Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Membuat Kue Kastengel Spesial Renyah

Kumpulan Resep Makanan - Seperti cara membuat Resep Kue Kering lainnya, Resep Kue Kastengel juga memerlukan beberapa alat yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses pembuatan kuenya, seperti oven, loyang, mixer dan yang lainnya. Banyak yang belum tahu bahwa cara membuat Kue kering kastangel sebenarnya mudah dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan Terigu Protein Sedang, proses pengadukan dan keju yang di gunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan bahan yang digunakan dan cara membuatnya di bawah.

Bahan bahan Resep Kue Kastengel Keju

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 450 gram Tepung terigu. Gunakan Tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah (merek yang cukup terkenal yang sering di gunakan adalah Kunci Biru.
  2. 1 sdt baking powder.
  3. 100 gram margarin.
  4. 200 gram Mentega tawar atau mentega unsalted butter. Diparut.
  5. 250 gram Keju Parmesan atau Keju Edam (bisa di sebut juga keju tua, diparut)
  6. 3 butir Telur ayam. Dipecah dan diambil bagian kuningnya saja.
  7. Kaldu ayam bubuk sedikit (sekitar 1 sendok teh, untuk menambah rasa gurih di hasil jadi).
  8. Garam dapur beryodium satu sendok teh.
  9. 50 gram susu bubuk full cream.
  10. Bahan untuk olesan yang dibutuhkan adalah 1 butir telur ayam diambil kuningnya saja dan 70 gram Keju Cheddar diparut dan ditaburi di atas kue.

Cara membuat Kue Kastengel renyah

  1. Ambil satu wadah yang cukup besar buat adonan utama.
  2. Masukkan 200 gram mentega tawar, 100 gram margarin, 1 sendok teh garam dan kaldu ayam. Kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang.
  3. Masukkan satu persatu 3 butir kuning telur ayamnya. Mixer lagi semua bahan sampai tercampur rata.
  4. Ambil wadah kedua. Masukkan 450 gram tepung terigu protein sedang dan 50 gram susu bubuk full creamnya. Aduk dan campur sampai rata dan ayak.
  5. Masukkan campuran tepung terigu, baking powder dan susu bubuk di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit sambil tetap di aduk. Aduk terus menggunakan spatula atau tangan sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  6. Masukkan 250 gram Keju parmesan atau keju edam di atas ke dalam adonan. Aduk terus semua bahan sampai rata dan terasa kalis.
  7. Cetak adonan sesuai selera. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 0.8 cm x 5 cm. Taruh ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan sedikit margarin (supaya tidak lengket) dengan rapi. Jaga jarak antar kue tidak terlalu rapat.
  8. Panaskan oven sampai mencapai suhu sekitar 170 derajat celcius. Masukkan loyang yang sudah berisi cetakan kue ke dalam oven. Panggang sampai matang dan berwarna coklat muda.
  9. Sambil menunggu kue kering di loyang matang, siapkan bahan untuk olesannya. Ambil satu wadah kecil dan masukkan kuning telurnya. Tidak perlu di kocok. Ckup di aduk sebentar.
  10. Kue Kastangel yang sudah matang diolesi sedikit kuning telur di atasnya. Taburi dengan Keju parut di atasnya. Dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam tempat kue.

Post a Comment