Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Fungsi Alat Musik Gamelan

Fungsi Alat Musik Gamelan. Pada awalnya semua alat musik pada gamelan terbuat dari kayu. Akan tetapi sejak adanya pengaruh hindu-budha dijawa gamelan mulai dibuat dari logam. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.
 
Pada zaman majapahit dan demak sekitar abad ke 14 Gamelan berfungsi untuk mengiringi wayang yang digunakan untuk keagamaan. Bagi masyarakat Jawa gamelan memiliki fungsi estetika yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial, moral dan spiritual. Oleh karena itu Kita harus bangga memiliki alat kesenian tradisional gamelan. Keagungan gamelan sudah jelas ada. Duniapun mengakui bahwa gamelan adalah alat musik tradisional timur yang dapat mengimbangi alat musik Barat yang serba besar. Di dalam suasana bagaimanapun suara gamelan mendapat tempat di hati masyarakat.
Musik Gamelan merupakan gabungan pengaruh seni luar negeri yang beraneka ragam. Kaitan not nada dari Cina, instrumen musik dari Asia Tenggara, drum band dan gerakkan musik dari India, bowed string dari daerah Timur Tengah, bahkan style militer Eropa yang kita dengar pada musik tradisional Jawa dan Bali sekarang ini.
 
 
Gamelan yang lengkap mempunyai kira-kira 72 alat dan dapat dimainkan oleh niyaga (penabuh) dengan disertai 10 -15 pesinden dan atau gerong (Sumarto & SriSuyuti, 1978). Susunannya terutama terdiri dari alat-alat pukul atau tetabuhan yang terbuat dari logam. Sedangkan bentuknya berupa bilah-bilah ataupun canang-canang dalam berbagai ukuran dengan atau tanpa dilengkapi sebuah wadah gema (resonator). Alat-alat lainnya berupa kendang, sebuah alat gesek yang disebut rebab, kemudian gambang yaitu sejenis xylophon dengan bilah-bilahnya dari kayu, dan alat berdawai kawat yang dipetik bernama siter atau celempung.
Semoga penjelasan singkat tentang Fungsi Alat Musik Gamelan dapat meningkatkan rasa kecintaan kita kepada alat musik tradisional.

Post a comment for "Artikel Fungsi Alat Musik Gamelan"

Loading...
loading...