Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Senjata Tradisional Kembanggaan Masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam Beserta Penjelasannya

Siapa yang tidak tahu dengan Daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini, selain begitu terkenalnya dengan Tarian Tradisionalnya. Aceh juga dikenal juga dengan Senjata dan pakaian adat yang sering digunakan oleh masyarakat,
berikut adalah Senjata dan Pakaian Adat Tradisional Masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam :
 
1. Senjata Siwah
Gambar : Senjata Siwah
Siwah adalah senjata tajam sejenis dengan rencong yang juga merupakan senjata untuk menyerang. Bentuknya hampir sama dengan rencong, tetapi siwah ukurannya (baik besar maupun panjang) melebihi dari rencong. Siwah sangat langka ditemui, selain harganya mahal, juga merupakan bahagian dari perlengkapan raja-raja atau ulebalang-ulebalang. Namun demikian untuk siwah yang telah diberikan hiasan emas dan permata pada sarung dan gagangnya lebih berfungsi sebagai perhiasan dari pada sebagai senjata. Selain itu senjata tradisional siwah ini juga langka ditemui, harganya yang mahal juga siwah ini adalah bagian perlengkapan dari raja-raja atau ulebalang-ulebalang. Untuk siwah yang diberikan hiasan dari emas dan permata pada sarugn dan gagangnya, berfungsi sebagai perhiasan bukan sebagai senjata.
 
 
 
2. Senjata Rencong
Rencong adalah senjata tradisional milik masyarakat Aceh yang merupakan simbol identitas diri, keberanian dan ketangguhan suku aceh. Rencong merupakan senjata tradisional yang mulai dipakai pada zaman kesultanan Aceh, yaitu sejak pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah (Sultan Pertama Aceh). Rencong ini selalu ada dan diselipkan dipinggan Sultan Aceh, para Ulee Balang dan masyarakatpun menggunakan Rencong sebagai senjata pertahanan diri. Rencong dikenakan oleh Sultan dan para bangsawan lainnya, biasanya terbuat dari emas dan sarungnya terbuat dari gading. Sedangkan rencong yang digunakan oleh masyarakat biasa terbuat dari kuningan atau besi putih, sedangkan sarungnya terbuat dari kayu atau tanduk kerbau.
Sebagai senjata tradisional Aceh, rencong terdiri dari 4 macam, yaitu;
 
1. Rencong Meucugek (Meucugek)
Gambar : Senjata Meucugek
Meucugek atau cugek ini merupakan istilah perekat. Bentuk dan gagang rencong dibuat panahan dan mempunyai perekat yang berfungsi memudahkan penggunanya saat menikamkan senjata ini ke badan musuh/lawan.
 
2. Rencong Meupucok
Gambar : Senjata Meupucok
Rencong ini mempunyai pucuk yang terbuat dari ukiran-ukiran logam emas di atas gagangnya. Rencong ini biasa digunakan sebagai hiasan pada acara-acara resmi yang berhubungan dengan acara adat ataupun kesenian.
 
3. Rencong Pudoi
Gambar : Senjata Pudoi
Rencong ini disebut pudoi karena rencong ini mempunyai gagang yang pendek dan lurus. Sehingga terkesan rencong tersebut belum selesai. Sebutan pudoi Aceh ini adalah istilah untuk sesuatu yang dianggap belum selesai/sempurna.
 
4. Rencong Meukuree
Gambar : Senjata Meukuree
Yaitu yang mempunyai hiasan pada bagian matanya. Hiasan tersebut dapat berupa gambar lipan, ular, bunga ataupun yang lainnya
 
3. Senjata Peudeung
Gambar : Senjata Peudeung
Senjata tradisional Aceh lainnya yaitu Peudeung atau Pedang Aceh. Senjata ini umumnya digunakan sebagai pelengkap dalam pertarungan. Jika biasanya rencong digenggam di tangan kiri sebagai alat tikam (penusuk), peudeung digenggam di tangan kanan sebagai alat pengalih perhatian sekaligus untuk pencincang dan pentetak tubuh lawan.
Senjata Tradisional Aceh ini memiliki macam-macam bentuk gagang yang dibedakan menjadi :
Peudeung Tumpang Jingki (Gagang pedang yang menyerupai mulut terbuka)
Peudeung Ulee Meu-apet, pada gagangnya terdapat apet atau penahan untuk tidak mudah terlepas 
Peudeueng Ulee Tapak Guda, gagangnya menyerupai telapak kaki kuda.
Senjata Tradisional Aceh ini memiliki macam-macam bentuk gagang yang dibedakan menjadi :
  • Peudeung Tumpang Jingki (Gagang pedang yang menyerupai mulut terbuka)
  • Peudeung Ulee Meu-apet, pada gagangnya terdapat apet atau penahan untuk tidak mudah terlepas 
  • Peudeueng Ulee Tapak Guda, gagangnya menyerupai telapak kaki kuda.

Gambar : Gagang Peudeung
Menurut daerah asal peudeung ini, di Aceh dikenal dalam beberapa peudeung yaitu peudeung Habsyah (dari Abbesinia), peudeung Turki (dari raja-rajaTurki) dan peudeung Poertugis (dari Eropa Barat).
 
 
 
 Searches related to Senjata Tradisional Aceh

  • senjata tradisional rencong dan penjelasannya
  • pakaian tradisional aceh
  • senjata tradisional aceh rencong
  • gambar senjata khas jawa barat
  • alat musik khas aceh
  • makanan khas nad
  • tarian tradisional aceh
  • mata pencaharian kampung adat naga

Post a Comment