Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep ES Kacang Merah Santan Enak Dengan Coklat

Kumpulan Resep Makanan - Mungkin teman teman sudah pernah mencoba membuat Resep ES Kacang Merah Coklat dengan Santan sendiri di rumah tetapi ternyata hasilnya kurang memuaskan. Memang Resep membuat es kacang merah ini bisa di bilang gampang gampang susah. Kelihatannya sih gampang, tinggal mencampur bahan bahan yang dibutuhkan dan jadilah. Tetapi kalau tidak tahu rahasianya biasanya kacang merah yang menjadi isi utamanya jadi keras dan tidak enak untuk dimakan.
Untuk itu kacang merah sebelum digunakan dan dicampur dengan bahan lainnya harus direndam dulu supaya empuk. Selain itu gunakan kacang merah yang kualitasnya baik dan masih baru. Semakin lama kacang merah berada dalam tempat penyimpanan semakin susah untuk di empukkan. Selain itu kacang merah harus direbus dulu sampai benar benar empuk sebelum dicampur dan digunakan. Untuk membuat kuah Resep ES Kacang Merah nya terlihat menarik dan rasanya enak, sebaiknya dicampur dengan coklat bubuk sehingga cita rasa coklatnya kental dan terasa lembut di lidah. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan melihat step step proses dan bahan yang dibutuhkannya di bawah.

Bahan bahan Resep ES Kacang Merah Coklat Segar

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah kacang Merah kualitas bagus sebanyak kurang lebih 200-220 gram. Jangan lupa kacang merah direndam dulu kurang lebih selama 3-4 jam supaya hasilnya empuk.
  2. Daun Pandan segar sebanyak 3 lembar. Cuci bersih dan ikat sebelum dimasak.
  3. Buah Nangka yang sudah matang dan manis kurang lebih sebanyak 9-11 pcs. Potong kecil kecil sebelum dimasukkan.
  4. Susu kental manis secukupnya.
  5. Santan kental kurang lebih sebanyak 300 ml. Sebaiknya gunakan santal dari perasan buah kelapa yang cukup tua supaya lebih gurih.
  6. Coklat bubuk kualitas bagus sebanyak 1 sendok makan.
  7. Gula pasir putih, vanila bubuk dan garam dapur beryodium secukupnya.
  8. Es batu, es kristal atau es parut dan air bersih secukupnya.

Resep Membuat ES Kacang Merah Coklat Santan

  1. Siapkan panci untuk merebus kacang merahnya. Pastikan kacang merah sudah direndam dulu sampai butirannya mengembang.
  2. Isi panci dengan air secukupnya (kurang lebih 1.5-2 liter air). Rebus kacang merah yang sudah direndam dengan api sedang kecil sampai benar benar empuk.
  3. Setelah empuk masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih. Aduk aduk sebentar.
  4. Masukkan garam dapur, gula dan vanili bubuknya. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Larutkan bubuk coklat dengan air secukupnya. Tuang ke dalam adonan di atas dan aduk aduk sebentar sampai mendidih dan kacang merah agak mengental.
  6. Masak Santan kental dan beri sedikit garam. Aduk aduk sampai santan mendidih. Jangan lupa jaga jangan sampai santan pecah.
    Setelah semua bahan diatas dingin, tuang kacang merahnya ke dalam gelas atau mangkok.
  7. Beri irisan nangka dan beberapa butir es batunya. Terakhir tuang dengan santan kental dan beri sedikit susu kental manis di atasnya.

Post a Comment