Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Lagu Daerah Indonesia yang Terkenal Hingga ke Luar Negeri

Inilah 5 Lagu Daerah Indonesia yang Terkenal Hingga ke Luar Negeri

Sejak kecil, umunya anak-anak di Indonesia telah dikenalkan dengan berbagai macam lagu-lagu nasional dan juga lagu daerah. Tidak mengherankan jika mereka sangat hafal syair lagu-lagu tersebut. Tetapi sayang, ketika telah remaja dan juga beranjak dewasa, banyak yang kemudian meninggalkan lagu-lagu asli Indonesia yang diwariskan secara turuntemurun. Alasannya yaitu dikarenakan lagu tersebut sudah ketinggalan zaman dan juga tidak modern.

Padahal, banyak sekali lagu asli Indonesia yang kemudian sudah terbukti memiliki nilai seni yang tinggi dan juga dihargai secara global. Banyak lagu-lagu yang dahulunya hanya dinyanyikan oleh anak-anak saat ini disajikan dengan sebuah orkestra disebuah pertunjukan kelas dunia serta oleh para musisi ternama.

Berikut ini adalah lagu-lagu asli Indonesia yang pernah dilagukan disejumlah belahan dunia oleh para musisi terkenal, yang dirangkum oleh kamerabudaya.com dari berbagai sumber :

1. Ampar-Ampar Pisang

Lagu yang terinspirasi dari kegiatan masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan dan diciptakan oleh Hamiedan AC ini banyak dinyanyikan di dalam beberapa acara-acara yang sudah berskala nasional. Nadanya yang sangat bersemangat membuat lagu daerah ini mengalirkan dengan nuansa gembira dan juga banyak disukai oleh masyarakat diluar Indonesia.

2. Anak Kambing Saya

Lagu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini banyak dinyanyikan anak-anak disaat bermain. Akan tetapi, siapa sangka jika lagu yang banyak dihafal oleh anak kecil di Indonesia ini rupanya juga dihafal oleh para siswa sekolah seni musik Ryulgok di Pyongyang, Korea Utara.

3. Potong Bebek Angsa

Satu lagi lagu yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sudah melanglang buana ke beberapa negara. Lagu tersebut adalah "Potong Bebek Angsa" yang pernah dinyanyikan oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh di acara Festival Paduan Suara Internasional Singapura.

4. Soleram

Lagu daerah yang berasal dari Riau ini mengisahkan tentang sebuah persahabatan. Lagunya yang sangat merdu dan juga mendayu-dayu ini membuatnya tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukainya, Namun sejumlah musisi asing juga pernah menyanyikan lagu berjudul "Soleram" ini seperti Miriam Makeba, yaitu penyanyi yang berasal dari Afrika, dan Rony Marton bersama dengan Triobab di Ibu Kota Republik Ceko, Praha.

5. Yamko Rambe Yamko

Lagu yang berasal dari Papua ini dinyanyikan dengan sangat indah dan juga dengan rancak oleh paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Tidak mengherankan jika jawara pertamalah yang mereka raih dikategori Children’s and Youth Choir, Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia.

Nah keren bukan, terbukti jika lagu-lagu di Indonesia banyak digemari hingga ke mancanegara. Jadi kamu jangan pernah merasa gengsi untuk menyanyikannya. Justru kamu harus semangat memperkenalkan tentang kekayaan lagu Indonesia ke mancanegara.




Mungkin Yang Kamu Cari:

Post a Comment