Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Brem Makanan Khas Dari Madiun, Jawa Timur

Cintaindonesia.web.id Berkunjung ke Madiun tentu kurang lengkap rasanya bila belum membawa pulang makanan khas satu ini. Namanya adalah Brem.

Apakah Brem itu?

Brem adalah makanan tradisional sejenis kue kering yang terbuat dari sari beras ketan. Makanan satu ini memiliki bentuk kotak dan berwarna putih sedikit kekuningan dengan rasa yang sangat khas. Brem ini merupakan makanan khas dari daerah Madiun, Jawa Timur, yang cukup terkenal. Rasanya yang khas membuat makanan ini sangat digemari, baik masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keistimewaan Brem

Brem ini merupakan makanan khas yang sangat unik. Yang menjadi ciri khas dari makanan satu ini adalah teksturnya yang padat dan kering, namun terasa mudah hancur di mulut saat kita memakannya. Selain itu rasa manis dengan sedikit rasa asam yang khas tentu memberikan cita rasa tersendiri pada makanan satu ini.

Pengolahan Brem

Proses pengolahan Brem cukup rumit karena diolah dengan beberapa tahapan sehingga membutuhkan telatenan dalam membuatnya. Pertama, beras ketan dimasak hingga matang. Setelah itu didinginkan dengan cara diangin-anginkan, kemudian di beri ragi tape dan didiamkan selama beberapa hari hingga menjadi tape ketan. Setelah menjadi tape ketan, kemudian diambil air atau sari tapenya dengan cara diperas menggunakan alat khusus, lalu sari tape tersebut dimasak lagi dan diberi perasa atau aroma buatan sambil diaduk rata. Setelah matang kemudian dicetak menggunakan cetakan balok besar dan didinginkan hingga menjadi Brem. Pada tahap akhir Brem tersebut dipotong-potong sesuai ukuran dan dikemas.

Cita Rasa Brem

Brem ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit keasaman yang sangat khas. Selain itu yang menjadi keunikan dari Brem ini adalah walau merupakan makanan kering, namun saat kita memakannya akan terasa seperti mencair di mulut dan meninggalkan rasa dingin di lidah kita. Sehingga akan menimbulkan sensasi tersendiri saat menikmati makanan satu ini.

Tempat Kuliner Brem

Brem merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal di Madiun, Jawa Timur. Di sana makanan ini sangat mudah di temukan. Salah satu sentra industri Brem adalah di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Bagi anda yang berkunjung atau berwisata ke Madiun dan ingin mencicipi makanan satu ini, anda bisa datang langsung ke sentra produksi Brem tersebut. Selain itu anda juga bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di daerah Madiun. Brem ini biasanya di buat dengan berbagai varian rasa seperti rasa buah, rasa coklat dan lain-lain, sehingga anda bisa memilih sesuai dengan selera.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment