Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Berwisata Ke Masjid Raya Bandung


Cintaindonesia.web.id Masjid Raya di Bandung yang berada di Provinsi Jawa Barat, yang dulu dikenal sebagai  nama Masjid Agung Bandung ialah masjid yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Status masjid ini ialah sebagai masjid di provinsi Jawa Barat. Masjid ini pertama yang dibangun tahun 1810, dan juga sejak didirikannya, Masjid Agung ini telah mengalami delapan kali perombakan yakni pada abad ke-19, kemudian itu lima kali pada abad 20 dan sampai akhirnya direnovasi lagi pada yakni tahun 2001 sampai peresmian.  Masjid Raya Bandung 4 Juni tahun 2003 yang diresmikan oleh seorang Gubernur Jabar yang saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang sudah bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang sudah lama, yang bercorak yakni khas Sunda.

Masjid Raya Bandung ini, seperti yang sekarang, yakni terdapat dua menara kembar yaitu di sisi kiri dan juga di sisi kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum pada setiap hari Sabtu dan juga Minggu. Atap masjid raya ini diganti dari atap joglo menjadi satu kubah besar yakni pada atap tengah juga yang lebih kecil pada atap yang kiri dan kanan masjid serta juga dinding masjid ini terbuat dari batu alam berkualitas tinggi. Saat ini luas tanah keseluruhan masjid adalah mencapai 23.448 m² dan dengan luas bangunan mencapai 8.575 m² dan juga dapat menampung sekitaran 13.000 jamaah.

Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung ini berada di Alun-alun Bandung dan juga dekat ruas Jalan Asia-Afrika, di pusat Kota Bandung. Lokasinya yang sudah berada di pusat kota ini membuatnya begitu amat mudah untuk ditemukan. Tak jauh dari masjid raya ini, di ruas jalan yang sama berdiri dengan megah Gedung Merdeka dan juga Hotel Preanger, dua bangunan ini yang begitu lekat dengan sejarah yaitu Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

Ruas jalan antara Hotel Savoy Homann dan juga Gedung Asia-Afrika ini menjadikannya saksi bisu perjalanan para pemimpin pada negara negara Asia Afrika yang waktu itu berjalan kaki dari Hotel Homman tempat mereka untuk menginap ke lokasi konfrensi di Gedung Asia Afrika dan juga termasuk untuk sholat di Masjid Agung Bandung dan juga sebaliknya.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment