Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Lengkap Macam-Macam Gerak Dasar dalam Tari

Elemen penting dalam tari adalah gerak, yaitu gerak-gerak yang memiliki nilai ritmis tertentu dan erat hubungannya dengan tempo dan dinamika gerak. Gerak yang ada dalam kegiatan dan kehidupan kita sangat banyak macamnya, antara lain :
1.         Gerak sehari-hari (gerak wantah)
Yaitu gerak yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari berupa gerak spontan, gerak – gerak meknis (gerak yang muncul akibat kebiasaan) maupun gerak – gerak khusus yang timbul karena suatu pengalaman yang sifatnya khas dan baru.
2.         Gerak berstruktur (gerak tari)
Yaitu gerak – gerak yang memiliki pola tertentu sehingga dapat ditiru dan dipelajari, gerak ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
a.     Gerak maknawi, yaitu  gerak – gerak tari yang besumber dari kehidupan sehari-hari, yang kemudian diperkaya (stilisasi) atau diromnak / disederhanakan (distorsi).
b.     Gerak murni, yaitu gerak – gerak tari yang disengaja diciptakan untuk keperluan tari dengan maksud menampilkan kesan keindahan atau artistiknya.
3.         Gerak koreograf (koreografi)
Adalah bentuk penampilan keseluruhan dari awal hingga akhir. Ritme dan organisasi geraknya memiliki konsep yang berhubungan dengan unsure luar gerak sebagai pendukung tarian, baik yang bersifat internal atau eksternal.

Untuk menjadikan rangkaian gerak tari, penari harus menguasai gerak dasar anggota tubuh sebagai sarana pengekspresian tari. Gerak dasar suatu tari dari beberapa kelompok, yaitu :
1.         Gerak kaki
Telapak kaki berperan penting dalam pelaksanaan sikap dan gerak kaki yang bisa menambah keindahan sikap gerask seluruh tubuh. Dasar sikap kaki yang utama adalah sebagai berikut :
a.     Sikap telapak kaki rapat kembar
b.     Sikap telapak kaki rapat silang
c.     Sikap telapak kaki renggang silang
d.     Sikap telapak kaki rapat siku
e.     Sikap telapak kaki renggang
Sikap telapak kaki yang tidak penuh dan banyak menghiasi gerak tari tradisional, di antaranya:
a.     Tumit terangkat kembar (jinjit)
b.     Menapak pada ujung kaki kembar
c.     Tekukan kaki : pada pergelangan, lutut dan pangkal paha.

2.         Gerak tangan
Merupakan cirri yang menonjol dari seni tari dunia Timur. Pada dunia Barat, gerak tari lebih menonjolkan gerak kaki sebagai ekspresi ide tari.

3.         Gerak bahu dan kepala
Gerakan ini sangat berperan pada tarian tradisi ketimuran di samping menjadi pelengkap pada gerak yang dapat memperkuat suatu sikap atau gerak.

4.         Gerak mata
Gerakan ini pelengkap dari sikap dan gerak kepala dalam mewujudkan keterpanaan pengungkapan bersama anggota badan lain.

5.         Gerak lambung
Sikap dan gerak lambung mengesankan bentuk badan membesar.

Post a comment for "Artikel Lengkap Macam-Macam Gerak Dasar dalam Tari"

Loading...
loading...