Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senjata Adat Kalimantan Barat di Lengkapi dengan Gambar dan Penjelasannya

Semakin berkembangnya zaman, persenjataan manusia pun ikut berkembang. Seperti senjata mesin, peluncur roket dan lainnya. Namun, Indonesia yang kaya akan adat dan budaya, masih memiliki senjata tradisional. Seperti di Propinsi Kalimantan Barat. Berikut 5 senjata adat dari Kalimantan Barat.

1. Lonjo/Tombak

 
Lonjo atau tombak merupakan senjata tradisional yang terbuat dari besi. Tombak besi ini dipasang pada tangkai bambu yang diikat menggunakan rotan.

Baca juga:

Lengkap Senjata Tradisional Papua Barat


2. Mandau

 
Selain menjadi senjata tradisional, mandau juga dianggap menjadi kramat karena memiliki unsur mistis. Senjata ini terbuat dari batu gunung. Ada juga hiasan bulu burung dan ukiran emas dan perak di beebrapa bagian.

3. Dohong

 
Sekilas senjata ini mirip dengan sebuah keris. Bedanya, dong lebih besar dan tajam. Pegangan senjata ini berasal dari tanduk, dan memiliki sarung kayu.

4. Sipet

 
Sipet merupakan senjata yang digunakan dengan cara ditiup. Senjata ini terbuat dari kayu dengan diameter 2 cm dan panjang 1 meter. Damek/anak panah akan dimasukkan ke dalam sipet kemudian ditiup. Anak panah tersebut juga dilumuri racun yang berasal dari getah pohon ipuh. Kabarnya, suku Dayak, Kalimantan barat mampu meniupkan anak panah hingga berjarak 200 meter.

Baca Juga:

Senjata Tradisional Papua Barat dan Papua beserta Gambar


5. Talawang/perisai

 
Tak hanya memiliki senjata untuk menyerang, masyarakat Kalimantan Barat juga memili perisai yang disebut talawang untuk melindungi diri. Talawang memiliki lebar 30-50 cm dengan panjang 100 cm yang terbuat dari kayu ringan.

Searches related to Senjata Tradisional Kalimantan Barat
  • senjata tradisional dari kalimantan tengah
  • pakaian tradisional kalimantan barat
  • alat musik adat kalimantan barat
  • senjata tradisional kalimantan barat mandau
  • nama senjata tradisional kalimantan
  • senjata khas kalimantan selatan
  • tarian tradisional kalimantan barat
  • nama pakaian adat perempuan dari suku bugis adalah

Post a comment for "Senjata Adat Kalimantan Barat di Lengkapi dengan Gambar dan Penjelasannya"

Loading...
loading...