penyajiannya secukupnya (sekitar 30-50) gram saja. Rendam sebentar dengan air panas lalu tiriskan.
  10. Cuka secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  11. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 9 siung. 3 siung diiris tipis lalu digoreng untuk taburan di kuah tekwan dan 6 siung nanti dihaluskan untuk ditumis buat kuahnya.
  12. Ebi kurang lebih satu sendok kecil saja.
  13. Merica bubuk kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  14. Garam dapur beryodium secukupnya untuk membuat kuah dan adonan tekwannya.
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.
  16. Air bersih secukupnya untuk membuat kuah dan merebus adonan tekwannya.
  17. Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan kuahnya.

Cara Membuat Resep Kuah Tekwan Sederhana dan Mudah

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat adonan tekwannya. Ambil satu wadah buat adonannya yang cukup besar.
  2. Masukkan ikan tengiri yang sudah dihaluskan sebelumnya dan tepung sagu yang sudah dipersiapkan.
  3. Tambahkan garam secukupnya lalu aduk aduk lagi semua bahan sampai benar benar tercampur rata.
  4. Bentuk adonan tekwan sesuai selera tetapi jangan terlalu besar supaya bisa matang sampai kedalam.
    Ulangi sampai semua adonan terbentuk.
  5. Siapkan panci rebusan dan isi dengan air secukupnya (kurang lebih sebanyak 1.2-1.5 liter. Masak hingga mendidih.
  6. Setelah airnya mendidih masukkan adonan tekwan yang sudah dibentuk diatas kedalam panci. Masak hingga tekwan matang dan mengapung lalu angkat dan tiriskan.
  7. Langkah kedua adalah membuat kuahnya. Siapkan wajan penggorengan lalu beri minyak secukupnya untuk menumis bumbunya.
  8. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan, merica bubuk dan ebinya. Aduk aduk sampai matang dan tercium bau harum tumisan bumbunya.
  9. Masukkan udang yang sudah direbus sebelumnya dan jamur kupingnya ke dalam wajan penggorengan. Aduk aduk lagi hingga semua bahan matang dan lalu angkat.
  10. Didihkan kembali kuah kemudian masukkan bumbu tekwan dan udang yang sudah ditumis sebelumnya kedalamnya. Aduk aduk supaya bumbu tercampur sempurna.
  11. Masukkan tekwan dan irisan bawang putihnya lalu rebus lagi sampai kuahnya mendidih lalu matikan kompornya.
  12. Ambil mangkok sajian dan beri soun lalu tuang kuah dan tekwannya. Taburi atasnya dengan bawang merah goreng dan irisan daun seledrinya lalu sajikan.

Post a Comment