Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak

Kumpulan Resep Makanan - Resep kue lapis tepung beras ini termasuk kue basah favorit saya dan keluarga di rumah. Rasanya yang enak dengan warna menarik dan teksturnya sangat lembut. Tua, dewasa ataupun anak anak jarang yang menolak kelezatan kue tepung beras ini. Tetapi, seperti jajanan tradisional lainnya, kue Lapis yang juga termasuk ke dalam kategori kue basah ini tidak mempunya umur yang lama. Biasanya dalam satu hari, kue ini sudah tidak layak untuk di makan dan rasanya pun sudah berubah. Jadi apabila teman teman berencana untuk membuat nya untuk kosumsi sendiri, sebaiknya dihitung dengan tepat berapa potong kue nanti yang sanggup dihabiskan sehingga tidak ada kue yang dibuang.
Pada dasarnya, proses pembuatan Kue Lapis Tepung Beras ini termasuk mudah dan cepat. Anda pun dengan mudah menambahkan bahan bahan sendiri untuk mempercantik dan menambah kelezatan rasanya. Anda juga bisa mengganti bahan utama nya untuk membuat resep kue lapis tepung beras ketan putih atau menambahkan pandan atau coklat untuk membuat resep kue lapis tepung beras coklat. Tetapi disini kita akan mencoba untuk membuat resep kue lapis pelangi dari tepung beras yang biasa.

Bahan bahan Resep Kue Lapis Tepung Beras Enak

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 300 gram Tepung Beras putih. Pilih tepung beras yang berkualitas bagus dan tidak apek supaya hasil jadinya nanti sempurna.
  2. Untuk memberikan rasa manis, siapkan 310 gram Gula Pasir putih yang bersih. Hindari pemakaian pemanis buatan atau gula pasir kuning karena akan mempengaruhi rasa dan kualitas hasil jadinya.
  3. 100 gram Teung Sagu
  4. Garam dapur beryodium secukupnya.
  5. Daun pandan segar untuk memberikan aroma wangi. Ambil 3 lembar sampai empat lembar daun yang masih segar. Cuci bersih sebelum digunakan.
  6. Santan kental 1.5 liter. Bisa menggunakan santan instan yang banyak di jual di toko, tetapi sebaiknya gunakan Santan hasil perahan buah kelapa supaya hasilnya legit.
  7. Pewarna makanan yang berkualitas baik. kalau bisa gunakan pewarna alami, seprti daun suji, mawar merah dan yang lainnya.

Cara mudah membuat Resep Kue Lapis Tepung Beras Kukus

  1. Ambil satu panci yang cukup besar. Panaskan dengan api sedang cenderung kecil. Masukkan 1 1/2 liter Santan kentalnya, 3 lembar daun pandan dan garam. Aduk perlahan lahan sampai santan mendidih. Proses pengadukan jangan sampai putus karena bisa mengakibatkan santan pecah.
  2. Ambil satu wadah lagi yang ukurannya cukup besar. Masukkan 300 gram tepung beras, 100 gram tepung sagu dan 310 gra gula pasir. Campur semua bahan sampai benar benar tercampur dengan sempurna.
  3. Masukkan santan yang sudah matang di atas (tunggu sampai santan agak dingin) ke dalam wadah ke dua. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan (di uleni) sampai semua santan habis.
  4. Bagi adonan yang sudah tercampur di atas menjadi beberapa bagian (tergantung berapa warna kue lapis tepung berasnya akan di buat). Campur dan aduk adonan dengan pewarna makanannya.
  5. Panaskan kukusan dengan api sedang.
  6. Masukkan satu lapis adonan dan tunggu sekitar 11 menit sampai setengah matang lalu masukkan adonan warna berikutnya. Ulang proses ini sampai semua bahan adonan habis.
  7. Tunggu sekitar 18 menit atau periksa dengan lidi kecil untuk memastikan semua lapisan Kue Lapis nya sudah matang semua.

Post a Comment