Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Memasak Cumi Saus Padang Enak dan Mudah

Kumpulan Resep Makanan - Seperti cumi goreng tepung, cumi asam manis dan cumi saus tiram, Resep Masakan Cumi Saus Padang ini juga menggunakan bahan baku cumi sebagai bahan utamanya. Selain komposisi bumbu bumbu nya, tentu saja pemilihan bahan utamanya menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Usahan untuk memilih daging cumi yang segar dan tidak amis. Cuci semua bahan terlebih dahulu sebelum memulai proses pembuatan Saus Padangnya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan bahan yang di butuhkan dan cara memasaknya di bawah.

Bahan bahan Resep Cumi Saus Padang Enak

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 300 gram cumi segar. Bersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir dan potong sesuai selera (lebih baik di potong agak kecil supaya bumbu meresap). Ambil jeruk nipis dan kucurkan dan lumuri daging cumi untuk mengurangi aroma amisnya.
  2. Minyak goreng baru secukupnya untuk menumis.
  3. Air matang sebanyak 100 ml.
  4. Saus tiram sebanyak setengah sendok makan.
  5. saus tomat sebanyak 1 sendok makan.
  6. saus sambal sebanyak 1 1/2 sendok makan (bisa disesuaikan dengan selere, mau pedas, sedang atau tidak).
  7. Sedikit bubuk merica, garam dan penyedap rasa secukupnya.
  8. Bawang merah ukuran sedang 2 siung. Dipotong tipis tipis untuk di tumis.
  9. Bawah putih lokal ukuran besar sebanyak 1 pcs. Dipotong tipis tipis untuk di tumis.
  10. Bawang bombay di iris tipis sebanya setengah pcs.
  11. Daun bawang secukupnya.
  12. Cabe untuk menambah aroma pedas sebanyak 2 buah cabe keriting dan 2 buat cabe rawit (bisa di kurangi atau ditambah apabila ingin membuat Cumi Saus Padang Pedas).

Cara memasak Cumi Saus Padang

  1. Panaskan wajan dengan api sedang. Masukkan minyak secukupnya untuk menumis bawang merah, bawah putih, daun bawang dan cabe nya. Aduk pelan pelan sampai bumbu yang di tumis mengeluarkan bau harum.
  2. Masukkan cumi segar yang sudah di cuci dan di potong kecil kecil ke dalam wajan. Aduk terus dengan bumbu nya sampai daging cumi berubah warnanya.
  3. Masukkan setengah sendok saus tiram sambil tetap di aduk. lalu berurutan saus tomat dan saus sambalnya sambil tetap di aduk dan semua bahan tercampur sempurna.
  4. Masukkan bumbu penyedap, sedikit garam dan bubuk mericanya. Aduk kembali sampai rata dan bau harum tercium.
  5. Langkah terakhir masukkan air matangnya. Aduk terus pelan pelan sampai kuah mendidih dan berubah menjadi kental. Coba cicipi dulu ada yang kurang enggak bumbu bumbunya.

Post a Comment