Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

5 Senjata Tradisional Kalimantan Barat Beserta Gambarnya

Senjata Tradisional Kalimantan Barat

Sebetulnya ada banyak ragam dan jenis senjata yang dimiliki masyarakat Kalimantan Barat di masa silam. namun, saat ini sebagian senjata tersebut mengalami kepunahan karena tergerus arus globalisasi. Hanya sedikit di antaranya yang dapat bertahan sehingga tetap lestari hingga kini, misalnya senjata tradisional sipet, lonjo, telawang, mandau, dan dohong.
Senjata Tradisional Kalimantan Barat - Sipet


Baca Juga:

Kumpulan Senjata Tradisional Papua Beserta Penjelasannya



1. Senjata Tradisional Sipet

Sipet adalah bahasa Dayak untuk menyebutkan senjata tiup bernama sumpit. Senjata ini terdiri dari 2 bagian, sipet atau selongsong yang terbuat dari bambu atau kayu berongga, serta damek atau anak sumpit.
Selongsong sipet umumnya memiliki panjang sekitar 1,5 sampai 2,5 meter. Sementara rongga di bagian tengah ukurannya antara 0,35 sampai 0,75 cm. Kayu dan rongga sipet harus lurus 100% untuk membuat tembakan menjadi akurat. Selongsong sipet digunakan dengan damek sebagai anak sumpitnya. Damek terbuat dari bambu atau kayu yang tajam berukuran kecil. Untuk keperluan perburuan atau perang, mata damek yang tajam biasanya diberi bisa racun yang terbuat dari getah pohon ipuh. Getah racun ini sangat mematikan. Bila damek beracun melukai seekor harimau dewasa, maka harimau tersebut biasanya akan mati dalam waktu kurang dari 10 menit.
Masyarakat suku Dayak di Kalimantan Barat telah terbiasa menggunakan senjata ini sejak zaman nenek moyangnya dahulu. Mereka terutama kaum pria akan sangat piawai melakukan tembakan dengan senjata sederhana ini. akurasi tembakan yang tinggi ditambah teknik meniup dan membidik yang mumpuni membuat banyak tentara Belanda di masa silam sangat gentar bila harus berperang melawan mereka.
Gambar di bagian paling atas adalah gambar dari senjata ini. bayangkan dengan senjata sederhana itu, pria dayak mampu menembakan damek atau anak sumpit hingga jarak 200 meter.

2. Senjata Tradisional Lonjo

Selain damek, masyarakat Dayak di Kalimantan Barat juga mengenal ragam senjata tradisional lainnya. Salah satunya adalah lonjo. Lonjo adalah semacam tombak dengan mata yang sangat runcing. Lonjo kerap dibawa ketika berburu untuk melumpuhkan hewan buruan dalam jarak dekat. Pada mata lonjo ini, kerap pula ditambahkan racun supaya daya serang senjata semakin fatal.
Senjata tradisional Kalimantan Barat ini kadang juga dilengkapi dengan tangkai yang berongga. Tangkai tersebut bisa difungsikan sebagai pengganti selongsong sipet bila dalam keadaan terdesak.
Senjata Tradisional Kalimantan Barat - Lonjo

 

3. Senjata Tradisional Telawang

Telawang merupakan senjata yang biasanya digunakan sebagai pelengkap mandau. Bukan untuk menyerang, senjata ini justru digunakan untuk melindungi diri dari pukulan lawan. Telawang tak ubahnya seperti perisai biasa yang terbuat dari kayu ringan tapi kuat. Ukuran lebarnya antara 30 sd 50 cm dengan panjang 1 sd 1,5 meter.
Perisai telawang dilengkapi pegangan di bagian dalamnya dan ukiran di bagian luarnya. Ukiran-ukiran di luar telawang inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Bentuknya yang etnik dan khas membuat tak sedikit wisatawan domestik yang datang membawanya sebagai kenang-kenangan.
Senjata Tradisional Kalimantan Barat - Telawang

 

4. Senjata Tradisional Mandau

Masyarakat Dayak Kalimantan Barat memiliki nenek moyang yang sama dengan masyarakat Dayak di Provinsi lainnya di Kalimantan. Tak heran bila kemudian mereka mengenal mandau sebagai salah satu alat pertahanan diri. Mandau khas Kalimantan memang sangat terkenal. Bersama telawang, ia kerap dikoleksi oleh para kolektor senjata.
Mandau Kalimantan Barat dibuat dari bahan logam kelas satu yang ditempa sedemikian rupa hingga memiliki satu mata bilah yang tajam. Gagangnya dibuat dari tulang tanduk rusa, cula babi, dan tulang hewan buruan lainnya, sementara serangkanya terbuat dari kayu yang diukir. Pada bagian gagang, biasanya terdapat pula hiasan bulu burung, rambut manusia, atau serat alam sebagai penanda kepemilikan.
Senjata Tradisional Kalimantan Barat - Mandau


Baca Juga;

Lengkap Senjata Tradisional Papua Barat



5. Senjata Tradisional Dohong

Selain memiliki senjata yang digunakan untuk jarak jauh, orang Dayak Kalimantan Barat juga mengenal dohong sebagai salah satu senjata serangan jarak dekat. Dohong merupakan senjata tikam dan tusuk yang sederhana dengan bilah yang simetris. Senjata ini juga kerap dibawa dalam perburuan untuk menjaga diri dari serangan binatang buas dalam jarak dekat.
Senjata Tradisional Kalimantan Barat - Dohong
Nah, demikianlah beberapa senjata tradisional Kalimantan Barat beserta gambar dan nilai-nilai keunikannya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan menjadi gambaran tentang kekayaan khasanah budaya Nusantara. Terakhir, jangan lewatkan keunikan senjata tradisional Riau di artikel berikutnya. Salam.

Searches related to Senjata Tradisional Kalimantan Barat
  • senjata tradisional dari kalimantan tengah
  • pakaian tradisional kalimantan barat
  • alat musik adat kalimantan barat
  • senjata tradisional kalimantan barat mandau
  • nama senjata tradisional kalimantan
  • senjata khas kalimantan selatan
  • tarian tradisional kalimantan barat
  • nama pakaian adat perempuan dari suku bugis adalah

1 comment

  1. semua nama senjata yang anda sebutkan itu bukan berasal dari Kalimantan Barat. Anda memberikan informasi yang salah dan menyimpang. Semua senjata yang anda sebutkan itu berasal dari Kalteng