Saturday, 8 September 2018

Tradisi Kenduri Laut, Tradisi di Tapanuli Tengah Sumatra Utara

loading...

Tradisi Kenduri Laut adalah tradisi tahunan yang sering dilakukan oleh masyarakat pesisir di Pulau Sumatera, salah satunya di daerah Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dari masyarakat atas hasil laut yang mereka dapatkan. Selain sebagai upacara adat, Tradisi ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang kesana. Tradisi ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti perlombaan, pertunjukan dan juga acara hiburan lainnya.

Asal Usul Tradisi Kenduri Laut

Tradisi Kenduri Laut ini merupakan tradisi warisan budaya dari masyarakat pesisir di Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Tradisi yang sejenis juga banyak dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai sumatera lainnya, tetapi masyarakat Tapanuli Tengah memiliki caranya sendiri dalam melaksanakan kenduri laut ini.

Dilihat dari segi letak geografisnya, Tapanuli Tengah ini sendiri merupakan daerah yang terletak di pesisir pantai barat Provinsi Sumatera Utara. Sehingga sebagian besar dari masyarakat disana menggantungkan kehidupannya dari hasil laut, sehingga banyak juga yang berprofesi sebagai seorang nelayan. Sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil laut tersebut, maka diadakan upacara kenduri laut ini.

Fungsi Dan Makna Tradisi Kenduri Laut

Pada dasarnya tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dari masyarakat atas hasil laut yang mereka dapatkan. Selain itu juga tradisi ini sebagai pengharapan agar selalu diberikan hasil yang melimpah ke depannya dan juga diberikan keselamatan bagi para nelayan. Bagi masyarakat disana, tradisi sedekah laut ini juga dimaknai sebagai hubungan diantara manusia dan alam, dimana alam selalu memberikan kehidupan kepada manusia. Jadi untuk membalas kebaikan alam tersebut, maka manusia wajib untuk menjaga serta melestarikannya, agar dapat selalu memberikan kehidupan, baik itu kepada mereka maupun anak dan juga cucu mereka.

Pelaksanaan Tradisi Kenduri Laut

Tradisi Kenduri Laut ini biasanya hanya dilaksanakan setahun sekali, yaitu pada bulan oktober disalah satu pantai di daerah Tapanuli Tengah. Pelaksanaan Tradisi Kenduri Laut ini biasanya dilakukan dalam 2 (dua) prosesi, yakni prosesi ritual dan prosesi perayaan. Pada prosesi ritual ini biasanya dilakukan dimalam hari, dengan diikuti perwakilan dari beberapa kecamatan di Tapanuli Tengah dan pada setiap perwakilan harus membawakan beberapa persembahan yang berupa hasil bumi. Prosesi ini merupakan prosesi inti dalam Tradisi Kenduri Laut ini serta dianggap sakral.

Kemudian pada siang harinya akan dilanjutkan dengan prosesi perayaan yang dimeriahkan dengan berbagai hiburan seperti atraksi budaya ataupun perlombaan. Atraksi budaya ini diantaranya seperti tarian tradisional dan juga berbagai kesenian tradisional lainnya. Selain itu juga ada beberapa perlombaan seperti lomba perahu, layang-layang, dan perlombaan lainnya. Walaupun bukan merupakan acara inti didalam Tradisi Kenduri Laut ini, tetapi acara hiburan tersebut cukup menyedot perhatian dari masyarakat. Karena pada prosesi tersebut, banyak juga dari masyarakat yang mengikutinya.

Nilai-Nilai Dalam Tradisi Kenduri Laut

Sebagai salah satu warisan budaya, tradisi ini sangat kaya akan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, terutama nilai budaya dan juga kehidupan.

- Nilai Kehidupan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tradisi ini merupakan representasi dari hubungan antara manusia dengan alam, dimana alam selalu memberikan kehidupan kepada manusia. Dan untuk membalasnya, manusia wajib untuk menjaga dan juga melestarikan alam, agar alam selalu memberikan kehidupan untuk mereka dan juga anak cucu mereka.

- Nilai budaya

Tradisi Kenduri Laut ini merupakan warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang. Tentunya tradisi ini juga sarat akan makna dan nilai-nilai serta filosofi didalamnya. Sehingga harus terus dilestarikan, supaya tidak hilang dengan seiring perkembangan zaman.

Perkembangan Tradisi Kenduri Laut

Dalam perkembangannya, tradisi ini masih terus dijaga dan dilestarikan sampai sekarang. Tradisi ini masih terus dilaksanakan disetiap tahunnya dan dimeriahkan berbagai acara hiburan yang bertemakan budaya lokal maupun modern yang disesuaikan. Selain bagian dari budaya, tradisi ini bahkan juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang ke sana. Dengan meriahnya tradisi ini tentu dapat juga menjadi sarana dalam memperkenalkan pada masyarakat akan tradisi dan budaya masyarakat Tapanuli Tengah, sehingga tradisi Kenduri Laut ini tetap lestari dan tidak hilang dengan seiring perkembangan zaman.





Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait